Jangan Keliru, Ini Cara Mengurangi Minyak di Wajah Dengan Tepat!
Skincare

Jangan Keliru, Ini Cara Mengurangi Minyak di Wajah Dengan Tepat!

Kulit wajah yang berminyak terjadi akibat produksi sebum yang berlebihan. Minyak alami sebenarnya berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi bila terlalu banyak justru menimbulkan masalah kulit. Maka dari itu, pemilik oily skin cukup rentan mengalami jerawat, komedo, hingga wajah yang terlihat kusam. Marsha Beauty, apakah kamu salah satunya? Tenang saja, kamu bisa melihat cara mengurangi minyak di wajah dengan pemakaian skin care yang tepat. Yuk, simak berikut ini.

Cara Mengurangi Minyak di Wajah Menggunakan Rangkaian Skin Care 

Untuk mengatasi minyak berlebih di wajah, memang harus dilakukan dengan cara yang tepat. Alhasil, wajah menjadi rentan berjerawat, kusam, berjerawat, muncul bruntusan, hingga menjadi kering. Banyak faktor penyebab wajah semakin berminyak, mulai dari faktor genetik, cuaca, pemakaian skin care yang tidak tepat, hingga kandungan produk yang tidak cocok. Biar kamu nggak salah lagi, bisa simak cara mengatasi minyak berlebih pada wajah di bawah. 

Mencuci Wajah Secara Rutin

cara mengurangi minyak di wajah

Membersihkan wajah bagian paling pertama dan utama dalam rangkaian skin care. Cara menghilangkan muka berminyak cukup dengan mencuci wajah secara rutin, sehingga kotoran, polusi, minyak berlebih, hingga sisa make up dapat terangkat sempurna. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah dengan kandungan khusus yang mengatasi minyak berlebih, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan BHA yang dapat membersihkan minyak sekaligus mengecilkan pori-pori. 

Selain itu, gunakan pembersih wajah berbahan busa atau facial foam karena efektif mengatasi minyak. Cucilah wajah maksimal dua kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari. Sebaiknya, tidak mencuci wajah berlebihan karena membuat produksi minyak alaminya berkurang.

Mengaplikasikan Pelembap Setiap Harinya

cara mengurangi minyak di wajah

Girls, apakah kamu masih suka beranggapan kalau pelembap hanya untuk kulit kering saja? Jika iya, artinya kamu salah besar. Pelembap tidak hanya untuk wajah yang kering saja, melainkan untuk semua tipe kulit sekalipun wajah berminyak. 

Pelembap berfungsi mengontrol produksi sebum, sehingga mencegah minyak berlebihan pada wajah. Rutin menggunakan pelembap juga termasuk salah satu cara menghilangkan minyak di wajah. Namun, pilihlah jenis pelembap yang bersifat oil free agar menjaga kelembapan tanpa membuatnya semakin berminyak. 

Menggunakan Sunscreen Saat Beraktivitas 

cara mengurangi minyak di wajah

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit, seperti meningkatnya produksi sebum, penuaan dini, kulit kusam, dan munculnya flek hitam. Untuk itu, kamu wajib menggunakan sunscreen saat di dalam ataupun di luar ruangan.

Kalau kamu sering berada di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF yang tinggi sebelm beraktivitas. Jika kamu pemilik kulit berminyak, bisa menggunakan sunscreen dengan tekstur gel agar menghilangkan minyak di wajah.

Menggunakan Clay Mask Secara Rutin

cara mengurangi minyak di wajah

Untuk mengatasi masalah wajah yang berminyak, kamu juga perlu mengaplikasikan masker wajah secara rutin. Kamu bisa menggunakan clay mask atau masker lumpur, gunakan dua kali saja dalam seminggu. Clay mask ini dapat membantu mengontrol minyak, mengeluarkan minyak berlebih, hingga membersihkan pori-pori tersumbat. Sebaiknya, jangan digunakan berlebihan agar wajah tidak tampak kering. 

Menggunakan Blotting Paper 

cara mengurangi minyak di wajah

Blotting paper atau yang disebut juga kertas wajah ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan wajah berminyak. Kertas wajah ini dapat menghilangkan minyak tanpa membuat wajah terasa kering. Cara menggunakannya mudah, kamu hanya menempelkan pada bagian wajah yang berminyak. Jangan disapukan atau digosok ke seluruh wajah, cukup tempelkan dengan lembut saja. Buat kamu yang suka make up bakalan butuh sama produk ini. 

Cara mengurangi minyak di wajah nggak sulit, kan?  Yuk, jangan sampai keliru menggunakan skin care, ya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.