Ini Dia Urutan yang Benar dalam Memakai Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat serta Rekomendasi Produk yang Tepat
Skincare

Ini Dia Urutan yang Benar dalam Memakai Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat serta Rekomendasi Produk yang Tepat

Memiliki tipe kulit yang berminyak akan sangat mengganggu karena rentan mengalami berbagai permasalahan kulit. Kulit yang berminyak disebabkan karena kerja kelenjar minyak yang terlalu aktif sehingga produksi sebum berlebih. Jika produksi sebum di wajah berlebih, maka sebum tersebut akan menyumbat pori-pori, lalu bercampur dengan sel-sel kulit mati dan kotoran, sehingga dapat menimbulkan komedo hingga jerawat. Oleh karena itu, kulit yang berminyak akan cenderung berjerawat juga. Untuk mengatasinya, kamu butuh produk perawatan yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Urutan skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat pun harus kamu perhatikan supaya bahan-bahan aktif yang terkandung dalam produk skincare dapat bekerja secara optimal dalam mengatasi permasalahan kulit yang kamu alami. Terdapat pula perbedaan antara day & night skincare routine untuk kulit berminyak dan berjerawat.  Sebelum mengetahui urutan skincare yang tepat, yuk simak dulu ciri dan penyebab kulit menjadi berminyak dan jerawat!

Ciri-ciri Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak diakibatkan karena kelenjar sebasea menghasilkan sebum terlalu banyak. Sebenarnya, sebum atau minyak alami kulit juga memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi lapisan kulit dari benda asing, serta melindungi folikel rambut. Namun, jika sebum yang dihasilkan berlebihan, justru akan membuat kulit wajah tampak mengkilap.

Ada beberapa ciri tipe kulit yang berminyak, antara lain:

  1. Kulit wajah terlihat berkilau, mengkilap, dan lengket.

  2. Pori-pori terlihat besar dan tampak sangat jelas.

  3. Biasanya banyak komedo di sekitar hidung dan dagu.

  4. Kulit wajah rentan berjerawat.

  5. Rambut mudah lepek karena kulit kepala juga berminyak.

Untuk mengetahui apakah tipe kulitmu berminyak atau tidak, kamu bisa lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka di malam hari dan tidak menggunakan produk skincare yang lain. Setelah itu, amati keadaan kulit di pagi hari setelah bangun tidur. Jika tampak minyak yang berlebihan di area T-zone seperti dahi, hidung, dagu, maupun pipi, itu tandanya tipe kulitmu adalah berminyak. 

  2. Menggunakan kertas minyak atau blotting paper dan tunggu selama beberapa jam. Jika terlihat spot minyak yang berlebihan di area T-zone dan kertas minyak terasa lengket, berarti tipe kulitmu adalah berminyak.

  3. Memperhatikan tampilan pori-pori di depan cermin. Jika pori-pori terlihat sangat jelas dan kasat mata, kemungkinan kamu memiliki tipe kulit yang berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Banyak faktor yang menyebabkan kulit jadi berminyak. Tingkat keparahan kulit yang berminyak pada setiap orang mungkin saja berbeda-beda. Berikut ini beberapa faktor penyebab kulit berminyak.

Faktor Genetik

Produksi sebum yang berlebih juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orangtuamu memiliki tipe kulit yang berminyak, dimana kerja kelenjar sebaseanya cukup aktif, maka kemungkinan kamu juga memiliki tipe kulit yang berminyak. 

Faktor Usia

Selain disebabkan karena faktor genetik, kulit yang berminyak juga disebabkan karena faktor usia. Biasanya, pada usia remaja yang sedang mengalami masa pubertas, produksi sebum akan sangat meningkat bahkan hingga 500%. Oleh karena itu, remaja rentan mengalami kulit termasuk jerawat karena kulit wajahnya berminyak. 

