Kenali 5 Faktor Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya
Hair

Kenali 5 Faktor Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

Rambut putih atau yang sering disebut uban biasanya muncul pada usia tua. Namun, banyak juga usia muda yang sudah memiliki uban. Tumbuhnya uban dapat mengganggu penampilan, terkadang menurunkan kepercayaan diri. Marsha Beauty, apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu bisa mengenali penyebab uban di usia muda agar lebih paham cara mengatasinya.

Apa Saja Faktor Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya yang Tepat?

Perubahan warna rambut menjadi putih atau keabu-abuan, sebenarnya termasuk hal yang alami. Tubuh mempunyai folikel rambut yang berupa kantung kecil untuk melapisi sel kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, folikel akan kehilangan pigmen. Maka dari itu, rambut bisa berubah menjadi putih atau abu-abu. Tumbuhnya uban pada usia muda dapat dicegah dengan mengetahui faktor pemicunya. Yuk, pahami penyebab uban pada remaja berikut ini.

Munculnya Uban Karena Faktor Genetik

penyebab uban di usia muda

Jika saat usia remaja kamu sudah mempunyai rambut putih dalam jumlah yang banyak, bisa saja disebabkan oleh faktor genetik. Faktor genetik menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban pada usia muda yang akan diwariskan secara turun-temurun, baik dari nenek atau kakek, hingga orang tua. 

Rambut uban akibat faktor genetik sangat umum terjadi dan termasuk hal yang wajar. Selain itu, ras dan etnis juga berperan sebagai faktor tumbuhnya rambut putih di usia muda. Biasanya, uban yang berasal dari gen, sangat sulit untuk diatasi.

Penggunaan Perawatan Rambut yang Kurang Tepat

penyebab uban di usia muda

Kamu sering mengganti sampo atau mewarnai rambut? Hati-hati, kebiasaan ini bisa menjadi menyebab tumbuhnya uban di usia muda. Rambut yang sering terpapar bahan kimia, dapat memicu uban lebih dini, bahkan dapat merusak rambut. 

Jenis bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut, yaitu hydrogen peroksida. Apabila bahan kimia ini sering digunakan secara berlebihan, dapat mengurangi produksi melanin. Zat melanin ialah pigmen yang akan memberikan warna pada rambut. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan pewarna atau produk rambut yang bebas bahan kimia. 

Faktor Stress

penyebab uban di usia muda

Apakah kamu sering mendengar kalimat ‘masih muda ubanan, pasti lagi stress, ya?’. Percaya atau tidak, faktor stress yang kurang dikontrol dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, gelisah, terganggunya nafsu makan, hingga membuat tekanan menjadi naik. Hal ini bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. 

Beberapa penelitian juga mengatakan, stress menjadi pemicu penipisan sel folikel rambut yang dapat menguras zat pemberi warna pada rambut. Maka dari itu, kamu perlu mengatur stress yang sedang kamu alami dengan melakukan kegiatan yang positif, seperti membaca buku atau melakukan hobi yang kamu sukai. 

Kekurangan Vitamin B12

penyebab uban di usia muda

Vitamin B12 berperan membantu kinerja metabolisme tubuh. Selain itu, juga membantu tubuh membentuk energi, sel darah merah, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut. Apabila tubuh kekurangan asupan Vitamin B12, tentunya dapat mengganggu proses terbentuknya sel darah merah. 

Ketika prosesnya terganggu, rambut bisa menjadi lemah dan menurunnya produksi melanin. Hal ini menjadi penyebab rambut putih di usia muda. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung B12, seperti daging sapi, kepiting, salmon, yoghurt, susu, dan ikan tuna. 

Kebiasaan Merokok

penyebab uban di usia muda

Kebiasaan merokok bisa menjadi pemicu rambut beruban di usia muda. Paparan asap rokok menyebabkan menyempitnya pembuluh darah hingga mempengaruhi aliran darah ke folikel rambut. Selain itu, merokok juga menimbulkan penyakit berbahaya, seperti jantung, paru-paru, hingga impotensi. Sebaiknya, kurangi asupan rokok dan ubahlah pola hidup yang kurang sehat tersebut. itulah lima faktor penyebab uban di usia muda yang umumnya terjadi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.