Jerawat di Pipi Susah Hilang, Ponsel adalah Penyebabnya
Skincare

Jerawat di Pipi Susah Hilang, Ponsel adalah Penyebabnya

Jerawat di pipi susah hilang, padahal kamu menginginkan memiliki wajah cantik dan mulus. Jika wajah banyak jerawat pasti akan mengganggu rasa percaya diri kamu. Selain itu, kamu akan merasa tidak nyaman. Jerawat biasanya timbul karena beberapa faktor diantaranya kondisi kesehatan, rutinitas harian di luar ruangan serta faktor hormon.

Penyebab Jerawat di Pipi Susah Hilang

Menurut penelitian jerawat yang sulit dihilangkan adalah jerawat di area pipi. Butuh perawatan ekstra untuk menghilangkan jerawat tersebut. Jerawat di pipi ini memang sangat mengganggu. Berikut ini penyebab jerawat timbul dan sedikit solusinya.

1. Menggunakan Alat Make Up yang Kotor

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Jika kamu menggunakan makeup sendiri di rumah pastikan kuas yang kamu gunakan bersih. Kamu harus sering membersihkan kuas serta alat make up tersebut untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

Jika peralatan make up yang kamu gunakan jarang dibersihkan, dapat dipastikan debu, sisa make up sebelumnya dan kotoran akan menumpuk. Sehingga saat menggunakan alat make up debu dan kotoran tersebut akan menempel pada wajah.

Peralatan wajah yang harus kamu bersihkan diantaranya spon, kuas, maupun beauty blender. Kamu harus selalu menjaga kebersihan alat makeup apalagi jika wajah kamu tergolong kulit yang sensitif. Solusinya adalah pilih produk yang non-comedogenic dan tidak menyumbat pori serta selalu jaga kebersihan alat makeup. Menjaga kebersihan adalah salah satu cara mencegah jerawat di pipi.

2. Sarung Bantal Serta Ponsel yang Kotor

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Kamu masih ingat kapan terakhir membersihkan ponsel? Jika kamu lupa, itu bisa jadi salah satu penyebab pipi jerawatan. Ponsel merupakan sumber bakteri dan kuman karena biasanya kemanapun kamu pergi pasti membawanya. Sebisa mungkin untuk membersihkan permukaan ponsel untuk menghindari timbulnya jerawat. Solusinya selalu bersihkan permukaan ponsel kamu.

Baca Juga: Bedak Wardah yang Bikin Glowing, Wajah Auto Glowing!

Marshalova, selain berasal dari ponsel ternyata juga bisa dari sarung bantal yang kotor. Dalam sarung bantal yang kotor terdapat sisa-sisa make up, kotoran rambut yang jatuh, debu serta kotoran lainnya. Saat kamu tidur kotoran pada sarung bantal akan menempel pada wajah dan menimbulkan jerawat. Solusinya dengan cara mengganti sarung bantal sesering mungkin.

3. Jarang Ganti Masker

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Pada masa pandemi mengharuskan kamu untuk memakai masker setiap aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab jerawat di pipi menjadi susah hilang adalah seringnya mengganti masker.

Masker yang kamu gunakan sepanjang hari akan membawa kuman dan bakteri terlebih digunakan di luar ruangan. Solusinya kamu dapat mengganti masker yang akan membantu menjaga kebersihan wajah. Dengan sering mengganti masker akan menghindarkan dari virus dan bakteri serta cara menghilangkan jerawat di pipi secara alami.

4. Sering Menyentuh Pipi

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Kamu pasti sering menggunakan tangan untuk menyentuh pipi. Tangan yang kotor merupakan penyebab bekas jerawat di pipi susah hilang.

Menyentuh area wajah terutama pipi tanpa mencuci tangan terlebih dahulu akan beresiko memindahkan kotoran dan bakteri yang ada pada tangan. Solusinya jangan terlalu sering menyentuh area wajah dengan tangan. Jika memang terpaksa kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu.

5. Perubahan Hormon

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Meningkatnya kadar hormon androgen pada tubuh akan menyebabkan timbulnya jerawat. Perubahan hormon ini juga akan mempengaruhi produksi minyak pada wajah. Terutama saat pubertas, kehamilan, menstruasi, menopause, serta penggunaan obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Bingung Atasi Jerawat nih 4 Skincare yang Mengandung Centella Asiatica

6. Konsumsi Minuman dan Makanan Manis

Jerawat di Pipi Susah Hilang

Makanan dan Minuman yang banyak mengandung gula akan memicu munculnya jerawat. Makanan penyebab jerawat di pipi yang sering kamu konsumsi seperti permen, kue manis, ice cream, dan banyak lainnya. Produksi minyak berlebih disebabkan karena hormon insulin melonjak. Sehingga pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Nah, kamu sudah tahu kan penyebab munculnya jerawat di pipi susah hilang. Lakukan perawatan dan selalu jaga kebersihan peralatan yang kamu gunakan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.