Jenis-Jenis Sunscreen dan Fungsinya, Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit!
Skincare

Jenis-Jenis Sunscreen dan Fungsinya, Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit!

Kulit wajah yang rusak akibat terkena sinar matahari biasanya akan ditandai dengan kulit yang kusam atau bekas jerawat yang sulit hilang. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya kamu pakai sunscreen. Agar tidak salah pilih, maka kamu harus tahu jenis jenis sunscreen dan fungsinya.

Sunscreen ternyata punya beberapa tipe yang bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Maka dari itu, penting sekali kamu memilih jenis sunscreen yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Memakai sunscreen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit bisa menjadikan kulit kamu semakin meningkat efektivitasnya. Kulit kamu pun jadi terlihat lebih sehat dan fresh.

Kenali Jenis-Jenis Sunscreen dan Fungsinya

Sinar matahari langsung memang perlu kamu waspadai agar tidak membuat kulitmu menjadi rusak. Sinar UV bisa membuat kulit kamu jadi tampak kusam dan muncul flek-flek hitam. Maka dari itu, kamu wajib memakai sunscreen yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Fungsi sunscreen tersebut nantinya bisa menjadikan wajah kamu tampak sehat dan terlindungi dari paparan sinar UV. Terdapat 3 tipe sunscreen yang wajib kamu tahu. Dengan begitu, kamu bisa membedakan fungsi dan manfaat dari tipe sunscreen ini.

Berikut ini adalah jenis jenis sunscreen dan fungsinya yang wajib Marshalova ketahui agar kamu tidak keliru memilihnya.

Baca Juga:Suncreen Yang Mengandung Niacinamide Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit

1. Physical Sunscreen

Jenis sunscreen yang wajib kamu tahu yang pertama yaitu physical sunscreen. Banyak orang yang menyebut physical sunscreen ini dengan sebutan natural sunscreen.

Di dalam sunscreen ini terdapat berbagai macam kandungan mineral aktif. Mulai dari titanium, dioxide, serta zinc oxide.

Cara kerja sunscreen ini yaitu dengan memantulkan sinar UV yang mengenai kulit. Jadi, kamu yang memakai sunscreen tipe ini bisa terlindungi dari bahaya paparan langsung sinar UV.

Buat kamu yang mempunyai tipe kulit berminyak atau normal, maka kamu bisa memakai tipe sunscreen ini untuk memberikan perlindungan lebih untuk kulit kamu.

2. Chemical Sunscreen

Nah, tipe sunscreen yang perlu kamu ketahui selanjutnya yaitu chemical. Sebagian orang juga menyebut tipe sunscreen ini dengan sebutan organic sunscreen. Dalam sunscreen ini terdapat kandungan karbon. Mulai dari avobenzone, oxybenzone, hingga octinoxate.

Buat kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif, maka tipe sunscreen ini cocok kamu gunakan untuk perawatan kulitmu.

Cara kerja sunscreen ini pun juga cukup cepat. Bahkan mampu bekerja pada kulit sesudah 20 sampai dengan 30 menit. Tak hanya ringan di kulit, sunscreen ini juga akan cepat meresap pada kulit wajah kamu.

Karena chemical sunscreen ini mudah meninggalkan kotoran pada pori-pori kulit, maka kamu perlu waspada saat memakainya. Jangan lupa untuk membersihkan wajah hingga bersih maksimal.

3. Hybrid Sunscreen

Nah, untuk sunscreen hybrid ini termasuk perpaduan dari tipe sunscreen physical dan chemical. Jadi hybrid sunscreen ini mempunyai tekstur yang ringan seperti halnya sunscreen chemical. Akan tetapi, cara kerja tipe sunscreen ini mirip seperti physical sunscreen.

Semua tipe kulit bisa aman memakai hybrid sunscreen ini. Fungsi sunscreen untuk wajah memang untuk memberikan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit.

Nah, cara kerja tipe sunscreen ini yaitu memantulkan sinar UV seperti halnya cara kerja physical sunscreen.

Baca Juga:Rekomendasi Sunscreen yang Tidak Bikin Kusam Setelah Digunakan

Dengan mengetahui jenis jenis sunscreen dan fungsinya, maka kamu tidak perlu khawatir lagi salah dalam memilih jenis sunscreen. Cara menggunakan sunscreen yang baik memang wajib dilakukan dengan memilih tipe sunscreen yang sesuai kebutuhan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.