Ini Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Mudah Berjerawat!
Skincare

Ini Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Mudah Berjerawat!

Memiliki masalah kulit wajah yang berminyak memang sangatlah menjengkelkan. Selain membuat tidak nyaman, wajah yang mudah berminyak juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Kebiasaan dalam sehari-hari terkadang menjadi penyebab kulit wajah berminyak yang tidak kamu sadari.

Jika kulit wajah kamu berminyak, saat menggunakan make up tentunya akan menjadi mudah luntur. Maka dari itu, permasalahan wajah ini perlu kamu atasi dengan cara yang tepat.

Kenali Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Kulit wajah berminyak bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Pada umumnya, kulit yang berminyak biasanya karena kelenjar sebasea memproduksi sebum yang jumlahnya cukup banyak. Produksi sebum yang berlebih menjadikan kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai macam penyebab wajah berminyak dan berjerawat berikut ini;

Faktor Genetik

penyebab kulit wajah berminyak

Salah satu yang bisa menyebabkan kulit wajah kamu berminyak yang sering terjadi yaitu akibat faktor genetik atau keturunan. Dimana permasalahan ini biasanya bisa kamu lihat dari tipe kulit keluarga kamu.

Pada umumnya, jika salah satu pihak orang tua punya kulit wajah yang mudah berminyak, keturunannya pun biasanya akan memiliki jenis kulit yang serupa.

Baca Juga:Kandungan Skincare untuk Kulit Kering Ini Bisa Bikin Kulit Kamu Lembab!

Terlalu Sering Cuci Muka

penyebab kulit wajah berminyak

Mencuci muka memang penting sekali kamu lakukan untuk menghilangkan kotoran, mengangkat debu, serta mengangkat minyak di wajah. Pada saat wajahmu berminyak, mungkin kamu ingin cepat-cepat mencucinya hingga semua minyak hilang.

Sebenarnya, mencuci muka merupakan solusi jangka pendek agar minyak di wajah kamu hilang dengan cepat saat itu.

Akan tetapi, jika kamu mencuci muka terlalu sering justru dapat mengakibatkan wajah menjadi kering. Bahkan dapat menjadikan kulit bereaksi untuk semakin banyak memproduksi minyak.

Agar kulit wajah kamu tetap sehat dan tidak memproduksi minyak berlebih, sebaiknya kamu mencuci wajah dengan sabun wajah sebanyak dua kali sehari saja, yaitu saat bangun tidur dan akan tidur. Jangan lebih dari itu agar wajah kamu tidak kering dan berminyak.

Ketidakseimbangan Hormon

penyebab kulit wajah berminyak

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak dan kusam. Hormon yang tidak seimbang bisa menjadikan kelenjar minyak memproduksi sebum yang jumlahnya berlebihan. Tak heran jika kulit wajah menjadi berminyak.

Pada umumnya, kondisi hormon yang tidak seimbang seperti ini muncul pada saat menstruasi, pemakaian kontrasepsi, kehamilan, menopause, dan masih banyak lagi faktor yang lainnya.

Baca Juga:Penting! Ketahui Bahan Skincare yang Tidak Boleh Dicampur Pemakaiannya

Tidak Memakai Pelembab

penyebab kulit wajah berminyak

Buat kamu yang kulit wajahnya berminyak, mungkin kamu seringkali menganggap jika penggunaan pelembab atau moisturizer bisa menjadikan kulit wajah semakin berminyak.

Padahal, moisturizer penting sekali buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak. Sebab, bisa menjaga kelembaban kulit dan bisa menjaga kulit agar terhidrasi dengan baik.

Terlebih lagi jika kamu dalam sehari-hari sering memakai obat jerawat yang didalamnya terdapat asam salisilat serta benzoil peroksida. Maka kulit kamu bisa menjadi lebih kering.

Maka dari itu, menggunakan pelembab bisa menjadi cara mengatasi kulit berminyak.

Penggunaan Skincare yang Tidak Tepat

penyebab kulit wajah berminyak

Penyebab kulit wajah berminyak selanjutnya juga bisa dipicu karena penggunaan produk skincare yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kulit kamu.

Sebagai contoh, kamu adalah orang dengan tipe kulit berminyak, akan tetapi justru memakai produk perawatan kulit yang ditujukan untuk kulit kering. Ini tentunya kurang tepat untuk kulit kamu.

Maka dari itu, jangan lupa memakai jenis skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Dengan begitu penggunaan skincare ini tidak menjadikan penyebab kulit wajah berminyak.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.