Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Kandungan Serum yang Tidak Boleh untuk Kulit Berjerawat dan Harus Kamu Hindari
Skincare

Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Kandungan Serum yang Tidak Boleh untuk Kulit Berjerawat dan Harus Kamu Hindari

Memiliki kulit jerawat memang harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih skincare, termasuk serum. Ada beberapa kandungan serum yang tidak boleh untuk kulit berjerawat karena bisa memperparah gejalanya. Jadi, sebelum memilih serum, perhatikan terlebih dahulu bagaimana kandungannya.

Kunci untuk memerangi jerawat memang harus menemukan bahan yang bagus untuk atasi masalah tersebut. Kalau ada kandungan yang salah saja, maka bukan manfaat yang kamu dapatkan, melainkan gejala yang semakin parah. Lalu apa saja kandungan dalam serum yang harus kamu hindari?

Kandungan Serum yang Tidak Boleh untuk Kulit Berjerawat

Serum adalah skincare yang hampir selalu ada dalam perawatan wajah kebanyakan orang. Jika kamu memiliki kulit berjerawat, maka pastikan bahwa bahan aktif dari serum ini tidak memperparah gejala di wajahmu. Berikut kandungan serum yang harus kamu hindari:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan komedogenik yang harus dihindari oleh kulit berjerawat. Serum dengan kandungan minyak kelapa adalah produk komedogenik yang cenderung menyumbat pori-pori dan membentuk komedo.

Itulah mengapa kamu perlu memastikan bahwa produk serum yang kamu pilih non-comedogenic jika memiliki kulit yang cenderung berjerawat.

Jadi, kalau jerawatmu tidak ingin semakin parah, selalu hindari produk yang mengandung minyak seperti minyak esensial dan minyak mineral karena mengandung banyak komponen yang diketahui dapat memicu reaksi alergi, termasuk minyak kelapa.

2. Alkohol

Denatured, SD alcohol 40, atau isopropyl alcohol sering ditemukan dalam produk skincare, termasuk serum. Secara umum, alkohol hadir dalam berbagai bentuk dan dapat digunakan untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit.

Namun ternyata, kandungan alkohol dalam serum dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit, apalagi jika wajahmu cenderung berjerawat. Produk serum yang mengandung alkohol lebih berbahaya daripada manfaatnya. Jadi, ada baiknya jika kamu menghindari serum dengan kandungan alkohol.

3. Cocoa Butter

Sama halnya dengan minyak kelapa, ternyata cocoa butter juga wajib untuk kamu hindari. Cocoa butter menjadi salah satu dari kandungan skincare yang tidak boleh untuk wajah berjerawat karena dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, mungkin cocoa butter ini bagus, namun untuk kamu dengan kondisi kulit berjerawat, maka kandungan serum satu ini sangat komedogenik dan dapat menjebak bakteri di pori-pori dan menyebabkan jerawat lebih parah.

Kalaupun kamu membutuhkan produk serum yang menghidrasi, maka pilihlah yang punya kandungan asam glikolat atau asam hialuronat.

4. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulfate atau SLS adalah salah satu bahan yang banyak dihilangkan dalam produk rambut, karena bisa sebabkan ketombe. Namun ternyata SLS ini juga masih banyak ditemukan dalam produk skincare, lho, tidak terkecuali serum.

SLS sendiri adalah kandungan yang tidak boleh untuk kulit berjerawat sebab dapat merusak skin barrier dan mengakibatkan iritasi. Jika kulit kamu rentan berjerawat, maka hindari serum dengan kandungan SLS ini ya sebab tidak hanya sebabkan jerawat saja, namun juga  iritasi kulit lainnya.

5. Isopropyl Myristate

Dikenal sebagai salah satu jenis pelembap medis, isopropyl myristate adalah bahan aktif yang mampu mengunci kandungan air dan membantu bahan perawatan kulit lainnya meresap lebih dalam ke kulit. Isopropyl myristate juga bisa memperkuat skin barrier.

Sayangnya untuk kamu dengan kondisi kulit berjerawat, isopropyl myristate dalam serum bisa menimbulkan masalah. Isopropyl myristate memiliki sifat komedogenik yang kuat sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Hindarilah kandungan serum yang tidak boleh untuk kulit berjerawat di atas jika tidak ingin wajahmu semakin bermasalah ke depannya. Sebagai gantinya, kamu bisa cari serum dengan kandungan salicylic acid untuk membantu atasi jerawat di wajahmu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.