Ini Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna Paling Efektif!
Lifestyle

Ini Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna Paling Efektif!

Sudahkan tahu bagaimana cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna? Terdapat banyak metode untuk menghilangkan masalah itu yang bisa Marshalova coba. Mencuci pakaian dengan benar bisa menjaga kualitas serta warna pakaian tersebut.

Namun, tidak jarang orang melakukan kesalahan dalam aktivitas mencuci sehingga menyebabkan pakaian menjadi kusam, rusak, dan terkena noda luntur dari baju berwarna. Bila terlanjur melakukan kesalahan ini, bagaimana cara menghilangkan noda luntur pada baju? Maka artikel kali ini akan memberikan beberapa metode dan cara efektifnya.

Beberapa Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Berwarna!

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna cukuplah mudah dan simpel untuk dilakukan. Kesalahan seperti ini biasanya terdapat beberapa alasan yakni menjemur atau mengeringkan pakaian yang basah secara langsung di bawah terik sinar matahari, tidak mengacu instruksi mencuci pakaian, khususnya bagi pakaian yang luntur.

Atau juga bisa mencuci keseluruhan pakaian berwarna menjadi satu. Apabila pakaian berwarna sudah terkena noda luntur, maka sudah tentu warnanya akan terganggu dan tidak bagus bukan. Namun hal itu bisa Marshalova atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Menggunakan Jeruk Nipis

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Cara pertama menghilangkan noda pada baju berwarna karena terkena lunturan yakni dengan bahan alami yaitu jeruk nipis. Kandungan asam terkandung dalam jeruk nipis juga bisa dianggap ampuh sebagai penghilang noda kelunturan pada baju berwarna, lho.

Caranya mudah sekali, gosokan potongan jeruk nipis di baju terkena lunturan. Lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu cuci baju tersebut seperti biasanya. Jika tidak memiliki jeruk nipis, maka bisa menggunakan buah lemon, ya, sebab sama-sama mempunyai kandungan asam.

Baking Soda

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Cara kedua yakni menggunakan baking soda. Caranya hanya meredam baju atau pakaian yang terkena lunturan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah selesai, angkat dan kucek baju itu menggunakan tangan. Akan tetapi, perlu ingat bahwa ini tidak seefektif cara yang lain, ya. Jadi perlu melakukannya berulang kali.

Baca juga: Filmore Spritz Sister Mist: Intimate Mist untuk Membantu Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan Keputihan

Menggunakan Larutan Alkohol

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna selanjutnya yakni dengan memberikan larutan alkohol. Cara untuk menghilangkan dengan alkohol ini cukup mudah, yaitu mengoleskan alkohol pada bagian yang terkena lunturan hingga hilang. Selanjutnya sikat pakaian dengan deterjen. Lakukan 20-3 kali sampai noda tinta atau cara terhempas tanpa bekas dari baju kesayangan, ya.

Cuka

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Cara menghilangkan noda luntur membandel lainnya yaitu dengan bahan cuka. Ya, cuka ini juga bisa membasmi jamur yang melekat pada pakaian kotor atau berwarna kekuningan. Untuk menggunakannya, mudah sekali yaitu campurkan cuka air hangat telah diberi detergen dan garam. Rendam pakaian itu sekitar 15 hingga 30 menit lalu cuci seperti biasa.

Larutan Vetsin dan Detergen

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Vetsin atau MSG banyak dijumpai sebagai bagian dari bumbu dapur yang fungsinya adalah untuk penyedap rasa. Di lain fungsinya sebagai bumbu dapur, rupanya MSG ini bisa digunakan dalam cara menghilangkan noda luntur. Hanya perlu mencampur sedikit MSG dengan detergen ketika mencuci pakaian. Lalu kucek pakaian hingga noda pudar.

Baca juga:5 cara memanjangkan bulu mata dengan alami dan efektif

Menggunakan Air Soda

cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Cara menghempas noda luntur yang mengenai baju berwarna terakhir dengan menggunakan air soda. Cara untuk menghilangkanya hanya dengan menuangkan air soda ke dalam ember, lalu rendam baju paling tak hingga satu malam. Setelah itu, cuci dan bsial seperti biasanya menggunakan detergen.

Beberapa cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna di atas bisa jadi referensi dan solusi Marshalova di rumah apabila baju terkena noda lunturan dari baju lainnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.