Ini Penyebab dan Dampak Insecure, Stop dari Sekarang!
Lifestyle

Ini Penyebab dan Dampak Insecure, Stop dari Sekarang!

Masih banyak orang yang beranggapan kalau insecure itu merupakan sikap tidak percaya diri yang digambarkan dengan perilaku nggak bersyukur. Selain itu, banyak juga yang menilai penyebab dan dampak insecure selalu berhubungan dengan penampilan dan kepercayaan diri. Padahal, insecure ini banyak jenisnya. Namun, biasanya memang karena perkataan orang lain, sikap orang lain, hingga pencapaian diri sendiri. 

Mengenal Insecure

insecure

Insecure adalah kumpulan perasaan dan emosi di mana seseorang merasa nggak cukup baik atau hebat, yang membuat dirinya semakin ngerasa nggak aman atas hal itu. Insecure ini kalau dirasakan secara terus menerus akan menghasilkan kepribadian yang mudah cemas dan nggak memiliki energi yang positif bagi dirinya sendiri. 

Tentu, insecure ini akan membuat seseorang merasa nggak mampu, dan gagal sehingga membuat harga dirinya pun rendah. Semakin besar insecure yang dirasa, maka makin dalam kecemasannya dan mereka merasa nggak bisa hidup dengan tenang. 

Penyebab Insecure yang Perlu Kamu Tau

Penyebabnya juga beragam, dan nggak hanya seputar penampilan. Biasanya penyebab mereka merasakan insecure ini karena beberapa hal. Misalnya berikut ini:

Bawaan Genetika

Setiap orang memiliki ketahanan dalam menghadapi masalahnya dengan berbeda-beda. Ketika terancam, tubuh mereka menghasilkan bahan kimia yang membantu mereka bertahan hidup dengan melawan, melarikan diri, atau berdiam diri meratapi-nya. Ketika ancaman itu ditaklukkan, maka ketakutan mereka mereda,. Sementara kalau mereka hanya berdiam diri meratapi-nya, tubuh mereka menghasilkan satu set bahan kimia yang membuat mereka merasa cemas dan takut. 

Memiliki luka yang belum teratasi

Ada kalanya seseorang mengalami sebuah pengalaman traumatis yang membuat mereka nggak bisa lupa kejadian itu. Ketakutan, pengalaman, dan ingatan akan peristiwa itu akan mempengaruhi diri mereka yang sekarang. Nah, bisa saja insecure ini masuk dan kembali hadir menemani mereka. 

Takut Mengecewakan Orang Lain dan Diri Sendiri

Sebagian dari kita memang memang memiliki tipe kepribadian yang Highly Sensitive Person, dimana sangat sensitif sehingga nggak mau menyakiti orang lain dan juga nggak mau merasakan penderitaan. Jadi, alih-alih berusaha menjaga emosi dan perilaku mereka agar mereka nggak berbuat kesalahan dan merasa insecure, mereka malah merasakan insecure lebih dulu sebelum mencoba hal ini. 

Contoh real-nya seperti ketika seseorang memiliki berat badan yang nggak ideal, bukannya dia berusaha untuk menjadikan hal itu motivasi agar kondisi tubuhnya bisa ideal, dia malah menghabiskan waktu untuk merasakan insecure seperti memikirkan hal ini berkepanjangan, meratapi situasinya, hingga nggak percaya diri. 

Nggak mau terjebak dalam sebuah konflik

Ada juga beberapa orang yang malas untuk mencoba hal baru atau keluar dari zona nyamannya. Mereka berdiam diri saja biar nggak melalui konflik atau kegagalan. Namun, karena sikap mereka yang nggak positif ini, membuat mereka justru takut percaya kepada orang baru dan menjauhi orang lain.

Lingkungan yang Nggak Mendukung

Mereka yang lahir dan tumbuh dengan lingkungan yang kurang membahagiakan tentu akan mempengaruhi kepribadian mereka. Misalnya, ketika mereka sebenarnya sudah berusaha tapi tidak di apresiasi. Atau, mereka yang nggak punya tempat untuk bercerita. Sekalinya mereka bercerita bukannya didengarkan malah dianggap remeh oleh orang sekitarnya. 

Mereka berpikir daripada mereka diabaikan atau merasa gelisah dan malu ketika mengungkapkan sesuatu, maka lebih baik memendamnya saja. Kebiasaan ini yang membuat mereka memendam segala halnya dan menumpuknya dalam perasaan insecure. 

Ini Dampak Insecure yang Perlu Diwaspadai

insecure

Bicara tentang dampak insecure tentu dampak yang paling nyata adalah menurunnya kepercayaan diri dan mungkin saja kemampuan serta potensi yang ada dalam diri. Seseorang yang terus merasakan insecure akan fokus pada secuil kekurangan mereka dan lupa kalau mereka memiliki potensi berharga dalam diri mereka. 

Setiap orang memiliki masalah yang beragam, sehingga memiliki kekhawatiran, rasa cemas dan insecurity yang beragam pula. Coba yuk saling menghormati kondisi, setiap orang. Karena tidak semua yang kamu lihat itu, seperti apa yang kamu pikirkan. Kemudian untukmu yang masih betah merasakan insecure, yuk bangun! Kamu berharga dan unik dengan caramu sendiri.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.