Ini Dia Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel
Skincare

Ini Dia Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel

Flek Hitam di wajah enggak hanya terjadi pada mereka yang memasuki usia 30an. Flek hitam ini juga bisa muncul pada remaja dan dewasa awal, yang memiliki jerawat. Pasalnya, jerawat ini akan menjadi flek hitam kalau enggak ditangani dengan benar. Huh! Makin rumit ya. Yuk, kita cobain beberapa cara alami di bawah ini untuk mengatasi flek hitam. 

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Sebelum membahas lebih jauh, pahami dulu deh kenapa sih flek hitam ini bisa muncul?

Bekas jerawat yang enggak mendapatkan perlindungan sunscreen

Ada kalanya jerawatan bikin males pakai sunscreen ya. Jadi terasa berat, perih, atau berminyak. Sayangnya nih, kalau kamu skip penggunaan sunscreen terlebih saat kamu lagi punya jerawat. Duh, itulah yang menyebabkan flek hitam yang lama banget hilangnya! Please deh, jangan lagi ya skip step sunscreen ini. 

Efek Konsumsi Obat-Obatan Tertentu, atau adanya diagnosa medis

Berbagai obat-obatan tertentu bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Misalnya, pil KB, fenitoin, fenotiazin, dan sulfonamid. Bisa juga karena mungkin kamu memiliki beberapa keluhan medis. Misalnya adanya bekas luka bakar, kamu sedang ada di masa kehamilan, atau masalah hormonal. 

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami

Perasan Air Lemon

Gunakan air perasan lemon sebagai toner yang akan dibilas lagi setelah penggunaannya. Caranya, cukup berikan beberapa tetesan air lemon di kapas, lalu sapukan pada permukan wajah yang terdapat flek hitamnya. Vitamin C alami pada lemon dikenal sebagai bahan pencerah alami bagi wajah. Selain itu ia juga akan meratakan pigmentasi kulit. 

Scrub Madu dan Garam

Madu dikenal sebagai antioksidan yang akan bekerja mencerahkan kulit. Sementara garam bisa menjadi scrub alami dengan butirannya yang halus dikulit wajah. Campurkan keduanya, dan scrub perlahan di bagian wajah yang ada flek hitamnya ya. 

Cuka Apel

Dulu cukup viral nih ya girls, apple cider vinegar, alias cuka apel. Namun sebelumnya, kamu harus tahan dulu terhadap baunya ya! Caranya, cukup gabungkan 2 sendok teh air mawar dengan satu sendok teh cuka apel. Aduk, kemudian letakan kapas dan sapukan pada area flek hitam pada wajah.

Kantong Teh Hijau

Dalam sebuah penelitian, ekstrak teh hijau akan bekerja depigmentasi pada kulit. Alias akan meratakan pigmentasi kulit kita. Ia juga akan menghambat proses hiperpigmentasi yang menyebabkan flek hitam. Selain itu, kandungan alami asam galat dan ellagicnya baik untuk merawat kulit. 

Sering banget juga kan kita lihat teh hijau yang diminum untuk kesehatan kulit? Nah jadi tehnya bisa kamu seduh, dan bekas kantongnya kamu jadikan masker deh! 

Penggunaan Skincare 

Nah pilihan terakhir nih, jika kamu menginginkan hasil yang maksimal dan cepat, kamu bisa menggunakan produk skincare yang berbahan sebagai berikut: 

Retinol

Merupakan bahan aktif dari Vitamin A pada skincare, yang bekerja untuk menambah kolagen pada kulit, meremajakan kulit, mengeksfoliasi dan menghilangkan milia serta jerawat. 

Krim Pencerah Wajah 

Tone up cream emang lagi hype juga ya disekitar kita. Dengan membelinya di supermarket, mengoleskannya sebagai base makeup di pagi hari juga akan membuat flek hitam tertutupi. Hanya saja, tone up krim ini cuma sebagai penutup flek hitam ya, bukan penghilangnya.. 

Apapun cara yang kamu pilih nantinya juga akan menghasilkan perubahan, asal kamu sabar dan teliti. Ingat semua yang indah membutuhkan proses! Kamu lebih suka cara yang herbal atau Kamu lebih suka cara menggunakan skincare nih?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.