Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Menyembuhkan Pigmentasi Kulit Secara Alami
Skincare

Jangan Anggap Remeh, Begini Cara Menyembuhkan Pigmentasi Kulit Secara Alami

Wajah putih bersih pastinya jadi idaman tiap wanita. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan blemish di wajah, salah satunya adalah pigmentasi kulit. Selain orang dewasa, pigmentasi kulit atau bercak hitam ini juga bisa terjadi pada remaja, lho. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan pigmentasi kulit wajah?

Sebenarnya pigmentasi kulit ini bisa dicegah kalau Marshalova rutin pakai sunscreen sebelum beraktivitas. Sayangnya, tidak semua orang suka memakai sunscreen, terlebih lagi untuk pemilik kulit berminyak yang takut riasan jadi cakey kalau pakai sunscreen. Padahal, anggapan ini tak selamanya benar, lho. 

Jika terlanjur mengalami pigmentasi kulit wajah, kamu bisa menerapkan beberapa cara yang Marsha Beauty bagikan berikut ini untuk mengatasinya. 

Cara Mengatasi Pigmentasi Kulit Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

Pigmentasi kulit bisa kamu atasi dengan cara-cara alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Daripada penasaran, kita bahas satu per satu, yuk!

Hindari Paparan Sinar Matahari yang Berlebih

Sinar matahari jadi salah satu penyebab pigmentasi kulit wajah. Oleh karenanya, hindarilah paparan sinar matahari secara langsung dalam kurun waktu yang lama. Kalau kamu harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa pakai sunscreen yang punya kandungan minimal SPF 30. Semakin tinggi kandungan SPF-nya, maka semakin baik pula proteksinya. Saat memilih sunscreen, sesuaikan juga dengan tipe kulit kamu ya biar tidak menimbulkan masalah berlebih. 

Gunakan Skincare dan Makeup yang Tepat

Cara mengatasi pigmentasi kulit juga bisa dilakukan dengan menggunakan skincare dan makeup yang tepat. Tepat di sini bukan hanya sesuai dengan tipe kulit kamu saja, tapi juga memiliki komposisi yang bisa mengatasi bercak cokelat di kulit, seperti kandungan hyaluronic acid, niacinamide, AHA, rosehip oil, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa menyamarkan noda hitam, menghambat produksi melanin, sekaligus menutrisi kulit kamu.

Gunakan Lidah Buaya

Kalau kamu lebih suka cara alami, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi pigmentasi kulit akibat perubahan hormon atau melasma. Kandungan aloin yang terdapat di dalam lidah buaya berfungsi menahan produksi melanin dan mencerahkan kulit kamu, sehingga pigmentasi pun bisa teratasi. Tak harus dengan tanaman lidah buaya, kamu bisa pakai gel lidah buaya yang siap pakai biar lebih praktis. 

Gunakan Ekstrak Teh Hijau

Selain lidah buaya, ekstrak teh hijau juga bisa kamu pakai untuk mengatasi pigmentasi kulit, lho. Teh hijau ini berfungsi sebagai antioksidan dan mengatasi peradangan sehingga cocok untuk mengatasi sunburn dan melasma. 

Jika ingin melakukan perawatan yang minim efek samping, kamu bisa merebus teh hijau, lalu menggosokkannya ke bagian wajah ketika sudah dingin. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, pastikan kamu melakukannya secara rutin. 

Lakukan Peeling Wajah

Cara mengatasi pigmentasi kulit secara alami juga bisa kamu lakukan dengan peeling wajah. Kotoran, sel kulit mati, dan debu di wajah akan terangkat secara optimal ketika kamu melakukan peeling. Selain mengatasi pigmentasi akibat paparan sinar matahari, peeling juga bisa membuat tekstur kulit kamu jadi lebih halus. Bahkan, banyak peeling gel yang dilengkapi bahan-bahan tambahan yang menutrisi kulit dan membuatnya lebih lembap. 

Gunakan Sunscreen 

Meskipun sudah terlanjur mengalami pigmentasi, kamu tetap harus memakai sunscreen sebelum beraktivitas. Tujuannya agar kulit kamu lebih terlindungi dan pigmentasi tidak semakin parah. Apalagi banyak sunscreen yang menawarkan fungsi ganda untuk melindungi sekaligus menutrisi kulit wajah. 

Itu dia 6 cara mengatasi pigmentasi tanpa harus keluar banyak duit. Selamat mencoba ya, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.