Ini Dia Perbedaan Lip Tint dan Lipstik, yang Mana Favoritmu
Makeup

Ini Dia Perbedaan Lip Tint dan Lipstik, yang Mana Favoritmu

Perbedaan lip tint dan lipstik perlu kamu ketahui agar tepat dalam penggunaannya sehingga hasil yang diberikan maksimal. Meski keduanya sama-sama hadir sebagai produk kecantikan untuk bibir, namun memiliki perbedaan dan fungsi. 

Saat memutuskan untuk terjun ke dunia rias, setidaknya kamu mengetahui berbagai jenis produk kecantikan yang umumnya digunakan termasuk produk kecantikan dan perawatan untuk bibir. Adapun yang termasuk dalam kategori produk tersebut antara lain lip tint dan lipstik. 

Baca Juga: Rekomendasi Base Make Up yang Ringan dan Tahan Lama

4 Perbedaan Lip Tint dan Lipstik yang Sebaiknya Diketahui

Selain skincare, produk pewarna bibir telah sukses mendominasi penjualan kosmetik sejak lama. Terlebih sejak munculnya tren bibir ombre ala Korea, maka popularitas lip tint meningkat pesat.

Tren mengaplikasikan dua warna monokromatik yang berlainan hampir mewabah di Asia dan seluruh wanita di negara-negara Barat. Ini karena bibir ombre khas Negeri Ginseng mampu menciptakan view wajah lebih cerah sehingga para penggunanya akan terkesan lebih muda dan natural.

Lantas, apa sih yang merupakan perbedaan kedua produk kecantikan sekaligus perawatan bibir tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Bahan Dasar Pembuatannya

Jangan hanya asal pakai. Kamu juga perlu tahu apa bahan dasar yang digunakan untuk membuat lipstik.

Umumnya, lipstik terbuat dari beeswax, pigmen, alkohol, dan minyak. Seiring bertambahnya manfaat lipstik sebagai produk perawatan bibir, beberapa produsen mulai memproduksinya dengan menambahkan vitamin E sehingga kesehatan dan keelastisan kulit bibir senantiasa terjaga.

Struktur lipstik lebih solid karena adanya dukungan wax atau lilin yang bertugas mempertahankan pengemulsian minyak dan cairan agar tidak terpisah. Ini juga yang membuat lipstik selalu lembut saat dipakai.

Lip tint berbahan dasar air lengkap dengan kandungan pigmennya. Saat dioleskan ke bibir, formula air dan alkoholnya akan menguap sehingga kulit bibir akan menyerap pigmen tersebut untuk memunculkan warna.

Perbedaan dari Warnanya

Sebagai pewarna bibir, lipstik dikenal cukup pigmented. Warna lipstik yang diaplikasikan ke bibir dapat menutupi warna asli bibir secara total. Produk kosmetik bibir ini dianggap menjadi statement point, yakni memiliki warna yang lebih kuat dengan efek meningkatkan tekstur bibir pada seluruh hasil akhir make up nantinya.

Lain halnya dengan lip tint, pewarna bibir ini tidak terlalu pigmented. Ini karena kandungan air yang ringan pada produk tersebut. 

Jika kamu benar dalam pemakaiannya, maka hasil riasan akan terlihat lebih natural, ringan, dan terkesan awet muda.

Tingkat Keawetan

Sedang mencari jenis lipstik yang tahan lama dan tidak membuat bibir kering? Pastikan kamu memilih lipstik berlabel long lasting. 

Pada beberapa jenis lipstik tanpa label long lasting, maka membuat lipstik yang kamu pakai tidak tahan lama. Ini karena bahan dasar lipstik terbuat dari minyak sehingga mudah terhapus saat kamu tidak sengaja menyekanya, terkena air, atau tersentuh benda padat.

Berbeda halnya dengan lip tint, produk pewarna bibir ini cukup tahan lama. Lip tint tidak akan memudar dalam sekejap, namun memudar sedikit demi sedikit. Pilih saja merk  terpercaya sehingga bisa kamu andalkan mengatasi permasalahan dengan lip tint untuk bibir kering dan mengelupas.

Baca Juga: Deretan Bedak Tabur yang Hasilnya Matte, Cocok untuk Kulit Berminyak

Hasil Akhir Riasan

Pada dasarnya, faktor yang mempengaruhi hasil riasan secara tidak langsung adalah bahan dasar pembuatnya. Penggunaan lipstik akan membuat bibir tampak bervolume, menyembunyikan warna aslinya, hingga memperbaiki teksturnya. 

Terbuat dari air dan alkohol, lip tint akan membuat kamu seolah tidak mengoleskan apapun ke kulit bibir. Hal ini disebabkan oleh teksturnya yang cair, sehingga terasa lebih ringan saat dipakai. Adapun hasil riasan yang diperoleh cenderung lebih tipis dan natural, jauh dari kata tebal dan berat.

Nah, setelah mengetahui dan paham akan perbedaan antara lip tint dan lipstik, tentukan segera mana yang menjadi favorit kamu. Usahakan jangan asal pilih, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.