Kapan Makeup Kedaluwarsa? Kamu Harus Tahu Supaya Kulit Enggak Bermasalah
Makeup

Kapan Makeup Kedaluwarsa? Kamu Harus Tahu Supaya Kulit Enggak Bermasalah

Sebelum membeli makanan, pasti kita memperhatikan tanggal kedaluwarsa untuk mengetahui kapan batas konsumsi makanan tersebut. Sama halnya dengan makanan, produk makeup juga memiliki tanggal kedaluwarsa makeup yang harus diperhatikan supaya tidak memberikan dampak buruk ke kulit. 

Namun, apakah tanggal kedaluwarsa makeup sesuai dengan yang tertera pada kemasan? Ternyata berbeda, loh. Perbedaannya terletak pada expired date dan period after opening (PAO). 

Expired Date

Expired date menunjukkan kapan suatu produk kedaluwarsa dan tidak bisa digunakan kembali. Biasanya tertulis secara spesifik tanggal, bulan, tahun, bahkan jam kedaluwarsanya. Pada kemasan produk ditulis dalam inisial EXP atau E. Sebagai contoh, kamu membeli foundation pada tahun 2021 yang tertulis expired date tahun 2023. Berarti kamu masih bisa menggunakan foundation tersebut sampai tahun 2023 asalkan belum membuka produknya atau masih dalam keadaan tersegel. 

Period After Opening (PAO)

Mungkin banyak dari kamu yang belum menyadari soal PAO, padahal PAO adalah keterangan yang penting diketahui sebelum menggunakan makeup. Period After Opening (PAO) menunjukkan waktu kedaluwarsa suatu produk setelah dibuka. Pada kemasan produk biasanya terdapat logo kaleng terbuka dengan tulisan 6M, 12M, dan seterusnya. Sebagai contoh, kamu membeli maskara pada tahun 2021 yang tertulis expired date tahun 2023 dan tulisan 6M. Berarti kamu hanya bisa menggunakan maskara tersebut selama 6 bulan setelah dibuka meskipun tanggal kedaluwarsanya tahun 2023.

Bahaya dari penggunaan makeup yang kedaluwarsa adalah dapat merusak kulit dan menimbulkan berbagai masalah kulit karena makeup sudah ditumbuhi bakteri dan jamur. Masalah kulit yang akan muncul seperti jerawat, iritasi kulit, iritasi mata, dan pembengkakkan bibir. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui PAO dari produk-produk makeup berikut supaya tidak terkena masalah kulit.

Foundation

Foundation yang sudah kedaluwarsa akan mengalami perubahan warna, tekstur, dan beraroma tidak sedap. PAO foundation sama dengan concealer dan bedak, yaitu 2 tahun. Setelah 2 tahun sebaiknya berhenti menggunakan produk tersebut dan ganti dengan yang baru.

Blush On

Sama hal nya dengan foundation, blush on juga termasuk makeup complexion yang memiliki PAO 2 tahun dan akan menunjukkan ciri-ciri perubahan warna, tekstur, dan aroma setelah kedaluwarsa. PAO blush on sama dengan countour, bronzer, dan juga highlighter.

Eyeshadow

PAO eyeshadow adalah 2 tahun. Eyeshadow yang sudah kedaluarsa akan mengalami perubahan warna dan tekstur. Eyeshadow yang kedaluwarsa akan membahaya mata dan akan menyebabkan iritasi sampai pembengkakkan pada mata. 

Eyebrow Pencil

Produk berbentuk pensil seperti pensil alis, lip liner, dan eyeliner memiliki PAO 12 hingga 18 bulan. Biasanya produk makeup berupa pensil akan meninggalkan titik putih saat sudah kedaluwarsa. Untuk eyeliner akan terasa kering dan menimbulkan bau tak sedap.

Maskara

Maskara memiliki PAO yang paling singkat, yaitu 6 bulan. Maskara yang kedaluwarsa akan kering dan berbau. Hindari menggunakan maskara yang kedaluwarsa karena dapat menyebabkan iritasi mata.

Lipstick

Lipstick memiliki PAO selama 12 hingga 18 bulan. Lipstick yang kedaluwarsa akan sulit untuk diaplikasikan ke bibir karena kering dan terjadi perubahan tekstur, warna, dan aroma. Hindari menggunakan lipstick yang kedaluwarsa karena bisa membuat bibir seperti terbakar, gatal, luka, dan bengkak.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.