Jerawat Apakah Bisa Hilang Sendiri, Ini Jawabannya!
Skincare

Jerawat Apakah Bisa Hilang Sendiri, Ini Jawabannya!

Jerawat apakah bisa hilang sendiri merupakan salah satu pertanyaan ketika jerawat muncul atau pada saat merasa tidak sabar menunggu kapan akan hilang. Kemunculan jerawat memang seringkali meresahkan bahkan, mereka yang mendadak berjerawat berpikir untuk segera pergi ke dokter dan bukan tidak mungkin merasa resah.

Namun, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu karena tidak keseluruhan jerawat wajib mendapat penanganan dokter. Beberapa mungkin sudah sembuh hanya dengan perawatan rumahan saja.

Wajib Tahu Jerawat Apakah Bisa Hilang Sendiri!

Jika kamu penasaran apakah jerawat bisa kempes sendiri, jawabannya yaitu bisa tetapi, tergantung pada tingkat keparahannya. Biasanya jerawat bisa hilang sendiri pada akhir masa pubertas. Walaupun demikian, masih banyak orang yang punya masalah jerawat hingga usia dewasa. Ada juga berbagai macam jenis jerawat yang dimiliki setiap orang. 

Namun, setiap orang mungkin memiliki jenis jerawat yang berbeda. Kondisi jerawat bisa mempengaruhi jerawat apakah bisa hilang sendiri atau tidak. Jerawat biasanya akan sembuh paling lama setelah 6 minggu. Bahkan, jerawat yang lebih kecil atau tunggal akan lenyap dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari saja. Kapan jerawat akan hilang memang tidak bisa dipastikan untuk setiap orang.

Baca juga: Apakah Serum Bisa Menghilangkan Jerawat? Intip Penjelasannya di Sini! 

Tetapi hampir semua jerawat dapat diatasi jika Marshalova telah menemukan perawatan yang paling sesuai untuk masalah yang dihadapi. Jerawat pada wajah pasti membuat kesal dan gemas sehingga sering membuat ingin terus menyentuh, memecahkan, atau menggaruknya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh jerawat kamu. 

Jika kamu kerap menyentuh atau sampai memencet jerawat dapat menimbulkan berbagai bakteri dan minyak yang ada di tangan berpindah ke wajah. Hal ini bisa membuat jerawat kamu semakin meradang bahkan bisa terjadi infeksi. Apakah jerawat boleh dipencet?

Jawabannya tidak, karena memencet jerawat bisa menyebabkan munculnya bopeng atau bekas jerawat di kulit kamu dan bisa membuat jerawat menjadi sulit sembuh dengan sendirinya.

Kapan Harus Memeriksa Jerawat ke Dokter?

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Biasanya jerawat akan hilang sendiri dengan perawatan rumahan. Namun, jika jerawat kamu memiliki kondisi kondisi sebagai berikut, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter.

Baca juga: Apakah Jerawat Boleh Dipencet? Yuk Simak Jawabannya di Bawah!

1. Jerawat Tidak Kunjung Sembuh

Segera periksalah ke dokter jika kamu sudah membersihkan jerawat dengan rutin dan menggunakan obat jerawat yang terjual bebas namun, jerawat tidak kunjung sembuh. Berilah waktu 10 hingga 12 minggu hingga jerawat membaik. Jika dalam jangka waktu tersebut kamu tidak melihat perkembangan atau kondisinya semakin parah berarti ini saatnya untuk mengunjungi dokter.

2. Tiba-tiba Muncul Jerawat yang Banyak

Jika kamu tidak pernah mengalami kondisi kulit berjerawat sebelumnya namun tiba-tiba saja muncul jerawat yang tidak sedikit di wajah atau punggung inilah saatnya kamu periksa ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan evaluasi secara keseluruhan lantaran terdapat beberapa kondisi kulit lainnya yang punya visual mirip jerawat. Jerawat yang timbul secara bersamaan juga dapat menandakan adanya gangguan kesehatan lain.

3. Jerawat yang Tumbuh Terlihat Mengalami Peradangan

Jika jerawat kamu terlihat meradang sebaiknya segera kunjungi dokter tanpa mencoba obat yang terjual bebas terlebih dahulu. Dokter akan memberi evaluasi jenis jerawat yang tengah kamu hadapi dan meresepkan obat yang sesuai kondisi. Jerawat kistik dan nodul merupakan jenis jerawat yang sangat parah dan perlu penanganan dari dokter kulit. 

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang jerawat apakah bisa hilang sendiri. Setelah membaca ulasan ini kamu jadi tahu jawabannya. Pastikan kamu tidak memencet jerawat karena dapat menimbulkan bekas bopeng yang susah hilang.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.