Kenali 5 Kandungan Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Aman
Skincare

Kenali 5 Kandungan Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Aman

Saat kulit sedang berjerawat, kamu tetap boleh melakukan perawatan. Malah penggunaan skincare yang tepat dapat membantu proses penyembuhan dan pencegahan jerawat datang kembali. Namun, hati-hati ya karena tidak semua skincare memiliki kandungan yang ramah untuk kulit berjerawat. Oleh sebab itu, penting bagi kamu bisa mengenali apa saja kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman.

Kandungan yang aman untuk kulit ada banyak macamnya. Sayangnya belum banyak yang tahu atau bisa membedakannya dengan kandungan yang berisiko bahaya. Tidak perlu khawatir Marshalova. Pasalnya pada kesempatan kali ini Marsha Beauty telah merangkum kandungan bahan apa saja yang aman untuk kulit berjerawat.

Kenali Kandungan Skincare Untuk Kulit Berjerawat yang Aman, Hati-Hati Kandungan Berbahaya Lainnya

kandungan skincare untuk kulit berjerawat

Kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat maksudnya kandungan tersebut relatif aman tidak membuat jerawat semakin meradang. Malah bisa jadi bermanfaat membantu proses penyembuhan jerawat agar lekas mengempis dan hilang. Berikut beberapa kandungan aman yang dimaksud, yaitu:

Kandungan Salicylic Acid

Kandungan yang aman pertama dikenal sebagai asam salisilat atau Salicylic Acid atau BHA (Beta Hydroxy Acid). Kandungan ini efektif membantu mengeringkan jerawat dan mencegah jerawat muncul kembali. 

Salicylic Acid bekerja dengan cara menghilangkan sel-sel kulit mati lalu membuka pori-pori kulit. Memastikan kulit selalu bersih agar tidak muncul jerawat baru. Kandungan ini biasanya terdapat pada produk cleanser atau pembersih wajah.

Kandungan Niacinamide

Kandungan ini merupakan bentuk dari vitamin B3 yang ampuh bekerja mencerahkan kulit secara instan. Manfaat lainnya niacinamide mampu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi bekas jerawat. Adanya kandungan ini pada skincare membantu menekan produksi melanin terutama di area jerawat pasca terjadinya inflamasi dan sekaligus mengurangi jaringan parut.

Penggunaan skincare yang diformulasikan dengan niacinamide begitu dianjurkan bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat karena kemampuannya meningkatkan respon anti inflamasi. Hal inilah yang membantu mencegah munculnya jerawat baru.

Kandungan Retinol

Tidak sedikit yang salah kaprah menganggap retinol kandungan yang harus dihindari untuk kulit berjerawat. Siapa sangka jika ternyata retinol memiliki manfaat sebaliknya, begitu ramah bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat membandel.

Kandungan retinol dalam produk perawatan kulit mampu mengoptimalkan pengelupasan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Adanya kandungan retinol dalam produk skincare pun memastikan kandungan baik lain akan menyerap dan bekerja lebih optimal dalam memberantas jerawat.

Kandungan Activated Charcoal

Penyebab jerawat muncul salah satunya karena pori-pori yang tersumbat kotoran, minyak, keringat, atau sisa riasan. Adapun kandungan activated charcoal berperan penting untuk membersihkan penyumbat pori-pori. 

Selain itu, arang aktif ini juga mampu bekerja mencegah timbulnya jerawat dengan cara mengatur produksi sebum atau minyak wajah. Dengan sebum yang terkendali wajah kamu pun akan terlihat matte seharian penuh.

Kandungan Clay

Sebelumnya banyak yang mengira kandungan ini termasuk kandungan yang tidak boleh untuk kulit berjerawat. Padahal clay termasuk kandungan yang efektif menyerap kelebihan sebum dan kotoran membandel. 

Skincare berbasis clay biasanya hadir dalam bentuk masker wajah. Perawatan menggunakan skincare dengan kandungan clay mencegah pori-pori tersumbat yang menjadi awal kemunculan jerawat.

Itulah beberapa kandungan yang bagus untuk kulit berjerawat yang bisa kamu temukan dalam skincare. Jika kamu menemukan kandungan lain selain yang disebutkan di atas pastikan untuk menggali informasi terlebih dulu. Sehingga kamu tahu benar aman atau tidaknya kandungan tersebut.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.