Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin C untuk Wajah, Ampuh untuk Atasi Jerawat dan Melawan Tanda Penuaan
Skincare

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin C untuk Wajah, Ampuh untuk Atasi Jerawat dan Melawan Tanda Penuaan

Dalam dunia per-skincare-an, pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan istilah Vitamin C. Banyak produk skincare mulai dari facial wash hingga serum yang mengandung bahan utama berupa Vitamin C. Kandungan Vitamin C ini paling banyak ditemukan dalam produk serum. Jenis serum Vitamin C pun ada banyak, karena banyak turunan dari Vitamin C yang bermanfaat untuk merawat kulit.  Salah satu manfaat Vitamin C untuk wajah berminyak adalah dapat mengontrol produksi sebum dan mencegah kulit kusam. Selain itu, manfaat Vitamin C untuk wajah berjerawat dapat mengurangi peradangan serta menghilangkan bekasnya.  

Yuk, kenali jenis-jenis Vitamin C dan manfaat serum Vitamin C untuk wajah berjerawat berikut ini!

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin C untuk Wajah

manfaat vitamin c untuk wajah

Biasanya, produk skincare, khususnya serum yang mengandung Vitamin C akan secara terang-terangan terpampang di kemasan produk bertulisan “Vitamin C Serum” dan kalimat-kalimat semacamnya. Namun, ternyata ada banyak sekali jenis Vitamin C yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut ini beberapa jenis Vitamin C yang sangat popular di pasaran yang biasanya terdapat dalam produk skincare atau serum Vitamin C.

Ascorbic Acid atau L-Ascorbic Acid

Ascorbic Acid termasuk ke dalam bentuk Vitamin C yang paling bagus untuk merawat kulit. Bahkan, sudah banyak penelitian ilmiah yang mengkaji manfaat Ascorbic Acid untuk wajah. Bentuk Vitamin C ini bisa mendorong produksi kolagen, bersifat antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas dan dapat mencegah tanda penuaan dini. Namun, ada dua kelemahan utama dari Ascorbic Acid, yaitu memiliki pH yang rendah dan tidak stabil. Kelemahan ini menyebabkan Ascorbic Acid dapat tidak memberikan hasil yang baik pada kulit. Makanya, menggunakan skincare Vitamin C dalam bentuk Ascorbic Acid sedikit challenging karena mungkin saja tidak terjadi perubahan apa-apa di kulit wajahmu. 

Sodium Ascorbyl Phosphate

Turunan Vitamin C ini juga cukup populer di kalangan produk-produk skincare di pasaran. Turunan Vitamin C ini biasa disingkat dengan SAP. SAP ini sangat cocok untuk kulit yang berminyak dan berjerawat karena tidak mudah mengiritasi kulit. Berbeda dengan Ascorbic Acid, SAP memiliki pH yang sesuai dengan pH kulit dan lebih stabil. Kelebihan dari SAP adalah bersifat sebagai anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dalam konsentrasi 1%. Selain itu, dalam konsentrasi 5%, SAP ini berperan sebagai anti inflamasi sehingga  dapat meredakan jerawat yang meradang. SAP bahkan setara dengan benzoil peroksida yang bisa ditemukan dalam obat jerawat.

Magnesium Ascorbyl Phosphate

Turunan Vitamin C selanjutnya adalah Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP). MAP ini paling bagus untuk mencerahkan kulit karena dapat meratakan warna kulit dan mencegah kulit kusam. Selain itu, MAP juga bagus untuk menyamarkan noda hitam, hiperpigmentasi, dan bekas jerawat. MAP juga bersifat stabil, sehingga aman digunakan pada kulit yang sensitif. 

Ascorbyl Glucoside

Jenis turunan Vitamin C yang satu ini bersifat stabil dan sesuai untuk tipe kulit sensitif. Ascorbyl Glucoside (AG) dapat menyerap ke kulit dengan baik tanpa menyebabkan iritasi. AG ini berfungsi untuk memudarkan hiperpigmentasi, mendorong produksi kolagen, dan bersifat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. AG ini cukup gentle di kulit, jadi kamu perlu menggunakannya dalam waktu yang lebih lama dan secara konsisten supaya mendapatkan hasil yang maksimal. 

