Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Balayage dan Highlight yang Harus Kamu Ketahui
Hair

Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Balayage dan Highlight yang Harus Kamu Ketahui

Girls, apakah kamu ingin mewarnai rambutmu namun bingung sekali ingin menggunakan teknik apa? Banyak sekali teknik pewarnaan rambut di luar sana yang telah mendominasi style anak muda saat ini, namun belum tahu apa yang membedakannya. Ya, seperti perbedaan balayage dan highlight.

Balayage dan highlight adalah dua teknik mewarnai rambut yang tampaknya sering membingungkan kebanyakan perempuan. Padahal sih hasil akhir kedua teknik ini cenderung terlihat sangat berbeda. Kalau kamu baru pertama kali mewarnai rambut, coba yuk pahami apa yang membedakan keduanya!

Perbedaan Balayage dan Highlight

Kalau kamu sedang mempertimbangkan untuk segera mewarnai atau mengganti gaya rambut, tetapi tidak dapat menemukan teknik mana yang terbaik untuk dicoba antara highlight dan balayage, tenang saja! Kamu bisa mencoba menemukan apa perbedaan dari keduanya di sini!

1. Pengertian

Girls, kamu mungkin pernah melihat kata "balayage" berulang kali di internet selama beberapa bulan terakhir, tetapi apa artinya? Balayage menjelaskan teknik pewarnaan rambut yang mengharuskan pewarna menggunakan gerakan sweeping atau menyapu saat mengaplikasikan warna ke rambut.

Balayage sendiri awalnya dari bahasa Prancis, yang secara harfiah berarti “menyapu”. Teknik balayage sudah ada sejak awal 1970-an, tetapi baru masuk ke industri rambut hingga tahun 1990-an.

Sementara pengertian highlight sendiri adalah memberi sorotan dengan menambahkan sedikit kedalaman pada rambut kamu. Jadi, rambut akan ditambahkan dengan garis-garis yang lebih terang.

Penata rambut akan membuat highlight dengan strip aluminium foil sehingga mendapatkan warna cerah yang lebih menonjol pada rambutmu.

2. Teknik Mewarnai

Nah, beda balayage dan highlight selanjutnya juga bisa diketahui dari teknik yang akan digunakan. Untuk balayage sendiri mengharuskan hairstylist mewarnai bagian rambut kamu yang ada di permukaan menggunakan lightener atau pewarna.

Hairstylist akan mulai teknik balayage ini dari tengah rambut dan hasil warnanya akan semakin terlihat jika semakin ke ujung rambut Anda.

Sebagian besar hairstylist tidak menggunakan aluminium foil untuk melakukan balayage, tetapi ada juga hairstylist yang menggunakan bungkus plastik untuk mendapatkan dimensi warna yang lebih ringan.

Sementara teknik highlight sendiri adalah bagaimana menyorot warna yang lebih terang dari rambut kamu. Jika kamu berambut cokelat, maka bisa menambahkan highlight berwarna cokelat muda, atau pirang.

Sementara kalau kamu sudah mewarnai rambut dengan pirang, maka bisa highlight dengan warna pirang yang lebih terang. Highlight sendiri akan menggunakan kertas aluminium sebagai media yang membantu hairstylist mengaplikasikan warna di rambut kamu.

Ketika rambut dibungkus menggunakan aluminium foil, maka hairstylist akan lebih mudah mewarnai rambutmu dengan teratur. Hasilnya, warna jadi lebih tampak cerah, jelas dan rapi mulai akar sampai dengan ujung akhir rambut.

3. Hasil Akhir

Bedanya balayage dan highlight yang paling utama adalah bahwa balayage adalah teknik mewarnai rambut yang lebih mengandalkan tangan untuk hasilkan visual bagus. Sedangkan highlight sendiri hampir selalu menggunakan media, baik itu alumunium foil atau plastic cap.

Selain itu, balayage akan memberikan hasil yang lebih halus daripada highlight. Balayage lebih merupakan teknik visual yang berarti hairstylist memiliki kebebasan untuk mempersonalisasikan penempatan warna di rambut.

Berbeda dengan highlight yang mengikuti pola pembagian, hairstylist akan menempatkan warna yang lebih terang di area yang paling menonjolkan tampilan, warna kulit, dan fitur wajah kamu.

4. Cara Perawatan

Cara perawatan balayage bervariasi dari orang ke orang tetapi umumnya warna di rambutmu bisa bertahan selama tiga sampai enam bulan. Namun, sebaiknya sih kamu rutin pergi ke salon setiap 2 bulan untuk mengoleskan toner karena mungkin rambut akan terlihat kasar seiring waktu.

Sementara highlight sendiri perlu perawatan yang rutin kira-kira setiap enam hingga delapan minggu karena warna dasar akar bisa terlihat jelas.

Sudah paham perbedaan balayage dan highlight bukan? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memilih salah satu yang terbaik tentu saja tergantung pada preferensi kamu, Girls!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.