Ini Dia Kandungan Berbahaya dalam Skincare dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah
Skincare

Ini Dia Kandungan Berbahaya dalam Skincare dan Efek Sampingnya Bagi Kulit Wajah

Ketika memilih produk skincare di pasaran, Marshalova tidak hanya diminta untuk melihat dari segi brand, harga mapupun keunggulan yang ditawarkan produk tersebut. Sebab, ada hal penting yang juga perlu untuk diperhatikan baik – baik yakni mengenai kandungan berbahaya dalam skincare tersebut agar nantinya tidak memberikan dampak buruk / efek samping berbahaya bagi kulit wajah.

Bagi kamu yang mungkin masih bingung mengetahui apa saja kandungan berbahaya yang biasanya terdapat pada produk – produk skincare, maka Marsha Beauty akan menjelaskan secara detail satu persatu di bawah ini.

Berbagai kandungan berbahaya dalam skincare yang perlu dihindari

kandungan berbahaya dalam skincare

Marshalova, jika kamu menemukan kandungan berikut ini di dalam skincare, berarti kamu wajib banget menghindairnya. Apa saja ya?

Parabens 

Kandungan bahan ini sering kali ditemukan di berbagai produk kecantikan seperti make up sampai dengan skincare. Menurut para ahli, kandungan parabens pada produk skincare maupun make up ini dikatakan masih erat kaitannya dengan kanker payudara, reproduksi, kulit sampai dengan sistem endokrin yang memiliki efek turunan yang berakibat negatif. Beberapa produk yang mengandung parabens ini yakni face cleanser, body wash, body lotion, shampo dan foundation.

Baca Juga:  Wow Manfaat Ekstra! Ini Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan

Phthalates 

Kandungan yang berbahaya dalam skincare selanjutnya bisa ditemukan pada bahan kimia phthalates yang sering dipakai di beberapa produk – produk skincare yang tak jarang diketahui oleh banyak orang. Beberapa produk skincare yang mengandung bahan kimia phthalates ini antara lain seperti produk deodorant, lotion hingga hair spray. 

Fragrance 

Jika kamu menemukan komposisi kandungan bahan fragrance / parfum dalam produk skincare, sebaiknya harus dihindari mulai saat ini. Mengapa demikian? Sebab, kandungan bahan fragrance ini nantinya dapat mengakibatkan efek negatif bagi tubuh. Bahan yang bisa menganggu produksi androgen ini umumnya dapat dijumpai pada beberapa produk skincare seperti produk moisturizer, hand cream dan berbagai produk perawatan rambut.

Retinol

Bahan turunan vitamin A ini umumnya sering dipakai untuk produk anti-aging dan berguna untuk mencegah terjadinya kerutan dan tanda – tanda penuaan dini di kulit wajah. Bahan berbahaya dalam skincare yang bersifat karsinogenik ini umumnya paling sering ditemukan di beberapa produk seperti produk pelembab, produk bibir dan juga produk tabir surya / sunscreen.

Baca Juga: Apa Kandungan Skincare yang Dapat Menghilangkan Bruntusan Ini Jawabannya!

Toluene 

Bahan kimia dalam produk skincare selanjutnya yakni toluene yang umumnya sering dipakai untuk produk cat kuku dan pewarna rambut. Jika penggunaannya dipakai dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini akan mengakibatkan risiko sistem kekebalan tubuh menjadi menurun dan bahkan bagi ibu hamil dapat mengakibatkan bayi cacat lahir.

BHT

Ketika kamu membeli produk skincare di pasaran, pastikan jika produk tersebut tidak mengandung bahan BHT. Hal ini dikarenakan, bahan ini umumnya dapat mengakibatkan gangguan hormon dan kerusakan organ hati. Apabila fungsi utama organ hati tidak dapat bekerja secara normal, maka hal ini akan mengganggu sistem organ – organ lain di dalam tubuh. Produk yang umumnya menggunakan bahan berbahaya ini bisa ditemukan pada lipstik, moisturizer dan diaper cream. 

Apa saja efek samping penggunaan bahan bahaya dalam skincare bagi kulit wajah?

Banyaknya orang yang menginginkan untuk memiliki kulit wajah putih, glowing dan tentunya sehat, terkadang sering kali masih salah dalam memilih produk skincare yang tepat di pasaran. Hal ini wajar terjadi lantaran kebanyakan dari mereka sering termakan iklan tanpa mengetahui kandungan bahaya yang sudah aman atau belum di dalam produk skincare yang akan digunakan nantinya.

Bagi kamu yang ingin terhindar dari efek samping berbahaya penggunaan komposisi / bahan berbahaya dalam produk skincare, sebaiknya kini lebih jeli dan teliti ketika membeli produk di pasaran. Sebab, jika pemilihan produk skincare yang salah karena adanya bahan berbahaya di dalamnya, maka akan mengakibatkan efek samping berbahaya seperti memicu pelebaran pembuluh darah di wajah, masalah jerawat, iritasi dan lain – lain.

Dari penjelasan di atas mengenai kandungan berbahaya dalam skincare, tentunya kamu kini sudah tahu untuk menghindari apa saja bahan - bahan berbahaya dari komposisi produk skincare nantinya agar tidak menimbulkan efek samping bagi kulit, bukan?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.