Jangan Asal Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Simak Triknya
Skincare

Jangan Asal Begini Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Simak Triknya

Cara mengetahui jenis kulit wajah yang tepat, bisa membantu kamu menentukan metode perawatan yang tepat pula. Pasalnya, perawatan kulit tidak boleh diabaikan. Jika masih asal-asalan dikhawatirkan akan timbul berbagai gangguan kesehatan kulit lainnya.

Marshalova tahu tidak, sih, umumnya kulit manusia terbagi menjadi 4 jenis yaitu kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Nah, dalam kondisi tertentu, masing-masing kulit memiliki cara perawatan dan penanganan yang berbeda pula.

Jika penanganan yang kamu lakukan tidak benar, maka kesehatan kulit akan terganggu. Oleh karena itu, mengenali dan memahami jenis kulit sudah pasti penting, bukan?

Cara Gampang dan Praktis Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Pada dasarnya, jenis kulit ditentukan oleh faktor genetika. Namun, tanpa kamu sadari ada beberapa hal tertentu yang bisa saja merubah jenis kulitmu. Ini membuatmu harus peka memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulitmu sendiri. Lantas, sulitkah mengetahui jenis kulit wajah itu? Gampang kok. Simak panduannya berikut ini. 

Mencubitnya

cara mengetahui jenis kulit wajah

Cara ini terbilang cukup simpel. Hanya dengan mencubit kulit wajah, kamu bisa tahu, apakah kulit wajahmu berminyak atau termasuk kulit normal. Namun, mencubitnya sewajarnya saja, ya!

Jika saat disentuh kulit akan terasa kenyal dan lembut, maka jenis kulitmu adalah normal. Akan tetapi, jika saat disentuh kamu merasakan sensasi lengket, maka kulitmu adalah berminyak. Berbeda halnya pada kulit kombinasi, sensasi lengket hanya akan muncul pada daerah T-zone saat kamu menyentuhnya, namun area kulit wajah yang lain tampak kering.

Baca:Rekomendasi Skincare Pengecil Pori-Pori untuk Kulit Wajah Kamu

Pakai Tape Test

cara mengetahui jenis kulit wajah

Tes untuk mengetahui jenis kulit selanjutnya juga mudah Girls terapkan yaitu menggunakan tape test. Cukup dengan menempelkannya ke area wajah kemudian diamkan beberapa saat. Namun, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu. 

Jika selotip tidak menempel pada wajah, maka dapat dipastikan kamu memiliki kulit berminyak. Namun, jika selotip mudah menempel dan dilepas, maka kulitmu termasuk jenis normal. 

Berbeda halnya dengan jika kulitmu adalah kulit kering, maka selotip lebih mudah menempel. Namun, akan ditemukan serpihan kulit kering menempel pada selotip saat kamu melepasnya. 

Pakai Tisu

cara mengetahui jenis kulit wajah

Tisu bukan hanya sekedar lap keringat atau untuk mengeringkan tangan saja. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai cara untuk mengetahui kulit wajah sensitif atau tidak. Caranya mudah, yakni hanya dengan menempelkan selembar tisu di area kulit wajah. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulainya.

Pastikan wajah dalam kondisi bersih. Cukup bersihkan dengan air bersih saja. Setelah kering, barulah tempelkan tisu pada area wajah atau T-Zone (dagu, hidung, dan juga dahi). Diamkan selama 1 jam. Lakukan langkah ini setelah bangun tidur pagi. Dalam tes ini tidak disarankan memakai berbagai jenis pelembab, serum, atau sebangsanya. 

Nah, jika tisu yang ditempelkan tidak menyerap minyak, maka kulitmu adalah normal. Akan tetapi, jika kulit wajah terlihat berkilau, maka jenis kulitmu adalah berminyak. 

Baca:5 Rekomendasi Pelembab Lokal untuk Kulit Kering Dan Mencerahkan

Lantas, bagaimana hasil tes yang menunjukkan kulit kering? Setelah melakukan tes ini maka kulit akan terasa lebih kencang dari sebelumnya. Lain halnya jika tisu menyerap keringat pada area T-Zone, kemungkinan besar jenis kulitmu adalah kulit kombinasi.

Lalu, kulit kombinasi itu seperti apa, sih? Jenis kulit ini merupakan perpaduan dari beberapa jenis kulit dan merupakan tipe kulit yang paling umum. Adapun ciri khasnya yaitu meski di area tertentu kulit terasa berminyak, namun pada area kulit wajah lain justru terasa normal, kering, bahkan sensitif. Faktor penyebab kulit kombinasi adalah cuaca dan kelembaban. 

Nah, sekarang sudah tahu, kan bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah yang mudah? Terapkan sekarang dan temukan metode perawatan wajah yang tepat sesuai jenis kulitmu, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.