Pada usia remaja ini produksi kolagen masih normal, sehingga kerja kelenjar sebasea masih produktif. Sedangkan, semakin bertambahnya usia, produksi kolagen semakin berkurang yang menyebabkan kerja kelenjar sebasea semakin menurun dan minyak alami yang dihasilkan akan semakin sedikit. Itulah mengapa orang yang berusia lanjut kulitnya akan semakin kering dan keriput karena kehilangan elastisitas kulit. 

Kulit yang Dehidrasi

Kulit yang dehidrasi atau kekurangan kandungan air justru akan menyebabkan kulit menjadi berminyak karena kelenjar sebasea mendapatkan sinyal untuk memproduksi sebum yang lebih banyak agar dapat melembapkan kulit. 

Tidak Menggunakan Pelembap

Mungkin kamu mengira bahwa kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap atau moisturizer. Padahal, kulit yang berminyak juga membutuhkan moisturizer untuk menjaga hidrasi kulit dan mengunci kelembapan kulit. Dengan begitu, kelenjar sebasea tidak akan memproduksi minyak berlebih karena kulit sudah terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Kesalahan Memakai Pelembap, Day & Night Cream yang Bikin Jerawatan dan Bruntusan

Eksfoliasi Berlebihan

Tujuan dari melakukan eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Namun, eksfoliasi yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami di kulit wajah sehingga kulit kehilangan kelembapan alaminya. Akhirnya, kelenjar sebasea terpicu untuk memproduksi sebum lebih banyak untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah dieksfoliasi. 

Penyebab Kulit Berjerawat

Kulit yang berminyak akan cenderung berjerawat karena masalah sebum yang berlebih yang akan menyumbat pori-pori. Kulit yang berminyak ini memudahkan kotoran, bakteri, hingga jamur Malassezia untuk menempel di kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Selain karen kulit yang berminyak, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kulit berjerawat, antara lain:

Stress

Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa merangsang produksi minyak berlebih di wajah. Jika produksi minyak berlebih, pori-pori akan tersumbat serta sel-sel kulit mati yang seharusnya langsung luruh malah akan mengendap bersama dengan sebum dan kotoran. Itulah mengapa stres bisa menyebabkan kamu jadi berjerawat.

Makanan Sembarangan dan Tinggi Gula

Saat ini sedang tren pesan makanan melalui aplikasi, dimana makanan yang tersedia kebanyakan adalah junkfood dan processed food. Belum lagi banyak bisnis minuman kekinian berupa teh, kopi, atau boba yang tinggi gula. Makanan dan minuman tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi yang dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang memicu peningkatan hormon androgen, sehingga produksi sebum di wajah ikut meningkat. Jika produksi sebum sudah meningkat, maka akan berujung pada timbulnya jerawat.

Malas dan Tidak Rutin Menggunakan Skincare

Malas memakai skincare membuat kulit semakin kusam dan jerawat yang timbul akan semakin parah karena kotoran, debu, dan sel kulit mati tidak dibersihkan. Belum lagi jika kulit yang berminyak tidak atasi dengan baik, maka jamur Malassezia akan terus berkembang biak dan menyebabkan fungal acne. Malas menggunakan sunscreen juga bisa menimbulkan jerawat karena paparan sinar UV bisa merusak skin barrier sehingga tidak ada lapisan yang melindungi kulit dari benda asing yang masuk.

Tidak rutin menggunakan skincare juga dapat menimbulkan dan memperparah jerawat karena setiap produk skincare butuh waktu untuk menunjukkan hasil yang maksimal. Jika kamu jarang menggunakan skincare, maka kondisi kulitmu tidak akan kunjung membaik.

Salah Menggunakan Produk Skincare

Salah satu penyebab utama wajah breakout dan berjerawat adalah karena salah dalam menggunakan produk skincare. Menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan tipe, jenis, dan kondisi kulit bisa menimbulkan inflamasi dan iritasi, sehingga kulit akan bereaksi berlebihan dan memberikan tanda ketidakcocokan berupa breakout, jerawat, dan peradangan. Ketidakcocokan akan produk skincare ini bisa lebih parah jika kamu tetap melanjutkan menggunakan produk tersebut. 

Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Supaya masalah kulit berminyak dan berjerawat dapat teratasi dengan baik, kamu harus rutin menggunakan skincare. Mencuci muka saja tidak cukup untuk merawat kulit wajah, kamu butuh produk lain seperti toner, serum, pelembap, hingga masker wajah supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan produk-produk skincare tersebut tentu saja ada urutannya. Urutan menggunakan skincare yang benar adalah dari yang teksturnya paling ringan ke yang teksturnya paling tebal. Berikut ini urutan skincare yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Day Skincare Routine

Urutan skincare pagi akan lebih sedikit dibandingkan dengan skincare malam. Bagi kamu yang pemula, kamu hanya butuh 4 basic skincare, yaitu facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Ke empat produk tersebut bisa membersihkan kulit, mengembalikan pH kulit, melembapkan, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Produk skincare yang wajib kamu pakai di pagi hari adalah sunscreen, karena sunscreen merupakan kunci utama agar kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Jika tidak menggunakan sunscreen, dampak yang akan ditimbulkan berupa rusaknya skin barrier, kulit terbakar, kemerahan, iritasi, breakout, muncul flek hitam dan kerutan, hingga kanker kulit atau melanoma.

Kalau kamu sudah sering menggunakan skincare, kamu bisa menambahkan produk lain yang dirasa penting, seperti essence atau serum. Tidak lupa untuk merawat bibir dengan menggunakan lip serum atau lip balm. Berikut ini urutan day skincare routine yang tepat:

  1. Facial wash

  2. Toner

  3. Essence

  4. Serum

  5. Moisturizer

  6. Sunscreen

  7. Lip balm

Night Skincare Routine

Berbeda dengan day skincare routine, night skincare routine cenderung lebih banyak dan menggunakan produk-produk yang dapat merawat kulit semalaman. Kamu juga bisa menambahkan produk skincare yang hanya digunakan seminggu sekali di malam hari, seperti eksfoliator, eye cream, face mask, hingga sleeping mask.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Night Skincare Routine untuk Remaja dan Urutan yang Benar

Jika di pagi hari kamu wajib menggunakan sunscreen, hal terpenting yang harus kamu lakukan di malam hari adalah double cleansing. Teknik double cleansing ini menggunakan dua produk cleanser untuk membersihkan wajah dari semua kotoran dan sisa-sisa makeup yang menempel di wajah. Meskipun kamu tidak menggunakan makeup, kamu tetap wajib melakukan double cleansing karena sunscreen yang kamu pakai di pagi hari masih meninggalkan residu yang bisa menyumbat pori-pori. 

Berikut ini tahapan night skincare routine yang benar:

  1. Cleansing balm/Micellar water

  2. Facial wash

  3. Physical exfoliator/Facial scrub (seminggu sekali)

  4. Wash off mask/Clay mask (seminggu sekali)

  5. Exfoliating Toner (seminggu sekali)

  6. Hydrating Toner

  7. Sheet mask

  8. Essence

  9. Serum

  10. Eye cream

  11. Moisturizer

  12. Sleeping Mask

  13. Lip balm

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kalau kamu sudah tahu urutan skincare yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat, kamu harus menggunakan produk yang sesuai supaya tidak menimbulkan masalah kulit lebih lanjut. Produk-produk skincare yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah yang memiliki tekstur gel, memiliki formula water based dan non-comedogenic, serta oil-free. 

Karena kulit yang berminyak memproduksi sebum terlalu banyak, maka kulit akan kehilangan air. Produk skincare dengan tekstur gel biasanya memiliki formula water based atau berbahan dasar air, sehingga produk skincare tersebut bisa mengembalikan kandungan air di dalam kulit tanpa membuat kulit semakin berminyak.

