Jangan Sampai Kamu Keliru, Ternyata Ini Lho Perbedaan Body cream vs Body lotion
Body

Jangan Sampai Kamu Keliru, Ternyata Ini Lho Perbedaan Body cream vs Body lotion

Body cream vs body lotion menjadi produk untuk perawatan tubuh yang sering digunakan oleh kebanyakan orang baik wanita atau laki-laki. Namun pernahkah kamu bertanya-tanya apa yang membedakan antara body cream dan body lotion itu sendiri?

Meski terlihat sama, namun ternyata kedua produk bodycare ini memiliki perbedaan, lho! Baik dari segi kandungan sampai dengan manfaatnya, mungkin memang hampir sama, namun cara penggunaan sampai tekstur dari kedua produk berbeda. Mau tahu apa yang membedakan antara body cream dan body lotion?

Perbedaan Body cream vs Body lotion

What's the Difference Between Creams & Lotions? | Cetaphil US

Sebagai orang yang menjaga kesehatan kulit dengan rutin menggunakan produk body care, ada baiknya sih kamu memahami apa yang membedakan body cream dan body lotion. Berikut beberapa hal yang membedakan di antara keduanya :

1. Manfaat

Beda body lotion dan body cream  dari segi manfaat adalah, body cream dirancang untuk melembapkan dan menutrisi kulit dari dalam.

Bahan umum dalam body cream sendiri biasanya adalah plant based oil, butter, kakao, shea butter, serta bahan seperti ceramide untuk membantu menyegel kelembapan yang tahan lama.

Sementara body lotion adalah produk perawatan tubuh dengan formulasi bahan alami dan pelembap yang menjaga kesehatan kulit. Body lotion ini membantu menjaga kulit tetap lembut dan bercahaya. Baik kondisi kulit kamu kering atau sensitif, body lotion merupakan bagian penting dari perawatan kulit harian.

Baik pria dan wanita sangat penting untuk menggunakan body lotion jika ingin menghidrasi kulit. Paparan yang terlalu lama terhadap unsur-unsur lingkungan berbahaya seperti polusi dan sinar matahari bisa menghilangkan minyak dan kelembapan alami dari lapisan kulit.

2. Tekstur

Body cream memiliki tekstur yang lebih kental dibandingkan body lotion dan mengandung bahan pelembap seperti plant-based oils dan butter. Body cream sendiri paling bagus untuk jenis kulit yang lebih kering karena khasiat hidrasinya lebih tahan lama.

Teksturnya cenderung kental karena basisnya adalah minyak, sehingga cenderung menghidrasi untuk waktu yang lebih lama dan tidak perlu dioleskan kembali di siang hari. Body cream sendiri adalah produk terbaik untuk kulit selama musim hujan ketika kulit kekurangan cahaya alami dari matahari.

Sementara body lotion adalah pelembap ringan yang teksturnya lebih cair. Hal ini dikarenakan body lotion biasanya mengandung kadar air lebih tinggi daripada body cream. Body lotion cenderung terasa kurang berminyak dan menyerap lebih cepat ke dalam kulit

3. Cara Penggunaan

Body cream paling baik digunakan langsung setelah mandi saat kulit masih agak lembap karena akan membantu menyegel hidrasi lebih dalam ke dalam kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, maka bisa intens menggunakannya karena bisa kelembapan kulitmu.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, maka kamu juga bisa menggunakannya di malam hari untuk mendapatkan manfaat ekstra. Body cream akan menghidrasi kulit kamu di malam hari dan mencegah kehilangan air transepidermal.

Cara penggunaan body lotion yang paling bagus adalah pada malam hari sebelum tidur. Hal ini karena malam hari adalah waktu ketika kamu bisa beristirahat dan bersantai, maka pemakaian body lotion membuat tubuh jadi lebih nyaman.

Apalagi malam hari adalah waktu istirahat, tubuh kurang gerak untuk membatasi keringat, kulit tidak terpapar sinar matahari dan membantu body lotion lebih cepat meresap ke dalam kulit. Kamu juga bisa menggunakannya setelah mandi dan kulit masih lembap.

Sebaiknya, gunakan secara teratur 1 sampai 2 kali sehari dan jangan terlalu banyak menggunakan body lotion pada kulit.

Sudah memahami kan apa saja beda dari body cream vs body lotion? Kalau kamu ingin menggunakan keduanya, pastikan tahu kapan waktu terbaik untuk diaplikasikan ke tubuh.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.