Jangan Diremehkan, Berikut Ini Manfaat Makan Sahur Baik Untuk Kesehatan
Lifestyle

Jangan Diremehkan, Berikut Ini Manfaat Makan Sahur Baik Untuk Kesehatan

Ada beragam manfaat makan sahur bagi kesehatan. Manfaat tersebut tentunya akan membuat rutinitas ini tidak boleh kamu tinggalkan ketika puasa. Sahur terjadi pada jam-jam sebelum fajar ketika periode puasa serta merupakan bagian yang cukup penting dari bulan Ramadhan. 

Tetapi kerap kali orang yang menjalan ibadah puasa melewatkan makan sahur sehingga sulit untuk berpuasa sepanjang hari. Tubuh jadi lemah dan tidak ada energi saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Lalu apa manfaatnya? Yuk Marshalova simak ulasan berikut ini.

Manfaat Makan Sahur Bagi Kesehatan yang Kerap Kali Orang Lewatkan

Manfaat Makan Sahur

Umat Islam yang sebentar lagi akan menjalani ibadah Puasa maka disarankan untuk makan sahur secukupnya saja. Makan sahur tentunya bukan hanya penting sebagai modal ketika berpuasa.

 Namun hal itu juga memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat sahur bagi kesehatan yang jarang sekali orang tidak ketahui dan bahkan mereka melewatkannya.

Para dokter juga sudah mengkonfirmasi jika sahur lebih penting daripada makan ketika berbuka puasa. Sebab sahur sangat membantu semua orang untuk menjalankan puasanya dengan lancar. 

Nah, ketika waktu sahur tiba usahakan terlebih dahulu untuk minum air putih serta makan makanan yang banyak mengandung cairan untuk dapat memastikan Marshalova tetap terhidrasi dengan baik. 

Selain itu juga konsumsi makanan yang memiliki kandungan serta cukup tinggi. Hal ini dilakukan untuk membuat kamu merasa lebih kuat serta bisa membantu pencernaan supaya tidak sembelit. Untuk itu berikut ini beberapa manfaat sahut antara lain.

Baca Juga :Ingin Berat Badan Ideal? Lakukan Pola Makan Diet Sehat Dengan Tepat

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makan sahur bisa membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa. Ahli kesehatan percaya bahwa makan sahur, maka sistem kekebalan tubuh bisa jadi lebih baik. Tetapi perlu kamu ingat, manfaat sahur yang satu ini bisa didapatkan jika kamu konsumsi makanan yang bernutrisi serta bergizi di waktu sahur tiba.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Pola makan yang teratur selama sahur serta berpuasa sebenarnya bisa membuat pencegahan gangguan pencernaan. Perlu diingat, Marshalova haruslah menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung ketika makan sahur dilakukan. 

Selain itu juga pastikan bahwa asupan makan yang dikonsumsi ketika sahur juga memiliki berbagai macam nutrisi yang penting.

3. Bantu Meminimalisir Terkena Penyakit yang Disebabkan Sindrom Metabolik

Makan sahur diklaim bisa bantu mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya contohnya seperti stroke serta diabetes yang disebabkan oleh sindrom metabolik. Apa itu? Sindrom metabolik adalah suatu kondisi dimana kesehatan yang memburuk serta terjadi secara bersamaan. Hal tersebut bisa diindikasi dengan melalui naiknya tekanan darah, kolesterol, gula darah, serta penumpukan lemak.

4. Sumber Energi

Jika kamu tidak melupakan untuk makan sahur maka hal itu bisa jadi sumber energi yang baik ketika berpuasa nanti. Maka dari itu, kamu lebih disarankan untuk konsumsi makanan yang bergizi selam sahur dimana makanan yang kamu makan memiliki kandungan protein, serta, mineral, karbohidrat, dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Jangan lupa juga kamu harus konsumsi air yang cukup saat sahur supaya tubuh tetap terhidrasi selama menjalani puasa.

Baca Juga :Inspirasi Padu Padan OOTD Rok Plisket dan Cardigan Simple Nan Modis

5. Mencegah Kehilangan Massa Otot

Sahur sudah terbukti akan bantu perbaiki tingkat metabolisme serta dapat mencegah hilangnya massa otot selama kamu berpuasa. Tetapi menu makan sahur juga harus terpenuhi akan komposisi sehatnya. 

Makanan ketika sahur ada baiknya wajib memiliki kandungan protein yang ideal. Protein sangat penting untuk pertumbuhan serta perbaikan jaringan tubuh, terutama otot. Nutrisi juga penting di dalam menghasilkan energi serta penurunan berat badan. 

Protein ini sifatnya mengenyangkan, berarti kamu akan merasa kenyang lebih lama. Cobalah untuk makan daging merah, tempe, telur, ayam, tahu serta kacang-kacangan. Manfaat makan sahur bisa kamu simak seperti di atas ya Marshalova.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.