Selain itu, penting untuk mencari produk dengan formula non-comedogenic dan oil-free sehingga tidak menambah minyak di wajah dan tidak berisiko menyumbat pori-pori. Jika produk skincare yang kamu gunakan mengandung bahan comedogenic, yang ada kulitmu akan semakin berjerawat. Kamu bisa mencari produk dengan keterangan ‘non-comedogenic’ atau ‘for oily skin’ pada kemasannya.

Berikut ini beberapa rekomendasi skincare khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat:

Garnier Micellar Cleansing Water for Oily, Acne-Prone Skin 400 ml, Rp81.500

Sebelum mencuci muka, kamu harus membersihkan wajah dari kotoran dan sisa-sisa makeup menggunakan micellar water. Rekomendasi micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah Garnier Micellar Cleansing Water for Oily, Acne-Prone Skin. Micellar water ini juga bisa digunakan untuk menghapus makeup mata dan bibir. 

Micellar water ini mengandung molekul micelles yang dapat mengangkat kotoran dan minyak tanpa perlu dibilas. Teksturnya sangat ringan seperti air, tidak mengandung parfum, serta tidak lengket dan tidak membuat kulit lebih berminyak.

Azarine Acne Gentle Cleansing Foam, Rp35.000

 

Sabun cuci muka lokal ini diformulasikan khusus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Kandungan utama dari Azarine Acne Gentle Cleansing Foam adalah BHA (Salicylic Acid) yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengurangi sebum berlebih hingga ke dalam pori-pori. Kemudian, ada Purslane yang dapat mencegah inflamasi dan memberikan efek shooting sehingga aman di kulit sensitif. Selain itu, ada kandungan madu dan lemon yang berperan sebagai antiseptik dan anti oksidan, dapat melembapkan kulit, mengurangi inflamasi, mencerahkan kulit, serta menyamarkan tampilan pori-pori. 

Sukin Pore Refining Facial Scrub Oil Balancing, Rp175.000

Produk asal Australia ini merupakan gentle exfoliator yang dapat membersihkan pori-pori dari sel-sel kulit mati, sebum, dan kotoran yang menyumbat serta bisa memperbaiki tekstur kulit. Facial scrub ini memiliki butiran scrub yang halus dari jojoba dan ada kandungan bamboo charcoal yang berfungsi untuk detoksifikasi atau menyerap kotoran di wajah. Scrub ini tidak akan membuat kulit terasa kering atau ketarik karena ada kandungan willowherb, rooibos tea, dan coconut yang bisa menghidrasi dan membuat kulit lebih halus. Scrub ini masih aman untuk digunakan dua kali seminggu.

Saturday Looks Minty Clay Mask, Rp120.000

 

Clay mask yang satu ini cukup viral di kalangan skincare enthusiast terutama bagi para acne fighter karena benar-benar ampuh mengempeskan jerawat. Saturday Looks Minty Clay Mask mengandung pepper mint yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat, meredakan peradangan akibat jerawat, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian, ada kandungan olive oil dan grapeseed oil yang berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit. Selain itu, aja pula kandungan bentonite dan kaolin clay yang dapat mengangkat minyat berlebih di wajah. 

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, Rp200.000

Sesuai namanya, COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner mengandung AHA dan BHA yang berperan sebagai eksfoliator dan berperan untuk membersihkan pori-pori sampai ke dalam untuk mengikis sel-sel kulit mati, sebum, dan kotoran. Exfoliating toner ini tidak membuat kulit iritasi karena kandungan eksfoliatornya kurang dari 5%, jadi masih aman meskipun digunakan setiap hari. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat

NATUR Miracle Calming Hydrating Toner, Rp139.000

Setelah menggunakan exfoliating toner, ada baiknya untuk menggunakan hydrating toner untuk mengembalikan pH dan kelembapan kulit. NATUR Miracle Calming Hydrating Toner mengandung ekstrak witch hazel dan aloe vera, Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Centella Asiatica, Allantoin, dan komposisi lainnya yang bisa menghidrasi kulit sekaligus mengatasi masalah jerawat.

