Jangan Dianggap Sepele, Begini Bahaya Skincare untuk Busui Anda Wajib Tahu!
Skincare

Jangan Dianggap Sepele, Begini Bahaya Skincare untuk Busui Anda Wajib Tahu!

Bahaya skincare untuk busui sering kali membuat banyak busui lebih memilih tidak menggunakan skincare. Padahal sebenarnya penggunaan skincare pada busui masih saja boleh dilakukan asalkan memperhatikan kandungan skincare tersebut.

Penggunaan skincare dengan kandungan yang salah dipercaya dapat mempengaruhi kandungan asi ibu dan berpengaruh pada bayi. Dikhawatirkan akibat penggunaan skincare yang tidak tepat, ASI jadi mengandung bahan berbahaya yang berasal dari skincare tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Paling Ampuh

Bahaya Skincare Untuk Busui, Hingga Berefek Samping Pada Anak

Meski begitu, kamu yang sedang menyusui bukan berarti tidak diperbolehkan menggunakan skincare karena, kamu tetap bisa menggunakan skincare. Apalagi biasanya setelah melahirkan perempuan sering mengalami berbagai permasalahan kulit yang harus segera diatasi.

Jadi, penggunaan skincare masih bisa digunakan oleh busui asalkan memperhatikan kandungan yang ada di dalam skincare pastikan kandungannya aman. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa kandungan berbahaya pada skincare yang tidak boleh digunakan oleh busui.

Retinoid dan Retinol

Bahaya skincare untuk busui adalah kandungan retinoid dan retinol dalam skincare. Sebenarnya retinoid dan retinol merupakan Vit A. Kandungan ini tidak diperbolehkan untuk digunakan para ibu menyusui karena, kandungan ini akan mempengaruhi kualitas ASI.

Meskipun kandungannya dapat mengatasi masalah kulit berpori besar hingga berjerawat namun, sebaiknya ketika menyusui hindari kandungan ini. Selama menyusui konsumsi vit A dalam dosis yang tinggi tidak dianjurkan karena dapat berpotensi mengancam kesehatan bayi.

Asam Salisilat

Kandungan skincare yang harus dihindari oleh busui berikutnya adalah asam salisilat. Kandungan ini memang cukup umum didengar. Biasanya asam salisilat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dan menghilangkan komedo putih pada wajah.

Penggunaan asam salisilat dengan dosis yang tinggi ternyata sangat berbahaya bagi bayi karena, dapat menyebabkan Sindrom Reye. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan pada otak dan hati bayi karena itu, lebih baik menghindari kandungan ini.

Hydroquinone

Bahaya skincare untuk busui bisa sangat berpengaruh pada bayi apalagi penggunaan skincare yang mengandung Hydroquinone. Kandungan ini dikenal sebagai bahan yang akan membantu memutihkan kulit, mengatasi pigmentasi, hingga bekas jerawat pada wajah.

Meskipun begitu, ternyata kandungan ini sangat tidak aman jika digunakan oleh ibu yang sedang menyusui karena, dapat mempengaruhi perkembangan bayi. Kandungan Hydroquinone juga dapat membuat perubahan pada warna mata, kulit, dan gigi bayi.

Paraben

Paraben biasanya digunakan sebagai pengawet dalam produk skincare. Kandungan ini sebaiknya tidak digunakan pada busui. Karena, ternyata kandungan ini bisa sangat berbahaya bagi bayi karena, termasuk bahan kimia yang cukup berbahaya.

Jika ibu menggunakan produk dengan kandungan paraben yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan kimia dalam tubuh. Jumlah parabean yang terlalu banyak dapat mempengaruhi sistem endokrin pada bayi, padahal bahan ini cukup sensitif untuk bayi.

Tetracycline

Bahan skincare berikutnya ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada ibu hamil hingga ibu menyusui. Karena, dalam skincare yang mengandung Tetracyclin akan sangat berpengaruh pada bayi dan mengganggu kesehatannya.

Baca juga: Biar Muka Glowing Pake Apa Ya? Yuk Cari Tahu di Sini!

Pewangi Sintetis

Sebaiknya busui juga menghindari produk skincare yang mengandung pewangi sintetis seperti phthalates karena, akan mengganggu kesehatan bayi. Bahan ini dapat mengganggu sistem endokrin pada bayi dan mengganggu produksi alami hormone bayi.

Bahaya skincare untuk busui tergantung dengan kandungan skincare itu sendiri karena itu, sebaiknya hindari pewangi sintetis. Agar tidak mengganggu kesehatan bayi apalagi pewangi sintetis biasanya pasti juga mengandung bahan kimia yang seharusnya tidak terkena bayi. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.