Ini Dia, Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Patah
Nails

Ini Dia, Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Patah

Bagi wanita, tidak hanya perlu merawat wajah dan rambut, namun kuku juga membutuhkan perhatian penting. Salah satu tren yang tidak lekang oleh waktu yakni merawat kuku panjang. Kuku panjang dan cantik tentu menjadi harapan banyak wanita. Namun cara merawat kuku panjang agar tidak patah cukup tricky dan membutuhkan kesabaran ekstra. Apabila salah, nantinya kuku akan menjadi mudah retak dan patah.

Simak Cara Merawat Kuku Panjang Agar Tidak Patah

Cara merawat kuku panjang ini memang jauh lebih sulit daripada kuku pendek. Berikut ini cara merawat kuku panjang yang perlu Marshalova ketahui.

Gunakan Pelembab Kuku

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Salah satu penyebab kuku mudah patah yakni kondisi kuku yang kering. Oleh karena itu, cara untuk mengatasinya dengan menggunakan pelembab kuku. Mengutip dari WebMD, Margaret Ravits, dokter kulit dari Hackensack University Medical Center menyarankan kamu yang memiliki kuku mudah rapuh.

Sebaiknya menggunakan pelembab kuku pada permukaan kuku kamu secara rutin. Pelembab kuku dapat membantu melembabkan, mengurangi timbulnya retak dan pecah pada ujung serta permukaan kukunya.

Baca Juga :5 Rekomendasi Cara Merawat Kuku Kaki Agar Selalu Sehat dan Cantik

Konsumsi Suplemen

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Seringkali kuku yang rapuh disebabkan oleh kurangnya biotin. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung biotin. Suplemen tersebut akan membantu mengatasi masalah kuku mudah patah dan rapuh.

Lapisi dengan Kutek Khusus

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Untuk memberi perlindungan ekstra, kamu dapat menggunakan kutek bening yang memiliki formulasi khusus. Hal itu agar dapat membantu menguatkan kuku kamu. Produk ini umumnya memang lebih mahal daripada kutek biasa, namun sangat baik untuk membuat kuku lebih kuat.

Oleskan Minyak Zaitun

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Untuk kamu yang ingin memiliki kuku panjang, namun terhalang dengan kondisi kuku yang rapuh. Saat ini kamu dapat mencoba menggunakan minyak zaitun. Bahan alami tersebut mengandung zat yang sangat baik, terutama untuk menguatkan kuku dan melembutkan kutikula.

Caranya, dengan membersihkan tangan terlebih dahulu dan keringkan. Setelah itu, oleskan minyak zaitun di kuku dan area sekitarnya. Kamu dapat memijat perlahan untuk melancarkan aliran darah dan nutrisinya dapat terserap dengan baik.

Jangan Mewarnai untuk Sementara

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Cara menjaga kuku panjang lainnya dengan tidak mewarnai kuku sementara waktu. Menurut laman Healthline,  cat kuku memiliki kandungan unsur kimia keras dan dapat merusak kuku. Maka sebaiknya kamu jangan sering mewarnainya. Selain kuteks, pemakaian aseton juga perlu untuk kamu hindari.

Hal ini karena cairan tersebut dapat membuat kuku menguning dan kusam. Sehingga kamu dapat memilih menggunakan bahan-bahan alami. Seperti air lemon dan sari cuka apel untuk menghilangkan kuteks atau membersihkan kuku kamu. 

Baca Juga :Mudah Dilakukan di Rumah, Begini Cara Memanjangkan Kuku yang Aman!

Oleskan Lidah Buaya

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Bahan alami untuk merawat kuku panjang yang sering digunakan yakni lidah buaya. Kandungan lidah buaya dapat membantu kuku lebih kuat dan bening. Untuk menggunakannya cukup mudah, kamu dapat mengoleskan lidah buaya ke seluruh permukaan kuku.

Namun pastikan telah membersihkan kuku terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas kuku dengan air hangat. Selanjutnya keringkan menggunakan handuk.

Aplikasikan Growth Serum

cara merawat kuku panjang agar tidak patah

Growth serum ini hampir sama dengan pelembab kuku. Namun, growth serum ini memiliki kandungan yang dapat menstimulasi proses pertumbuhan kuku. Kuku yang sebelumnya rapuh akan menjadi lebih kuat dan cepat tumbuh. Kamu dapat mengaplikasikan growth serum pada permukaan kuku secara teratur. Hal itu agar memulihkan kondisi kuku yang rapuh lebih cepat.

Cara merawat kuku panjang agar tidak patah memang membutuhkan kesabaran, Marshalova sudah paham?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.