Toner ini berfungsi untuk meredakan jerawat, meredakan kemerahan akibat peradangan, mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, dan mengencangkan kulit. Toner ini juga aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol dan fragrance.

Emina Masquerade Face Mask Tea Tree Oil, Rp14.500

Emina Masquerade Face Mask Tea Tree Oil merupakan salah satu sheet mask untuk menghilangkan jerawat karena mengandung tea tree oil yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, melembapkan kulit, dan membuat kulit tampak lebih halus. Bahan sheet mask-nya juga halus yang terbuat dari Tencel, dimana bahan ini sangat eco-friendly karena dapat terdegradasi. 

N’Pure Essence Centella, Rp135.000

Essence lokal yang satu ini mengandung ekstrak Centella Asiatica, Salicylic Acid, ekstrak 7 tanaman anti jerawat, dan Milk Protein yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit, mengurangi inflamasi dan kemerahan akibat jerawat, mengobati kulit yang berjerawat, serta menghaluskan kulit. Essence ini sangat bagus untuk kulit yang berjerawat karen memiliki formula fungal acne (Malassezia) safe sehingga tidak berisiko menimbulkan jerawat jamur. 

Avoskin YSB Salicylic Acid 2% + Zinc, Rp139.000

Avoskin YSB Salicylic Acid 2% + Zinc merupakan serum lokal untuk kulit berjerawat karena mengandung Salicylic Acid dan Zinc yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat dan blackheads. Serum ini bekerja sebagai eksfoliator yang dapat membersihkan pori-pori dan mengikis sel kulit mati serta mengontrol produksi sebum di wajah. Kombinasi Salicylic Acid dan Zinc juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah. 

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream, Rp129.000

Produk rekomendasi selanjutnya adalah Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. Moisturizer ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat karena moisturizer ini bertekstur gel sehingga bisa mengembalikan kandungan air pada lapisan kulit tanpa menyebabkan kulit semakin berminyak. Kandungan di dalam moisturizer ini ada Niacinamide, Ceramide, Peptide, Hyaluronic Acid, dan Cica. Moisturizer ini berfungsi untuk memperbaiki skin barrier, melawan tanda penuaan, mengatasi jerawat, dan membuat kulit lebih sehat serta kenyal. 

For Skin’s Sake (FSS) Weightless Sunscreen SPF 50 PA+++, Rp190.000

Salah satu produk sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah FSS Weightless Sunscreen SPF 50 PA+++. Sunscreen ini diperkaya dengan Niacinamide dan Centella Asiatica sehingga dapat mengatasi masalah jerawat. Sunscreen ini memiliki formula ultra-weight sehingga sangat ringan di wajah dan tidak membuat kulit tampak greasy atau lebih berminyak. Kandungan SPF 50 dan PA+++ akan melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit.

Harletté Oatmilk Sleeping Mask, Rp185.000

Sleeping mask dari Harletté ini sangat cocok untuk kulit yang berminyak dan berjerawat karena mengandung oat dan susu yang dapat merawat dan menutrisi kulit sekaligus menenangkan kulit. Sleeping mask ini bisa digunakan untuk blemish skin dan semua jenis kulit. Selain dapat menutrisi dan menenangkan kulit, sleeping mask ini juga bisa mengurangi jerawat, melembapkan kulit, mengontrol minyak berlebih, dan membuat kulit tampak lebih kenyal. 

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri dan penyebab kulit berminyak serta berjerawat beserta urutan skincare routine dan rekomendasi produk yang tepat. Jangan lupa untuk selalu gunakan produk yang sesuai jenis kulit secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.