Jenis Penyakit Kuku Ini Sering Menyerang, Awas Kena!
Nails

Jenis Penyakit Kuku Ini Sering Menyerang, Awas Kena!

Jenis penyakit kuku ada banyak meski tergolong ringan namun hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apalagi jika penyakit tersebut dibiarkan saja, bisa bertambah parah. Penyakit kuku bisa menjadi tanda adanya penyakit serius yang terjadi pada kuku, sehingga penting untuk memperhatikan kondisi kuku.

Seiring bertambahnya usia, kuku juga akan menjadi lebih tebal dan lebih rapuh, serta perubahan warna. Perubahan ini sebenarnya tidak akan berakibat buruk bagi kesehatan dan bisa disembuhkan dengan mudah.

Perubahan ini juga ditandai dengan berbagai hal lainya, sehingga Marshalova bisa harus mengetahuinya. Nah, kali ini kami akan memberikan berbagai pengetahuan tentang penyakit kuku yang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga : Perawatan Setelah Cabut Kuku Agar Tidak Terjadi Infeksi Lebih Parah

Berikut Ini Beberapa Jenis Penyakit Kuku

Seiring bertambahnya usia, kuku akan menjadi lebih tebal dan akan lebih mudah rapuh. Hal ini juga akan mempengaruhi perubahan warna. Perubahan ini juga tidak berda untuk ditangani dengan benar.

Namun jika perubahan pada kuku semakin parah, maka akan menyebabkan jenis penyakit kuku yang semakin parah pula. Kondisi tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan lagi, karena bisa mengidentifikasi terjadi gangguan kesehatan serius.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan berikan berbagai penyakit kuku yang penting untuk diketahui. Ada banyak penyakit kuku yang tidak nyaman dan bahkan nyeri berkepanjangan.

Baca juga ; Gunakan Alat Waxing Ketiak Ini, Tampil Lebih Percaya Diri

Cantengan

Jenis penyakit kuku

Cantengan ini biasanya terjadi karena kuku kaki tumbuh ke dalam, sehingga melukai bagian daging lembut. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan rasa nyeri dan bengkak, kemerahan yang timbul di sekitar kuku kaki. Kuku kaki yang paling sering terkena cantengan adalah bagian jempol.

Cara mengatasi cantengan ini sebenarnya sangat mudah, hanya perlu merendam kuku di air hangat yang dicampur cuka dan garam. Tunggu 15-30 menit, lakukan selama 3-4 kali sehari. Setelah iu, tutup dengan plester. Namun jika cara ini masih belum bisa mengatasi cantengan, maka bisa datang ke dokter untuk menyembuhkan cantengan.

Infeksi Jamur Kuku

Jenis penyakit kuku

Penyakit ini ditandai dengan menguningnya warna kuku, sehingga terlihat kusam. Kondisi ini karena adanya infeksi jamur yang ada di bawah kuku. Karena hal ini, kuku akan berubah warna dan akhirnya berubah bentuk. Jika infeksi ini dibiarkan maka akan menyebar ke seluruh bagian kaki.

Meski hal ini tidak menimbulkan nyeri, namun jika dibiarkan akan menyebabkan kuku menebal dan sulit dipotong. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu maka risikonya semakin besar, seperti menyerang kekebalan tubuh dan penyakit pembuluh darah.

Sindrom Kuku Kuning

Jenis penyakit kuku

Kondisi ini akan membuat kuku menjadi lebih tebal dan pertumbuhannya lambat. Penyakit ini bisa membuat kuku kekurangan kutikula dan bisa menyebabkan kuku lepas dari jari.  Selain itu, penyakit ini bisa disebabkan karena adanya pembengkakan pada saluran getah bening, dan sebagainya.

Garis Mees

Jenis penyakit kuku

Kondisi ini ditandai dengan adanya garis putih yang melintas pada bagian kuku, bisa menjadi tanda orang tersebut telah keracunan arsenic. Biasanya untuk memeriksanya, dokter akan melakukan tes darah dan memeriksa fisik.

Koilonikia

Jenis penyakit kuku

Koilonikia terjadi karena kuku melengkung keluar, sehingga kuku membentuk seperti sendok. Nah, munculnya penyakit ini bisa menjadi tanda adanya gejala beberapa penyakit lain seperti jantung dan lupus.

Jenis penyakit kuku tersebut sangat penting untuk diketahui, agar Marshalova bisa memiliki kuku yang sehat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.