Jangan Sembarangan! Begini Cara Menggunting Kuku yang Benar
Nails

Jangan Sembarangan! Begini Cara Menggunting Kuku yang Benar

Cara menggunting kuku yang benar perlu Marshalova lakukan supaya terhindar dari berbagai infeksi, seperti infeksi jamur dan juga cantengan. Para ahli medis menuturkan bahwa kuku yang ideal dan terawat dengan baik yaitu apabila kuku terlihat bersih atau tidak tampak kotoran.

Apabila kuku semakin panjang, maka akan semakin besar pula kuku kamu menyimpan debu atau bakteri dan serta bisa menyebarkan penyakit tertentu, seperti cacingan

Bagaimana Cara Menggunting Kuku yang Benar?

Menggunting kuku mungkin menjadi sebuah kegiatan yang sepele dan sering dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Padahal, cara memotong kuku yang benar harus kamu lakukan dengan hati-hati supaya tidak mengakibatkan masalah. Misalnya bentuk yang kurang baik sampai dengan muncul pada kuku kamu.

Nah, supaya kondisi semacam itu tidak terjadi, berikut ini Marsha Beauty akan menjelaskan mengenai tata cara memotong kuku yang benar agar kukumu bersih dan terawat.

Baca Juga: Waspadai 5 Penyebab Kuku Hitam dan Tidak Sehat, Jangan Sepelekan Nomor 4!

Melunakkan Kuku

cara menggunting kuku yang benar

Melunakkan kuku terlebih dahulu merupakan salah satu cara yang benar. Kuku kering maupun tidak dilunakkan lebih cenderung kuat serta dapat mengakibatkan luka sesudah kamu potong. Oleh sebab itu, waktu terbaik menggunting kuku yaitu sesudah kamu mandi supaya kuku terasa lunak.

Apabila tidak kamu lakukan sesudah mandi, kamu dapat merendam kuku-kuku jari di dalam baskom atau dah yang berisikan air hangat selama beberapa menit. Hal tersebut untuk menjadikan kuku terasa lunak saat kamu potong. Terlebih bagi pemilik kuku yang tebal, melunakkan kuku merupakan hal yang perlu dilakukan supaya lebih mudah untuk digunting.

Pakailah Alat yang Tepat

cara menggunting kuku yang benar

Kamu juga harus memperhatikan pemakaian alat, atau dalam hal ini gunting kuku yang kamu pakai. Pastikan kamu menggunting kuku dengan memakai gunting kuku, bukan pisau, silet, atau alat tajam lain yang tidak semestinya.

Guna menjamin kebersihan gunting kuku tersebut, sebaiknya Marshalova mengelap atau merendamnya ke dalam cairan isopropil alkohol dengan kadar 70%-90%. Kemudian, gosok area gunting kuku memakai sikat gigi yang tidak terpakai.

Sesudah kamu gunakan, bilaslah gunting kuku dengan air panas, lalu keringkan di atas handuk bersih sebelum kamu simpan kembali.

Baca juga :   Jangan Dibiarkan, Ini Bahaya Kuku Panjang bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tau!

Potong Lurus

cara menggunting kuku yang benar

Cara menggunting kuku yang benar yaitu disarankan untuk memotongnya dengan arah lurus. Sehingga, bentuk potongan di ujung kuku akan tampak persegi, bukan oval atau berbentuk lengkungan.

Cara menggunting kuku dengan arah lurus bisa mencegah adanya infeksi kuku. Tak hanya itu, cara tersebut juga dapat menghindari terbentuknya lengkungan terlalu dalam di ujung kuku yang lebih rawan memicu cantengan.

Hal tersebut juga berlaku ketika memotong kuku kaki. Cara menggunting kuku kaki hendaknya harus dengan arah lurus untuk menghindari kuku tumbuh ke dalam.

Haluskan dengan Kikir Kuku

cara menggunting kuku yang benar

Langkah selanjutnya, kamu dapat melanjutkan tahapan merawat kuku tersebut memakai kikir kuku supaya tepi kuku menjadi lebih lembut. Lakukan kikir kuku dengan gerakan yang searah bukan bolak-balik, yaitu dari pangkal kuku menuju ujung dalam satu arah supaya kukumu tidak menjadi rapuh.

Mengikir kuku secara satu arah dan tidak terlalu ditekan bisa mencegah terjadinya penipisan kuku dan juga kuku mengelupas.

Hindari Memotong Kutikula Kuku

cara menggunting kuku yang benar

Kutikula merupakan lapisan kulit mati dan tips yang berwarna putih. Letaknya mengelilingi sisi-sis kuku jari tangan dan kaki kamu. Apabila kamu melakukan manicure dan pedicure di salon kecantikan, beberapa terapis kemungkinan akan memotong kutikula kuku supaya tampilan kukumu lebih bersih, cantik, dan terlihat panjang.

Akan tetapi, beberapa dokter spesialis kulit sepakat bahwa kutikula kuku tidak perlu digunting atau dihilangkan. Pasalnya memotong kutikula justru bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan, infeksi bakteri yang berujung pada timbulnya cantengan sampai jamur kuku.

Tak hanya itu, kutikula kuku yang kamu hilangkan akan menjadikan kuku lebih rawan akan infeksi, sebab ia berfungsi sebagai proteksi kuku dari bakteri atau kuman yang masuk ke dalam kulit. Memotong kutikula juga bisa menghambat pertumbuhan kuku sehingga menyebabkan kerutan dan juga garis warna putih atau bintik-bintik pada kuku Marshalova.

Pakailah Pelembab

cara menggunting kuku yang benar

Apabila cara menggunting kuku yang benar telah kamu lakukan dan permukaan kuku terlihat kering serta pecah-pecah, maka oleskan pelembab setelahnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.