Jangan Dibiarkan, Ini Bahaya Kuku Panjang bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tau!
Nails

Jangan Dibiarkan, Ini Bahaya Kuku Panjang bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tau!

Sejumlah tren yang muncul di dunia kecantikan bikin kita tertarik buat mencobanya, ya. Buat kamu yang suka menghias kuku, misalnya, ada nail polish atau kuteks warna-warni yang cocok buat nail art. Bukan cuma itu, Marshalova, beberapa orang sampai sengaja memanjangkan kuku supaya bisa melukis kukunya sesuka hati. Perlu dipertimbangkan antara manfaat kosmetik dengan bahaya kuku panjang bagi kesehatan.

Kuku panjang yang dianggap aesthetic bisa membawa masalah kalau kamu tak tahu cara merawatnya. Jadi sebelum mengambil langkah tersebut, sebaiknya kamu ketahui dulu bahaya kuku panjang bagi kesehatan. Marsha Beauty sudah menyiapkan ulasannya buat kamu di sini.

Baca Juga: Bikin Kuku Makin Kinclong, Berikut Alat Manicure Pedicure dan Fungsinya

Mengapa bahaya kuku panjang bagi Kesehatan perlu diperhatikan?

Berdasarkan sejumlah penelitian, kuku jari rata-rata tumbuh sepanjang 3,47 milimeter per bulan. Fakta tersebut membantu orang-orang yang berniat memanjangkannya, terutama buat alasan estetik seperti nail art. Akan tetapi tanpa didampingi perawatan, kuku panjang bakal membawa dampak buruk seperti:

Jadi tempat bersarangnya kuman

bahaya kuku panjang bagi kesehatan

Setiap hari, kamu pasti menyentuh atau memegang barang. Tanpa disadari kotoran dan kuman dari permukaan benda akan berpindah ke jari dan kukumu. Dengan kuku panjang, paparan kuman yang pindah pun bakal semakin banyak. Potensinya menjadi tempat bersarangnya kuman pun semakin besar saat kamu jarang membersihkannya.

Jadi kalau seandainya kamu bukan tipe yang mau repot membersihkan kuku panjang, pertimbangkan dulu sebelum memutuskan menumbuhkannya, ya.

Menyebabkan luka pada jari dan kuku

bahaya kuku panjang bagi kesehatan

Bahaya kuku panjang akan mengenai jari dan kuku juga dengan menciptakan luka yang seringnya tak kamu sadari kemunculannya. Kamu yang belum terbiasa punya kuku panjang bakal lebih mudah kena goresan, cakaran, atau tusukan. Hal tersebut pastinya membuat kamu kurang nyaman selama beraktivitas, bukan?

Dampak ini pun bukan cuma melukai kuku dan jarimu. Orang-orang yang sedang melakukan sesuatu di sekitarmu bakal terkena bahaya kuku, lho!

Baca Juga: Cara Membersihkan Kuku yang Benar Agar Kuku Tumbuh Sehat Alami

Kuku rentan patah dan rusak

bahaya kuku panjang bagi kesehatan

Bagian ujung kuku biasanya akan menipis saat kamu panjangkan. Kalau kurang hati-hati, kukumu bakal mudah patah atau rusak. Malah kamu juga bakal merasakan sakit, sehingga jemarimu kesulitan melakukan berbagai hal. Patahan kuku yang cukup parah pun mau tak mau memaksamu buat memotong kuku tersebut hingga mencapai panjang normal.

Dalam kasus yang lebih ekstrem, kuku yang patah dan rusak bisa menyebabkan pendarahan pada jaringan kuku. Bikin ngilu, kan, membayangkannya?

Jadi sumber infeksi

bahaya kuku panjang bagi kesehatan

Sumber infeksi adalah bahaya kuku panjang yang harus kamu antisipasi sejak dini. Saat kuku jarang dibersihkan dan kamu langsung menggunakannya buat makan, risiko seperti diare, keracunan makanan, dan gangguan sistem pencernaan lainnya bakal mengintai. Masuknya kotoran dan kuman tersebut bakal menyebabkan infeksi yang lebih parah kalau tak segera ditangani.

Selain itu, infeksi pun dapat terjadi saat kamu mulai menggigiti kuku (nail biting). Menghentikan kebiasaan ini memang sulit, tetapi harus segera dilakukan sebelum kamu dapat efek lebih parah.

Tips menjaga kesehatan kuku panjang

bahaya kuku panjang bagi kesehatan

Tidak mau mengalami dampak buruk di atas? Kamu bisa melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kuku panjang. Di antaranya mencuci bagian bawah kuku memakai sabun dan air atau sikat khusus kuku. Bersihkan juga alat-alat yang Anda pakai buat treatment atau nail art untuk mencegah masuknya kuman dan kotoran.

Jika memungkinkan, kamu kunjungi dokter atau ahli untuk mendiskusikan rencana menumbuhkan kuku. Jadi, kamu tahu kondisi kesehatan kuku jari dan cara tepat buat memeliharanya supaya tetap sehat. Alhasil, bahaya kuku panjang untuk kesehatan pun bisa ditekan. Selamat memanjangkan kuku!

Sumber : klikdokter

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.