Ini Dia Bagian Bagian Kuku dan Fungsinya yang Perlu Marshalova Ketahui
Nails

Ini Dia Bagian Bagian Kuku dan Fungsinya yang Perlu Marshalova Ketahui

Bagian bagian kuku dan fungsinya ada kaitannya erat dengan proses pertumbuhannya. Keberadaan kuku pada jari bukanlah tanpa alasan. Walaupun menjadi bagian yang sering terlupakan akan kesehatan serta kebersihannya tetapi nyatanya kuku jari memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Tahukah kamu bagian dari kuku dan beberapa fungsinya? Nah, jika belum mengetahuinya yuk simak ulasan berikut ini.

Bagian bagian Kuku dan Fungsinya Perlu Kamu Ketahui

Bagian Bagian Kuku dan Fungsinya

Kuku adalah bagian dari tubuh manusia yang ada maupun tumbuh pada ujung jati. Kuku tumbuh berasal dari sel yang mirip seperti gel lembut, mati, mengeras dan setelah itu terbentuk ketika mulai tumbuh dari ujung jari serta mempunyai pori-pori.

Kulit ari bagian pangkal kuku ini memiliki fungsi untuk melindungi dari kotoran. Nah, untuk fungsi utama dari kuku yakni melindungi ujung jari yang lembut serta penuh urat saraf. Selain itu juga mempertinggi daya sentuh.

Kuku manusia terbuat dari 3 lapisan jaringan keratin yakni zat alami dalam membuat rambut serta lapisan kulitmu. Nah, jaringan inilah yang mengandung protein asam amino. Perlu kamu ketahui bahwa kuku tangan serta kaki sudah tumbuh sejak perkembangan janin. Untuk itu Marshalova wajib tahu bagian-bagian kuku dan fungsinya antara lain:

Mantle serta Kutikula

Mantle kulu merupakan kulit yang fungsinya menutupi dasar lempeng kuku. Sedangkan kutikula merupakan bagian dari kuku yang tumbuh dari dasar kuku proksimal serta melekat pada lempeng kuku. Baik melekat pada kuku proksimal ataupun kutikula, keduanya memiliki fungsinya membentuk segel pelindung pada iritasi yang bisa mengganggu kesehatan kuku.

Baca Juga :6 Warna Kutek untuk Remaja yang Menarik dan Tidak Norak

Pelat Kuku

Pada bagian ini adalah struktur keras yang berkeratin terbuat dari onikosit serta tersusun dalam bentuk pipih. Permukaan punggung pelat kuku mempunyai tekstur yang cenderung lebih halus.

Lipatan Kuku

Lipatan kuku merupakan struktur jaringan lunak yang dapat melindungi tepi lateral serta proksimal lempeng kuku. Lipatan kuku ini adalah bagian dari proksimal yang sebagian besar matrik kuku dari trauma serta sinar ultraviolet.

Matriks Kuku

Bagian dari kuku yang selanjutnya yakni matriks kuku. Matrik kuku ini memiliki tanggung jawab dalam pembentukan lempeng kuku yang keras. Nail matrix adalah satu-satunya bagian kuku yang mengandung melanosit ataupun sel penghasil melanin.

Hyponychium serta Band Onychodermal

Hyponychium merupakan area distal atau bawah kuku serta lempeng kuku. Sedangkan band onychodermal merupakan bagian dari bantalan kuku yang warnanya kontras. Mempunyai peranan yang bertindak sebagai perlindungan pertama pada bagian tepi kuku.

Fungsi Kuku Jari

Menunjang Gerakan Motorik Halus

Kuku bisa membantu Marshalova untuk menggaruk serta memisahkan kuku pada benda. Kuku ini memiliki fungsi sebagai alat contohnya seperti untuk mencubit, memotong, maupun menyerok benda-benda kecil.

Baca Juga :Cari Tahu Tips dan Hari yang Baik untuk Memotong Kuku, Paling Dianjurkan Hari Jumat!

Melindungi Ujung Jari

Fungsi kuku yang paling utama yakni melindungi ujung jari. Dengan adanya kuku maka jari manusia dapat terlindungi dari berbagai macam bakteri serta virus penyebab penyakit. Penyakit kuku ini ada bermacam-macam seperti cantengan, infeksi jamur kuku dan lainnya.

Fungsi kuku ini dapat berlaku baik bagi jari tangan ataupun kaki. Tapi bedanya kuku jaringan kaki tumbuh lebih lambat jika dibandingkan dengan kuku jaringan tangan.

Laku apa penyebab kuku tumbuh lambat? Jika kuku kamu tidak tumbuh dengan baik atau pertumbuhannya lambat selama beberapa waktu maka kondisi ini dapat terjadi akibat dari kekurangan nutrisi, efek samping dari prosedur perawatan kuku yang kurang tepat, infeksi sekitar kuku misalnya seperti jamur ataupun mikroorganisme lain, dan faktor yang lainnya juga bisa.

Bagian Penguat

Lapisan luar yang teksturnya keras pada ujung kuku akan membuat ujung jari menjadi bagian dari tangan yang terkuat. Kemampuan tersebut bisa membuat jari dapat melakukan banyak kegiatan sehari-hari.

Selain itu juga kuku mempunyai banyak sekali pembuluh darah kecil yang fungsinya menjaga aliran darah bahkan ketika kamu menggenggam sesuatu maka hal itu akan terasa sangat erat. Bagian bagian kuku dan fungsinya perlu Marshalova ketahui seperti ulasan diatas.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.