Ini Dia, Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat!
Skincare

Ini Dia, Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat!

Timbulnya bruntusan kadang membuat kita tidak percaya diri. Bagaimana tidak, bruntusan menyebabkan tampilan kulit seperti tidak rata dan terasa kasar. Jika hal ini terjadi, kamu perlu tips dan cara menghilangkan bruntusan dengan cepat.

Apa itu Bruntusan? Sama seperti jerawat, bruntusan juga merupakan salah satu masalah pada kulit. Bruntusan adalah kondisi di mana terjadi penumpukan sel kulit mati, serta minyak pada pori-pori kulit. Biasanya bruntusan muncul di berbagai area pada wajah, seperti pipi, dahi, hidung, dagu atau pun bagian lainnya.  Pada area yang terserang bruntusan akan timbul bintik-bintik kecil kemerahan.

Penyebab Bruntusan

Secara umum bruntusan disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori akibat terlalu banyaknya sebum, bakteri dan sel kulit mati. Ketika penyumbatan ini terjadi, maka kelenjar sebaceous akan meradang, berkembang dan menyebabkan bruntusan.

Seperti yang dilansir dari Healthline dan Skinkraft, berikut ini adalah penyebab jerawat:

  1. Perubahan Hormonal, terutama saat pubertas. Hal ini dikarenakan kadar hormon berfluktuasi secara signifikan selama periode tersebut.
  2. Obat-obatan, beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang menyebabkan bruntusan.
  3. Kebersihan Rambut, benarkah? Ini kenapa alasan bruntusan sering timbul di dahi, karena bagian ini sering bersinggungan dengan rambut. Rambut yang tidak bersih menyebabkan timbunan minyak pada dahi dan menyumbat pori-pori. Penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan rambut dengan sering keramas.
  4. Produk Perawatan Rambut, kandungan di dalamnya bisa memicu reaksi di kulit rambut dan aea sekitar kulit kepala, hal inilah yang bisa menimbulkan bruntusan. 
  5. Iritasi, biasanya disebabkan oleh produk skincare atau makeup yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu. Penggunaan aksesoris seperti topi atau bandana pun kadang memicu timbulnya bruntusan. Harus ekstra hati-hati nih, Girls!

Cara Menghilangkan Bruntusan Secara Alami

Selain mengganggu penampilan dan membuat kamu tidak percaya diri, bruntusan kadang menyebabkan gatal dan semakin perih akibat keringat. Jika digaruk, bruntusan akan semakin parah dan mungkin akan menyebar ke area lainnya. Alhasil kamu harus menahan diri untuk tidak menggaruknya.

Satu-satunya cara adalah menghilangkan bruntusan itu sendiri. Caranya bisa secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti berikut ini:

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Madu

Madu dikenal baik dalam membantu perawatan kulit, termasuk untuk menghilangkan bruntusan. Selain itu, madu juga efektif dalam membuat kulit wajah kusam menjadi lebih cerah dan bersih.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bruntusan dengan madu:

  • Cuci muka terlebih dahulu sampai bersih

  • Oleskan madu pada area wajah yang bruntusan secara merata

  • Biarkan hingga 30 menit.

  • Segera bilas wajah dengan air dan sabun muka sampai bersih. Pastikan tidak ada madu yang tersisa. 

Lakukan langkah-langkah di atas setelah mandi secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Tomat

Selain madu, buah tomat juga efektif untuk menghilangkan bruntusan. Tomat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti untuk mengatasi mata minus.

Berikut ini adalah cara menghilangkan bruntusan dengan tomat:

  • Siapkan tomat segar secukupnya.

  • Blender tomat sampai halus.

  • Aplikasikan tomat yang halus tersebut ke wajah (terutama area bruntusan) seperti menggunakan masker.

  • Biarkan masker alami dari tomat tersebut mengering.

  • Bilas wajah sampai bersih.

Lakukan cara di atas secara berkala agar bruntusan semakin cepat menghilang.

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Es Batu

Siapa sangka, es batu juga digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bruntusan. Es batu juga dipercaya ampuh dalam menghilangkan gatal yang ditimbulkan akibat bruntusan. Bahkan ada yang bilang bahwa es batu merupakan cara efektif menghilangkan bruntusan dalam waktu semalam. 

Caranya adalah cukup dengan mengaplikasikan es batu tersebut pada area yang terserang bruntusan.

Tips Memilih Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan

Selain bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan skincare untuk menghilangkan. Beberapa skincare memang ada yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi permasalahan bruntusan dan jerawat.

Pilihlah produk skincare mulai dari facewash, toner, serum, essence, moisturizer, masker, dan sunscreen yang dapat mengatasi bruntusan. Tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, yang formulanya lembut, bebas pewangi, sehingga cocok digunakan untuk kulit yang sensitif. Menurut saran dari American Academy of Dermatology, cuci muka dengan pembersih wajah khusus maksimal dua kali sehari karena dapat mengiritasi kulit dan membuat bruntusan semakin parah.

  2. Gunakan pelembap yang ringan agar mencegah dehidrasi pada wajah. Kondisi dehidrasi inilah yang akan memperparah bruntusan. Pilih pelembap yang mengandung ceramide dan asam hialuronat, serta pastikan pelembab bebas dari minyak, pewangi serta non-comedogenic.

  3. Pilih obat bruntusan yang tepat, yaitu obat topikal dan obat yang diminum. Obat topikal di sini adalah skincare yang berupa gel, acne patch atau produk lain. 

  4. Gunakan sunscreen yang melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Sunscreen juga mampu menjaga kulit dari penuaan dini, kerutan, kusam, warna kulit tidak merata serta mengatasi bruntusan. Pilih sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih ya, Girls!

  5. Hindari menggaruk atau memencet bruntusan karena dapat memperburuk keadaan atau bahkan lukanya bisa jadi permanen, ngeri ya Girls! Menjaga kebersihan sekitar juga tak kalah penting, seperti mencuci sarung bantal, sprei kasur, guling atau benda lain yang menyentuh kulit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.