Ethyl Ascorbic Acid

Bentuk Vitamin C yang satu ini sangat populer dan digunakan di banyak produk skincare yang berfokus untuk mencerahkan. Ethyl Ascorbic Acid (EAA) ini dapat menyerap ke dalam kulit dengan sangat baik. Kelebihan dari EAA ini adalah bersifat stabil, larut dalam air, larut dalam minyak, sehingga sesuai untuk semua jenis kulit. EAA ini dapat meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan kulit. 

Cara Memilih Serum Vitamin C

manfaat vitamin c untuk wajah

Jika kamu mau mencoba skincare atau serum yang mengandung Vitamin C, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini supaya dapat memberikan hasil yang maksimal pada kulit. Berikut ini cara memilih serum Vitamin C yang tepat:

Pilih Jenis Vitamin C Sesuai Kondisi Kulit

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis Vitamin C, kamu bisa menentukan jenis mana yang sesuai dengan tipe dan kondisi kulitmu. Jika kamu memiliki tipe kulit normal dan tidak sensitif, kamu bisa gunakan Vitamin C sungguhan dalam bentuk Ascorbic Acid. Kulit yang sensitif kurang cocok dengan Ascorbic Acid karena bisa berisiko menyebabkan iritasi. 

Jika tipe kulitmu sensitif, lebih baik kamu gunakan turunan Vitamin C yang bersifat lebih stabil dan tidak mengiritasi. Vitamin C yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat adalah Sodium Ascorbyl Phosphate. 

Perhatikan Kadar Vitamin C yang Digunakan

Setelah sudah menentukan jenis Vitamin C yang sesuai dengan kondisi kulit, kamu juga harus memperhatikan kadar atau persentase Vitamin C yang digunakan. Kadar Vitamin C yang berfungsi dengan baik adalah pada angka 8% hingga 20%. Namun, bagi kamu yang mungkin masih ragu dan pemula dalam menggunakan Vitamin C, kamu bisa mulai dari konsentrasi yang rendah sekitar 1-5%.

Bahan Lain yang Terkandung dalam Serum

Dalam satu produk skincare, pasti tidak hanya mengandung satu bahan saja, melainkan ada bahan-bahan lainnya sebagai pendukung untuk mengoptimalkan fungsinya. Misalnya, Vitamin C + Vitamin E, atau Vitamin C + Ferulic Acid. Bahan tambahan ini dapat meningkatkan peran Vitamin C untuk merawat kulit sehingga kulit bisa lebih cerah glowing setelah menggunakannya.

Pilih Packaging Serum dalam Botol Beling Gelap

Vitamin C bersifat mudah teroksidasi, sehingga saat terpapar sinar matahari atau terkena oksigen, Vitamin C dapat rusak dan kehilangan fungsinya. Jika packaging serum yang kamu punya terlalu ringkih, tutupnya tidak rapat, serta berwarna bening, maka senyawa Vitamin C akan mudah menguap dan teroksidasi. Oleh sebab itu, pilih produk dengan packaging berwarna gelap serta memiliki pelindung di bagian tutupnya. 

Perhatikan Cara Menyimpan Serum

Supaya kandungan Vitamin C dalam serum yang kamu punya tidak mudah rusak, sebaiknya kamu simpan botol serum di tempat yang jauh dari efek cahaya matahari atau ditempat yang sejuk dan redup. Selain itu, simpan di bagian yang tidak terlalu terkena oksigen atau angin.   

Kesimpulannya, kamu harus mengetahui jenis Vitamin C yang terkandung dalam serum atau produk skincare lainnya yang sesuai dengan jenis kulit serta perhatikan pula cara menyimpan produk yang benar supaya kandungan Vitamin C di dalamnya tidak mudah rusak dan teroksidasi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.