Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!
Tools

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Make up tanpa memakai kuas rasanya kurang lengkap, ya Girls. Namun, apakah kamu menyadari, apabila memakai kuas secara terus-menerus tanpa membersihkannya, justru akan menjadikannya sebagai rumah baru untuk bakteri dan kuman. Tak terkecuali, pada brush untuk mengaplikasikan eyeshadow. Apabila Marshalova mengenakan kuas tersebut, maka kemungkinan besar akan timbul permasalahan pada kulit wajah atau bisa saja kulit wajah akan terkena alergi. Sehingga, sebaiknya kamu membersihkan kuas eyeshadow secara rutin. Intip cara membersihkan kuas eyeshadow dengan mudah berikut ini.

Bagaimana Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow dengan Benar?

Mempertahankan kuas eyeshadow tetap bersih, kemungkinan merupakan tantangan yang sulit. Sampai saat kamu sadar bahwa mengganti kuas eyeshadow yang lama dengan yang baru merupakah hal yang lebih gampang kamu lakukan ketimbang membersihkannya.

Kuas eyeshadow yang kotor tentunya bakal membahayakan kesehatan kulit kamu yang pada akhirnya akan lebih merugikan. Untuk menghindari hal tersebut, ikuti beberapa langkah untuk membersihkan kuas eyeshadow secara menyeluruh berikut ini.

Baca juga : Cara Membersihkan Beauty Blender Paling Praktis, Simak!

Basahi

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Pakailah air bersuhu hangat (suam kuku) untuk membasahi brush eyeshadow kamu, daripada merendamnya secara menyeluruh. Metode tersebut cukup efektif guna menghilangkan kotoran pada kuas eyeshadow serta untuk membantu memperpanjang usia brush itu.

Hindari air menyentuh pada bagian dasar kuas eyeshadow, sebab hal itu bisa mengikis lemnya. Apabila tidak kamu bersihkan dengan benar, maka bulu pada brush eyeshadow dapat terlepas dari tempatnya serta mengakibatkan kerontokan yang tidak kamu inginkan.

Aplikasikan Sabun yang Lembut

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Selanjutnya, cara mencuci brush eyeshadow yaitu dengan memberikan sabun pada bagian bulunya yang kotor. Pastikan dalam mencuci kuas eyeshadow ini kamu menggunakan sabun yang teksturnya lembut, ya Girls. Sebenarnya banyak sekali terjual di pasaran jenis sabun khusus untuk kuas make up, termasuk brush eyeshadow ini, namun kamu juga bisa memakai sampo.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah yakni dengan mengoleskan sedikit saja sabun atau sampo ke ujung jari kamu. Lalu lakukan gerakan memijat di daerah ujung bulu kuas eyeshadow. Selanjutnya sikat-sikat pada telapak tangan kamu. Pastikan jangan sampai sampo mengenai daerah di dasar bulu kuas, supaya tak mengakibatkan lem rusak.

Hindari Membasahi Gagang Kuas Eyeshadow

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Mengapa pada beberapa cara sebelumnya kamu tidak boleh membasahi atau mencelupkan kuas eyeshadow ke dalam air? Karena bulu-bulu pada brush eyeshadow biasanya direkatkan di bagian gagang memakai lem. 

Itulah mengapa, supaya bulu-bulu kuas eyeshadow tetap awet dan tidak gampang rusak. Sebaiknya ketika mencucinya jangan sampai membasahi gagang kuas eyeshadow atau pada bagian dasar bulu brush.

Bilas Kuas Eyeshadow Sampai Bersih

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Sesudah melewati beberapa cara mencuci kuas eyeshadow di atas, langkah selanjutnya dalam membersihkan brush eyeshadow yaitu dengan membilas kuasnya memakai air mengalir sampai bersih. Tujuannya yaitu untuk mencegah adanya sisa-sisa sabun serta bahan kimia lain yang dapat menjadikan kulit wajah iritasi.

Namun, tetap pastikan air tersebut tak terlalu kencang supaya bulu pada kuas eyeshadow tidak mengalami kerusakan karena tekanan air terlalu kencang. Pastikan pula air tak membasahi bagian dasar kuas eyeshadow supaya tidak merusak lemnya.

Baca juga : Cara Praktis Membersihkan Kuas Masker Wajah yang Kotor

Peras Air di Kuas Eyeshadow

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Sesudah kamu bilas menggunakan air bersih, membersihkan brush eyeshadow berikutnya yaitu dengan memeras sisa air yang terdapat pada bulu kuas secara perlahan dengan jari. 

Cukup kamu pijat-pijat secara lembut bulu kuas eyeshadow dengan telunjuk dan ibu jari. Pastikan ketika memeras tidak sembari kamu tarik. Supaya bulu pada kuas tidak ikut tercabut.

Hindari Menjemur Langsung di Bawah Matahari

Ini Dia, Cara Membersihkan Kuas Eyeshadow yang Perlu Kamu Ketahui!

Kemudian, cara membersihkan kuas eyeshadow yang terakhir yaitu dengan mengeringkannya dengan posisi bulu menghadap ke bawah. Tujuannya yakni agar airnya tak menetes dan membasahi gagang kuas. Usahakan untuk menghindari proses pengeringan kuas eyeshadow di tempat yang terkena matahari secara langsung. Agar kualitas dari bulu kuas eyeshadow tetap terjaga. Cukup keringkan kuas eyeshadow pada suhu ruangan dan punya sirkulasi udara bagus.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.