Ini Cara Perawatan Gigi Saat Puasa Tak Membatalkan, Berikut Triknya!
Lifestyle

Ini Cara Perawatan Gigi Saat Puasa Tak Membatalkan, Berikut Triknya!

Perawatan gigi saat puasa apakah akan membatalkan? Sementara, merawat gigi merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Jadi meskipun kita sedang berpuasa kita harus tetap merawatnya. Apalagi masalah gigi dan mulut itu bisa terjadi kapan saja.

Ketika sedang berpuasa terkadang pengobatan medis itu membuat kita khawatir. dikhawatirkan nanti berpengaruh terhadap puasa yang sedang kita jalankan. Sebab, dokter gigi banyak melakukan intervensi pada mulut dan Gigi. Misalnya adalah membilas, penyuntikan anestesi, sampai membuat gusi itu berdarah. 

Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Muslim tentunya harus bersiap untuk beradaptasi pola makan yang baru. Jika biasanya makan 3 kali sehari, ketika berpuasa hanya diperbolehkan makan di waktu sahur dan berbuka saja.

Ternyata perubahan pola makan tersebut berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut. Sedangkan salah satu masalah gigi dan mulut yang sudah pasti akan terjadi adalah bau mulut. Bagaimana cara mengatasinya?

Perawatan Gigi Saat Puasa, Batalkah? Ini Jawabannya

Ketika hendak memeriksakan gigi ke dokter, pasti marshalova sedikit khawatir. Terlebih lagi jika dokter tersebut perlu memasukkan alat ke dalam mulut. Banyak orang yang melakukan hal ini mencoba untuk tidak menelan air liur. 

Apakah Marshalova juga demikian? Padahal sebenarnya, memeriksakan ataupun bersihkan gigi itu tidak membatalkan puasa. Kendati demikian, kita juga tidak boleh sembarangan. 

Jangan sampai, niat kita itu ingin membersihkan masalah gigi dan mulut. Tetapi malah membatalkan puasa. Kalau begitu siapa yang rugi? Jika mereka memilih untuk tidak melakukan pemeriksaan gigi ketika bulan Ramadhan atau ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana Marshalova yang masih bingung mengenai bagaimana cara kita melakukan perawatan gigi ketika puasa? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dan Mudah Dipraktikkan, Yuk Cobain!

Tetap Menggosok Gigi dengan Rutin

Meskipun sedang berpuasa, tetapi harus membuat gigi dengan rutin. Minimal dua kali sehari 2 menit. Bisa sehabis sahur dan sesudah berbuka puasa atau sebelum tidur. Alangkah baiknya gunakan pasta gigi dengan fluoride. Tujuannya adalah membantu melindungi gigi dari adanya kerusakan.

Membersihkan Rongga Mulut

Bukan hanya itu saja perawatan gigi saat puasa yang harus kamu lakukan. Sebab menyikat gigi saja tidak cukup. Marshalova juga harus menyeka rongga mulut. Bagaimana caranya? Hanya dengan cara menyikat bagian lidah dengan benang gigi. Juga bisa menggunakan mouthwash.

Fungsi menyikat lidah menggunakan benang gigi adalah, untuk menghilangkan sisa makanan yang dapat mengundang penyakit ataupun bakteri. Di samping itu mencegah mulut supaya tidak bau ketika berpuasa. Penggunaan mouthwash tanpa adanya kandungan alkohol juga dapat memberikan kesegaran nafas yang tahan lama.

Baca Juga: Sabun Mandi Antiseptik Terbaik, Murah Namun Ampuh

Diet Sehat Seimbang

Ketika puasa, kamu harus menjalankan pola makan yang seimbang. Hal ini juga sangat penting untuk meminimalisir masalah pencernaan dan masalah mulut juga gigi. Alangkah baiknya, jika kamu mengurangi makanan maupun minuman yang mempunyai kadar gula tinggi. Karena makanan tersebut dapat menyebabkan terjadinya penumpukan plak dan pembentukan karang gigi.

Perbanyaklah makan buah dan sayur yang dapat membantu mencegah masalah gigi ataupun mulut seperti halnya sariawan. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih, ya, Marshalova. Seperti yang kita tahu meskipun air putih itu tampilannya biasa saja, tetapi khasiatnya sangat luar biasa.

Dengan melakukan perawatan gigi saat puasa tersebut, membantu melancarkan ibadah puasa kita supaya tidak ada yang bolong sampai datangnya Hari Raya IdulFitri.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.