Jangan Dipelihara, Yuk Kenali Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Overthinking
Lifestyle

Jangan Dipelihara, Yuk Kenali Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Overthinking

Overthinking adalah kondisi di mana seseorang memikirkan suatu hal dengan mendalam dan menyita waktu orang tersebut. Nggak jarang overthinking menyebabkan seseorang merasa cemas, panik, hingga takut secara berlebihan. 

Apakah kamu termasuk orang yang overthinking, Girls? Bahasan kali ini agak berbeda ya, Marsha Beauty akan mengajak mengenali diri kamu sendiri lebih dalam lagi, dan mengenali lebih detail tentang overthinking.

Penyebab Overthinking

Penyebab seseorang merasakan overthinking pun sebenarnya berbeda-beda dan sangat mendasar pada kegiatan sehari-hari ya, Girls. Ada yang karena ingin mengikuti ujian, karena ingin memulai suatu hal baru, hingga karena takut yang nggak beralasan.

Nah, untukmu yang sering merasakan overthinking nggak beralasan inilah yang harus mulai mengontrol diri. Kalau nggak, kamu akan terus terjebak dalam perasaan cemas dan takut atas apapun itu. 

Dalam sebuah jurnal psikologi dikatakan bahwa, mereka yang mengalami overthinking sebenarnya sedang memikirkan kemungkinan terburuk atas suatu hal yang mereka sedang jalani. Sebagai contoh, Marsha besok ingin menjalani interview kerja di suatu perusahaan, maka satu hari sebelumnya, pikiran Marsha dipenuhi kemungkinan terburuk yang akan terjadi dalam momen interview tersebut. 

Sayangnya, alih-alih overthinker mempersiapkan diri untuk melewati kemungkinan terburuk tersebut, mereka malah fokus pada kegagalan dan keburukan yang akan terjadi pada mereka. Jadi, sebenarnya, mereka yang merasakan overthinking ini justru membuang-buang waktu mereka, bukannya mempersiapkan diri untuk menghadapi masalahnya. 

Tanda-Tanda Overthinking 

Nah, apa sih tanda-tanda overthinking? Beberapa hal di bawah ini mungkin pernah kamu alami dan secara tidak kamu sadari hal tersebut adalah tanda overthinking. Yuk, kenali tanda-tandanya di bawah ini

Cenderung Memikirkan Sisi Negatif dari Suatu Tantangan

Jika kamu melalui suatu masalah dan tantangan, bukannya kamu memikirkan cara keluarnya, kamu justru meromantisasinya dengan bersedih, merasa gagal, bahkan malu pada masalah tersebut. Sedih, mungkin sebentar saja boleh. Namun, seharusnya kamu langsung mencari jalan keluar dari rasa nggak nyamanmu itu. 

Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Semua orang tampaknya selalu berlomba-lomba membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Nyatanya, setiap manusia diberikan keunggulan dan kebaikannya masing-masing kok! Nggak ada yang lahir tanpa kemampuan atau kebaikan dalam hatinya. 

Biasanya, overthinker seringkali membandingkan pencapaian, kemampuan, dan penampilan dirinya dengan orang lain. Semakin memikirkan hal itu, tentu semakin dalam rasa kecewa dan overthinking dalam dirinya. Kemudian, yup semakin nggak berhasil juga apapun yang ia kerjakan. Duh, ini sih sabotase diri sendiri ya namanya, Girls! 

Selalu Berfikir, tapi Nggak Berubah Juga. 

Tanda-tanda yang terakhir ini sih tentu yang paling mengganggu ya, Girls. Gimana nggak, bukannya berusaha untuk menjadi lebih berhasil, produktif, dan sukses dari sebelumnya, tapi si overthinker ini justru berpikir terus tanpa ada tindakan yang nyata. Mereka khawatir, merenung, bingung, dan takut atas kesuksesan orang lain. Sayangnya, justrus diri mereka sendiri nggak maju-maju! 

Cara Mengatasi Overthinking 

Kunci untuk mengatasi overthinking terletak pada dirimu sendiri, karena yang bisa mengontrol dan paling mengerti dengan keadaanmu adalah dirimu sendiri. Marsha Beauty akan memberikan tips dan cara bagaimana mengatasi overthinking berikut ini:

Tuliskan Kekhawatiranmu 

Alih-alih kamu berdiam diri dan meratapi rasa cemasnya, cobalah mencatat seputar overthinking-mu itu di handphone atau kertas. Tuliskan apa penyebabmu merasakan cemas, dan langkah apa yang sedang kamu usahakan. Kesannya memang terlalu teoritis, tapi kalau kamu menuliskan dan memahaminya, kamu akan jadi lebih terstruktur untuk mengambil cara menghilangkan overthinking itu. 

Berusaha Tenang Sebelum Melakukan Hal yang Menjadi Sumber Overthinking

Jika kamu merasakan overthinking karena ingin melewati ujian, maka berhenti belajar atau melakukan apapun ketika ingin melewatinya. Berikan jeda pada dirimu sendiri untuk dapat bernafas, mendengarkan lagu, dan berdoa agar kegiatan yang menyebabkan overthinkingmu ini dapat dilalui. Cara ini tentunya dikhususkan untukmu yang sudah berusaha semaksimal mungkin juga ya! Kalau kamu nggak berusaha sih, tentu akan ada kemungkinan untuk gagal!

Mengatur Nafasmu 

Melakukan pernafasan yang dalam dan perlahan akan memperlambat detak jantungmu yang berdegup lebih cepat karena overthinkingmu. Caranya, tarik nafasmu perlahan selama dua detik, rasakan perutmu yang mengembang, kemudian dorong perutmu saat menghembuskan nafasmu kembali. Ulangi perlahan hingga kamu merasa rileks. 

Berusaha dengan Semaksimal Mungkin

Ini adalah poin yang kurang dilakukan para overthinker! Mereka nggak berusaha mengatasi overthinkingnya dengan baik. Kalau kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, setidaknya kamu nggak akan menyesal karena kamu sudah mengupayakan banyak hal. So, daripada kamu cemas memikirkan sesuatu. 

Nah, mulai sekarang Marshalova nggak boleh lagi overthinking terhadap sesuatu ya! Lebih baik mengusahakannya dahulukan daripada mikirin yang nggak-nggak?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.