Jangan Sampai Ketipu! Begini Cara Cek Parfum Original dan KW
Fragrance

Jangan Sampai Ketipu! Begini Cara Cek Parfum Original dan KW

Bagi sebagian wanita, mengoleksi parfum mahal dengan aroma yang unik adalah kepuasan tersendiri. Tak jarang, mereka rela membayar jutaan rupiah untuk mendapatkannya. Sayangnya, parfum parfum dari brand-brand kenamaan dunia juga rawan tiruan. Makanya, kamu harus tahu cara cek parfum original atau KW. 

Sekilas, penampilan parfum KW hampir tak ada bedanya dengan parfum ori. Namun, kalau Marshalova cermat, ada beberapa perbedaan yang menonjol, lho. Apa saja kira-kira? Yuk, simak penjelasan Marsha Beauty berikut ini.

Cara Cek Parfum Original dan KW Biar Tidak Jadi Korban Penipuan

Cek parfum original

Sebenarnya memilih parfum bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, tidak sedikit penjual yang berbuat curang dengan menjual parfum KW dengan harga setinggi langit. Berikut ini cara simple untuk membedakannya.

Periksa Bungkusnya

Parfum ori biasanya menggunakan bungkus plastik yang agak tebal dengan lipatan yang sempurna. Bungkusnya juga meng-cover seluruh kotak parfum dan melekat dengan erat. Sementara parfum KW biasanya pakai bungkus plastik yang tidak melekat di kotak parfum. Plastik yang dipakai juga lebih tipis dan lipatannya tidak presisi.

Selain itu, parfum ori dilengkapi dengan segel yang rapi. Sedangkan parfum KW segelnya tidak rapi, tidak rata, dan lipatannya tidak sama.

Baca Juga: Parfum Wanita Terbaik untuk Pancarkan Aura Positifmu, Cobain Deh!

Cek Packaging Luarnya

Cara mengecek parfum original bisa kamu lakukan dengan melihat packaging luarnya. Parfum original biasanya menggunakan packaging berbahan karton tebal sehingga botolnya terlindung dari kerusakan. Selain itu, packaging-nya punya tempat khusus untuk meletakkan botol. Sedangkan parfum KW biasanya menggunakan packaging karton yang tipis.

Perhatikan Botol Parfumnya

Perbedaan yang paling mencolok dari parfum ori dan KW adalah bentuk botolnya. Tak sedikit perusahaan parfum yang meniru packaging parfum kenamaan agar laku di pasaran. Untuk membedakannya, kamu bisa mengeceknya lewat internet. 

Cari tahu packaging asli dari parfum yang kamu beli. Biar lebih akurat, kamu bisa memeriksanya lewat website resmi dari parfum tersebut.

Cek Barcode dan Serial Number-nya 

Parfum asli umumnya dilengkapi dengan serial number pada kemasan kartonnya. Selain itu, serial number ini juga tercetak di botol parfumnya. Produk yang ori pasti punya serial number yang sama. Kamu bisa mengecek keaslian serial number lewat website resmi dari brand yang memproduksi parfum tersebut.

Jika packaging kartonnya dilengkapi dengan barcode, kamu menggunakannya untuk mengecek keaslian produk. Cara cek barcode parfum original adalah memindainya dengan smartphone. Nantinya, kamu akan dibawa ke situs resmi yang memuat informasi terkait parfum tersebut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Parfum Taylor Swift untuk Wanita agar Wangi Percaya Diri Sepanjang Hari

Perhatikan Warna Parfumnya

Sekilas terkesan sepele, tapi warna parfum juga bisa kamu pakai untuk mengecek keaslian produk tersebut, lho. Brand parfum terkenal tidak akan memakai banyak pewarna, sehingga warna parfumnya terkesan pucat. Lain halnya dengan parfum KW yang menambahkan banyak pewarna sehingga parfumnya kelihatan mencolok.

Negara Asal Pembuatan Parfum

Last but not least, periksa negara asal pembuatan parfum yang biasanya tercantum pada bagian bawah botol, seperti Made in France, Made in USA. Sebagian parfum KW biasanya tidak memiliki keterangan negara asal pembuatan. Namun, pada beberapa kasus, produk KW juga mencantumkan keterangan tersebut di bawah botolnya. Jadi, kamu harus lebih teliti lagi dalam mengecek keaslian parfum yang kamu beli.

Cara mengecek parfum original sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa melakukan enam cara di atas untuk mengetahui keaslian produk yang kamu beli. Kalau membelinya secara online, pastikan kamu memilih e-commerce yang terpercaya untuk menghindari penipuan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.