Ini Faktor Penyebab Kaki Kering dan Bersisik, Bagaimana Solusi Terbaiknya?
Body

Ini Faktor Penyebab Kaki Kering dan Bersisik, Bagaimana Solusi Terbaiknya?

Kulit kaki kering yang tidak terawat dapat menyebabkan masalah lain yang lebih serius. Sebut saja seperti tumit pecah-pecah, telapak kaki keras, dan lain sebagainya. Karenanya jangan anggap remeh hal ini. Selain mengurangi kenyamanan, keadaan kulit kaki yang tidak sehat tentunya juga dapat mengurangi rasa percaya diri kamu. Oleh sebab itu, yuk cari tahu apa penyebab kaki kering dan solusi terbaiknya!

Ada banyak faktor yang menjadi sebab kulit kaki kering. Di mana mengetahui penyebab pastinya dapat membantu Marshalova menentukan perawatan terbaik agar kulit kakimu kembali sehat. Bermasalah dengan kulit kaki kering dan pecah pecah? Berikut Marsha Beauty telah merangkum beberapa faktor penyebab dan solusi treatment yang dianjurkan.

Faktor-Faktor Penyebab Kaki Kering dan Solusi Treatment Terbaik

Kulit kaki yang kering cenderung terasa gatal dan tidak nyaman. Kondisi bisa berlanjut lebih parah menjadi kulit kaki mengelupas, pecah-pecah, hingga tidak jarang terjadi pendarahan bila terlalu ekstrim digaruk. Berikut beberapa faktor penyebab dan solusi yang disarankan.

Penggunaan Sepatu yang Terlalu Tertutup

penyebab kaki kering

Sah-sah saja menggunakan sepatu, tapi pastikan sepatu kamu nyaman dan tidak menyebabkan masalah pada kulit kaki. Siapa sangka jika penyebab kulit kaki kering dan bersisik paling banyak adalah penggunaan sepatu yang terlalu tertutup dan berlangsung dalam waktu lama. 

Sepatu kets, bot, atau jenis lainnya yang terlalu tertutup memberi lingkungan panas pada kakimu. Panas yang berlebih dapat menyedot kelembaban dari kulit kaki yang pada akhirnya membuat area kaki kering dan mengalami pecah-pecah. Sebagai alternatif pilih sepatu dengan sirkulasi udara baik atau sepatu berbahan ringan. Gunakan kaus kaki sebelum menggunakan sepatu.

Kurangnya Kelembaban di Area Kulit Kaki

penyebab kaki kering

Perlu kamu tahu, jumlah kelenjar minyak di area kulit kaki lebih sedikit dibandingkan kulit di bagian tubuh yang lain. Hal ini pula yang mendasari mengapa telapak kaki dan tumit sering terasa kering dan tidak jarang hingga mengelupas.

Jika kondisi ini kamu alami aplikasikan krim kaki sebagai solusi. Penggunaan krim membantu menghidrasi dan menghadirkan kelembaban kulit di area kaki.

Iritasi yang Menghilangkan Kelembaban Kulit

penyebab kaki kering

Ada beberapa hal yang dapat menjadi iritan dan menyebabkan hilangnya kelembaban kulit kaki. Seperti penggunaan sabun dengan kandungan kimia yang tidak cocok. Kondisi bisa semakin parah jika kamu sering mencuci kaki menggunakan sabun tapi tidak sepenuhnya mencuci sisa sabun di kaki.

Penyebab iritasi lainnya karena adanya tekanan konstan atau gesekan berlebih di kulit kaki. Hal ini sering terjadi pada penggunaan alas kaki yang tidak pas atau berhak tinggi, sehingga cenderung memberi tekanan berlebih di beberapa area kaki. Solusinya hindari penyebabnya.

Penuaan Dini di Area Kulit Kaki

penyebab kaki kering

Penyebab lainnya karena terjadinya penuaan dini di area kulit kaki. Tanda penuaan dini yang muncul membuat kondisi kulit yang kering semakin kering. Hal ini karena kemampuan kulit dalam menyerap air berkurang. Sebagai akibat kaki pecah pecah dan mengelupas.

Agar kondisi tidak semakin parah disarankan menggunakan lotion untuk memberikan kesan kulit lebih lembab sepanjang hari kamu. Selain itu, baik pula membiasakan diri mengonsumsi air putih dalam porsi cukup dan vitamin tambahan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Itulah beberapa faktor penyebab kulit telapak kaki keras dan mengelupas yang perlu diwaspadai. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun, jika kulit kaki sudah terlanjur mengalami kekeringan, mengelupas, dan pecah-pecah pastikan kamu melakukan hal yang tepat sebagai solusi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.