Jangan Anggap Sepele, Berikut Ini Penyebab Nafas Bau Busuk!
Fragrance

Jangan Anggap Sepele, Berikut Ini Penyebab Nafas Bau Busuk!

Halitosis merupakan istilah medis untuk napas tidak sedap atau bau mulut. Lantas, apa saja penyebab nafas bau busuk? Munculnya bau tidak sedap tersebut umumnya diakibatkan oleh adanya bakteri yang berkembang liar di dalam mulut. Bakteri-bakteri tersebut menghasilkan belerang atau gas sulfur. Sehingga, saat Marshalova membuka atau membuang nafas melalui mulut, keluarlah aroma yang menyengat.

Terdapat berbagai hal yang bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab mulut menjadi aromanya tidak sedap. Mulai dari makanan yang Marshalova konsumsi kesehariannya, merokok, jarang menggosok gigi, dan lain sebagainya. 

Meskipun termasuk mudah diatasi, Marshalova yang mengalami bau mulut mungkin perlu perawatan dokter untuk mengobati kondisi tersebut. Sebab, mulut yang bau dapat juga menjadi pertanda dari kondisi medis yang serius.

Apakah Penyebab Nafas Bau Busuk?

penyebab nafas bau busuk

Faktanya, terdapat banyak sekali penyebab halitosis atau bau mulut. Mulai dari hal-hal simpel sampai dengan sebuah tanda kondisi medis yang lebih serius. Secara umum, kemungkinan penyebab bau mulut adalah sebagai berikut:

Mulut Kering

Kondisi mulut yang kering dapat menjadi penyebab mulut Marshalova mempunyai aroma yang tidak sedap. Mengapa demikian? Air liur memiliki fungsi yang berperan penting dalam memelihara kesehatan mulut, gigi, bahkan nafas sobat Marshalova. 

Berkurangnya produksi air liur dalam mulut bisa memudahkan kuman dan bakteri berkembang biak di dalamnya, dengan demikian menjadikan mulut berbau menyengat.

Baca Juga: Deretan Bath & Body Works Fragrance yang Paling Favorit, yang Mana Kesukaanmu?

Jenis Makanan Tertentu

Penyebab nafas bau busuk juga bisa dikarenakan oleh konsumsi jenis makanan tertentu. Seperti durian, bawang putih, petai, bawang merah, dan bumbu rempah tertentu meninggalkan bau khas di mulut sesudah sobat Marshalova memakannya. 

Darah akan menyerap makanan yang sudah berhasil dicerna oleh usus, kemudian dihembuskan keluar melalui paru-paru. Hal ini merupakan alasan napas Marshalova aromanya tidak sedap sesudah menyantap makanan yang memiliki bau tajam dan kuat.

Merokok

Perokok cenderung mempunyai bau nafas yang tidak sedap karena pengaruh dari zat-zat kimia yang terkandung pada rokok. Merokok bisa menurunkan produksi air liur di dalam mulut, sehingga mulut menjadi lebih kering.

Kebersihan Gigi yang Buruk

Penyebab nafas bau busuk juga diakibatkan adanya sisa-sisa makanan pada permukaan maupun sela gigi akan berubah jadi plak. Nah, plak ini merupakan lapisan lengket dan tipis yang diselimuti oleh bakteri. Jika Marshalova tidak memelihara kebersihan gigi dengan baik, maka plak bisa mengakibatkan bau mulut.

Obat-obatan Tertentu

Walaupun berfungsi untuk mengobati penyakit, obat yang sedang Marshalova minum dapat menjadi penyebab halitosis. Obat seperti antipsikotik, antihistamin, dan obat diuretik bisa memicu aroma tidak sedap pada mulut.

Sebab, jenis obat itu mempunyai efek samping mulut kering.

Infeksi pada Mulut

Aroma nafas yang tidak sedap juga bisa diakibatkan oleh adanya infeksi pada area mulut, hidung, dan tenggorokan. Jika Marshalova memiliki riwayat penyakit sinusitis, post-nasal drip, atau sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka lebih rentan mengalami bau mulut.

Asam Lambung Naik

Bau tidak sedap pada mulut, juga dapat dikarenakan asam lambung naik akibat GERD. GERD adalah keadaan saat asam lambung naik hingga kerongkongan dan mengiritasi lapisan tenggorokan.

Ketika asam lambung naik, biasanya akan mengalami perut mulas serta rasa asam atau pahit pada mulut. Efek lain yang juga bisa dirasakan yaitu bau mulut yang tidak sedap.

Apa Saja Gejala Halitosis?

Berdasarkan klasifikasinya, ada beberapa jenis halitosis, yaitu:

  • Genuine halitosis, merupakan halitosi yang bisa dirasa atau jelas.

  • Pseudohalitosis, adalah bau yang tak dirasakan oleh orang lain, walaupun pasien mengeluh mengenai kondisinya.

  • Halitofobia, yakni merasa mulutnya berbau meskipun sudah dilakukan pemeriksaan. Tetapi, belum ada pemeriksaan fisik yang jelas mengenai bau mulut ini.

Baca Juga: Minyak Pengharum Miss V, Rahasia Lebih Hangat dan Intim dengan Pasangan

Bagaimana Cara Mencegah Bau Mulut?

Terdapat banyak cara sederhana yang bisa Marshalova lakukan guna mencegah bau mulut.

  • Sikat gigi secara rutin.

  • Membersihkan lidah.

  • Melakukan flossing gigi.

  • Pakailah obat kumur.

  • Hindari merokok.

  • Bijak dalam memilih makanan.

  • Perbanyak makan sayur dan buah.

  • Minum air putih.

Nah, itu tadi beberapa penyebab nafas bau busuk dari Marsha Beauty. Jika kondisi bau mulut menjadikan Marshalova dan orang di sekitar semakin terganggu, maka tak ada salahnya untuk lekas berkonsultasi ke dokter.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.