Ini Dia Jam Makan Malam yang Baik Sesuai Anjuran
Lifestyle

Ini Dia Jam Makan Malam yang Baik Sesuai Anjuran

Tidak sedikit orang merasa kebingungan tentang jam makan malam yang baik untuk menjalankan program diet maupun tidak. Saat makan lebih awal, maka kamu mungkin akan merasa khawatir lapar lagi nantinya. Tetapi kalau makan terlalu larut, maka hal tersebut ditakutkan menyebabkan gemuk.

Belum lagi pengaruh aktivitas maupun kegiatan yang tengah dilaksanakan, bisa saja membuat waktu makan malam jadi mundur ataupun maju. Nah, bagi yang belum tahu pasti kapan tepatnya jam malam yang terbaik dan sehat untuk diet maupun tidak, mari simak ulasan lebih lengkapnya di sini.

Jam Makan Malam yang Baik, Perlu Diketahui dan Perhatikan

Jam Makan Malam yang Baik

Bagi sebagian orang, makan malam adalah suatu momen yang dinanti-nanti. Mengapa demikian? Karena makan malam merupakan sebuah momen yang kerap kali jadi sarana untuk melepaskan penat setelah selesai bekerja. Bahkan sarana terbaik untuk dapat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga maupun pasangan. 

Biasanya, karena menunggu semua pekerjaan dalam satu hari terselesaikan dulu jadi tidak jarang orang mulai malam terlalu larut. Apakah Marshalova sering melakukannya?

Jika kamu sering melakukan hal seperti itu, maka sebaiknya segera untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Makan larut malam dapat meningkatkan kemungkinan terjadi kenaikan berat badan.

Setidaknya terdapat dua hal yang jadi penyebab kondisi tersebut. Pertama yakni karena ada irama sirkadian tubuh. Irama sirkadian adalah jam alami pada tubuh yang mengatur berbagai jenis keseimbangan denyut nadi, hormon, suhu tubuh, maupun tekanan darah supaya berada dalam kondisi yang sesuai dengan aktivitas.

Kedua, yakni saat makan malam dilakukan terlalu malam atau larut pada umumnya rasa lapar sudah terjadi. Kalau kamu makan dalam kondisi yang benar-benar lapar maka hal tersebut akan berisiko tinggi dapat menyebabkan kamu makan secara berlebihan.

Lalu jam makan malam yang baik itu bagaimana? Nah, jika kamu menunggu orang maupun keluarga untuk makan malam tetapi keadaan perutmu sudah terasa lapar, maka lebih baik makan terlebih dahulu. Jangan sampai kamu makan terlalu larut, sebab hal itu akan memicu datangnya penyakit serta obesitas. 

Baca Juga : 8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat untuk Mendapatkan Tubuh yang Ideal

Lebih Baik Makan Sebelum Pukul 18.00 WIB

Makan malam baiknya dilakukan sebelum jam 18.00 WIB atau maksimalnya 3 jam sebelum kamu tidur. Mengingat bahwa terdapat irama sirkadian dalam tubuh manusia.

Malam harinya tubuh secara alami akan istirahatkan organ-organ sebab menyiapkan diri untuk tidur. Kondisi semacam ini tentunya membuat kalori yang masuk dalam tubuh tidak dapat terbakar. 

Kalori yang tidak terbakar tersebut pada akhirnya akan diubah jadi trigliserida. Setelah itu, dapat meningkatkan kadar lemak sampai bisa membuat seseorang terkena obesitas, stroke, atau serangan jantung.

Lebih baiknya lagi, kamu makan sebelum jam 6 sore. Selain itu, juga untuk makan malam sebaiknya menghindari makanan yang tinggi karbohidrat serta lemak. Nah, untuk menu makanan yang disarankan yaitu perbanyak sayur ataupun buah berserat.

Akibat Makan Malam Mendekati Waktu Tidur

  1. Gula Darah Meningkat

Jam makan malam yang baik untuk diet bisa kamu lakukan sebelum pukul 6 sore. Tetapi kalau kamu makan malam terlalu larut, maka tubuh tidak bisa memetabolisme gula darah dengan baik. 

Orang yang makan tengah malam mempunyai kadar gula darah tinggi yakni mencapai 20% serta tingkat pembakaran lemak berkurang kurang lebih 10% jika dibandingkan dengan mereka yang makan malam lebih awal. Selain itu, juga dapat meningkatkan diabetes.

  1. Asam Lambung Naik

Jam makan mendekati waktu tidur juga bisa menyebabkan asam lambung. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan sejumlah gejala seperti mulut pahit, sesak panas, dan mual. Penderita asam landung lebih disarankan makan malam 3 jam sebelum tidur.

Baca Juga: Miliki Tubuh Langsing dengan Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu!

  1. Berat Badan Naik

Inilah kondisi yang diwanti-wanti oleh semua orang jika makan malam terlalu larut. Berat badan bisa mengalami kenaikan saat Marshalova makan melebihi batasnya. Jam makan yang bikin gemuk yakni lewat dari jam yang sudah dianjurkan dan dekat dengan waktunya tidur.  

Hal tersebut bisa membuat obesitas serta penyakit lainnya dapat muncul. Jadi, jam makan malam yang baik bisa kamu lakukan pukul 6 sore dan tidak mendekati jam tidur malam.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.