Jangan Asal Pilih Hair Tonik Anti Ketombe, Gampang Kok! Begini Caranya
Hair

Jangan Asal Pilih Hair Tonik Anti Ketombe, Gampang Kok! Begini Caranya

Rambut berketombe dan rontok adalah masalah yang umum terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan serangkaian produk hair tonik anti ketombe. Faktor pemicu munculnya ketombe adalah jarang keramas dan malas menjaga kebersihan rambut.

Orang yang bermasalah dengan ketombe sering kali merasa malu dan minder karena ketombe yang jatuh akan membuat pakaian menjadi kotor. Belum lagi apabila yang muncul adalah ketombe basah, baunya sudah pasti sangat mengganggu.

Hair Tonik Anti Ketombe dan Cara Tepat Memilihnya

Selain enggan menjaga kebersihan rambut, faktor eksternal munculnya ketombe adalah produksi minyak berlebih pada kulit kepala, stress, dan perubahan hormon.

Bahkan penyakit tertentu juga menjadi pemicu timbulnya ketombe, seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, psoriasis, dan sensitif dengan kandungan tertentu yang terdapat pada shampoo. Berikut adalah cara memilih hair tonik anti ketombe yang tepat.

Kenali Jenis Rambut 

Sebelum membeli hair tonic, kenali dulu jenis rambutmu. Tonik yang sesuai dengan jenis rambut mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih baik. Pilihlah tonic rambut yang sesuai kebutuhan saja. Jika Marshalova mengalami gatal kulit kepala sebab ketombe, pilih tonic untuk rambut berketombe saja.

Baca:Bagaimana Cara Menghitamkan Rambut dengan Alami Tanpa Semir? Cek Yuk!

Efektivitas Produk

Bahan-bahan yang terkandung dalam hair tonic sangat menentukan efektivitas brand pertumbuhan rambut. Tonik rambut yang baik harus mengandung bahan peningkat

bertumbuhnya rambut, seperti vitamin, biotin, asam lemak omega, seng, dan zat besi. Kamu bisa mencermati bahan-bahan ini pada bagian komposisi produk.

Khusus untuk hair tonic ketombe, pilihlah yang mengandung Octopirox karena terbukti efektif membersihkan kulit kepala dan mencegah ketombe. Hair tonik dengan kandungan akar ginseng dan ekstrak lidah buaya mampu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Detox untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Untuk kamu yang ingin meningkatkan pertumbuhan rambut, ada baiknya memilih produk tonik yang mampu membantu men-detoksifikasi kulit kepala. Cara amannya adalah dengan memilih tonik rambut herbal.

Tonik rambut akan mengaktifkan pertumbuhan rambut karena mampu melembutkan rambut sekaligus memberantas ketombe dan kotoran yang bersarang di kulit kepala.

Jenis-jenis Hair Care

Meskipun beberapa produk rambut dapat dipakai dalam keseharian, tetapi kamu perlu memperhatikan cara penggunaan dan jenis produknya. Jika Marshalova berencana mengkombinasikan tonic dengan produk perawatan rambut lainnya, maka pilihlah hair tonic yang bebas atau bahkan tidak mengandung minyak sama sekali.

Toner tanpa kandungan minyak cenderung lebih ringan dan tidak akan mempengaruhi produk lain yang kamu gunakan. Namun jika Marshalova menghendaki tonik rambut yang mengandung minyak, sebaiknya jangan berbarengan dengan produk perawatan rambut lainnya.

Baca:Atasi Rambut Rontok dan Tipis dengan Shampo Natur untuk Menebalkan Rambut, Kandungannya Bisa Menutrisi Rambutmu

Teknik Pemakaian Tonik Rambut

Cara pemakaian hair tonik anti ketombe yang tepat juga menjadi indikator pencegahan rambut rontok dan ketombe. Beberapa produk tonik rambut mempunyai teknik pemakaian yang sama, yakni:

  • Tuangkan produk hair tonic ke telapak tangan, kemudian ratakan ke kedua telapak tangan.

  • Teknik pengolesan hair tonic yakni memulai dari garis rambut, dan arahkan tangan Anda menuju belakang kepala. Pijatkan tonik merata ke seluruh bagian rambut.

  • Apabila jari-jari tangan terasa kering saat menyentuh kulit kepala, ulangilah langkah awal tadi.

  • Lakukan pemijatan kulit kepala selama 1-2 menit untuk memastikan produk meresap dan memberikan manfaat secara optimal. Selain itu, pijatan tersebut akan memperlancar peredaran darah di area kepala.

  • Kemudian lanjutkan mengoles hair tonic sekaligus memijat kulit kepala dari bagian belakang leher hingga ke garis rambut. Pastikan kamu tidak melewatkan satu bagian pun.

Nah, sekarang pilihan hair tonik anti ketombe apa yang cocok dengan jenis kulit kepalamu?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.