Kenali Berbagai Macam Jenis Jerawat dan Cara Menyembuhkannya!
Skincare

Kenali Berbagai Macam Jenis Jerawat dan Cara Menyembuhkannya!

Berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkannya memang berbeda-beda. Selain itu, setiap individu juga akan mengalami masalah jerawat dengan jenis yang tak sama satu dengan lainnya. Maka dari itu untuk mengatasinya perlu cara benar dan tepat, bukan hanya asal-asalan.

Karena setiap jenis atau macam jerawat mempunyai pengobatan dan penyembuhan beda, ya. Mulai dari kandungan skincare saja ada khusus untuk mengatasi tumbuhnya jerawat.

Sekarang memang sudah banyak produk skincare khusus untuk mengatasi permasalahan jerawat yang akan membuat wajah agar tetap cerah tanpa adanya bercak jerawat. Jerawat memang akan tumbuh pada area wajah karena banyak factor, mulai dari makan makanan berlemak, kurangnya merawat wajah, salah produk skincare atau sedang stress berlebihan.

Yuk, Mengenal Berbagai Macam Jenis Jerawat dan Cara Menyembuhkannya!

Apakah Marshalova sekarang sudah tahu macam-macam jerawat dan cara menyembuhkannya? Atau jangan-jangan belum mengetahui jenis jerawat apa yang muncul pada area wajah. Ternyata sebenarnya jerawat itu bukan hanya satu jenis, lho, melainkan ada banyak jenis.

Nah, setiap jenis jerawat cara mengatasi tentu berbeda-beda. Biasanya, sih, jerawat akan muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih, dan sebagainya.

Nah, berikut ada jenis macam jerat dan cara mengatasinya.

Jerawat Whiteheads

Berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkanya

Macam-macam jerawat dan cara mengatasinya pertama ada jerawat whiteheads. Whitehead atau komedo warna putih ini akan sering muncul pada area wajah. Whiteheads akan muncul karena tersumbatnya pori-pori dan menutupi seluruh permukaan sehingga akan terlihat benjolan putih.

Untuk menyembuhkan dan mengatasinya, hanya dengan menggunakan produk kandungan AHA, Retinol, Benzoyl Peroxide, dan Asam Salisilat fungsinya mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri, dan mengurangi perdagangan pada area komedo.

Baca Juga: Pentingkah Double Cleansing Setiap Hari? Simak Jawaban Berikut Ini

Jerawat Papula

Berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkanya

Jerawat papula merupakan berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkannya sangatlah mudah. Biasanya jerawat jenis ini akan muncul dengan bentuk benjolan tepat di bawah permukaan kulit. Jika jerawat papula tersentuh akan terasa nyeri dan perih.

Kulit di sekitar jerawat papula akan mengalami kemerahan tapi tidak ada nanah pada puncaknya. Jerawat papula bisa muncul akibat komedo hitam dan putih dibiarkan. Sehingga menjadikan iritasi dan merusak kulit sekitar, kemudian berubah menjadi peradangan.

Cara mengatasi jerawat papula hanya menggunakan produk skincare mengandung Asam Salisilat dan Benzoyl Peroxide. Selain itu, pilih juga produk skincare dengan kandungan Retinol yang mampu membantu memulihkan sel kulit rusak.

Jerawat Nodul

Berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkanya

Cara mengatasi jerawat nodul ini sangat mudah, lho. Hanya dengan rutin memeriksakan ke dokter kulit agar diberikan antibiotik serta obat lainnya. Karena pengobatan tanpa resep dokter tidak dapat mengatasi masalah jerawat satu ini.

Jerawat nodul mempunyai bentuk keras, sakit, dan muncul di bawah permukaan kulit. Jenis ini akan bertahan dalam berminggu-minggu bahkan lebih.

Baca Juga: Wajah Berjerawat Karena Masker Intip Tips Menghindari Maskne Berikut

Jerawat Kistik

Berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkanya

Berbagai macam jenis jerawat serta upaya menyembuhkannya berikutnya ada jerawat kistik. Jenis jerawat kistik atau sering dikenal dengan jerawat batu mempunyai bentuk khas berupa benjolan merah, cukup besar, dan keras.

Jerawat ksistik muncul dan tumbuh akibat penumpukan minyak serta sel kulit mati di jaringan kulit bagian dalam. Untuk mengatasi jenis jerawat ini, hanya menggunakan produk mengandung Benzoyl Peroxide dan Tretinoin, serta gunakan produk Isotretinoin.

Isotretinoin merupakan obat yang memang dikhususkan untuk jerawat batu. Penggunaan juga harus dalam pengawasan anjuran dokter, ya.

Sekarang Marshalova apakah sudah bisa mengetahui berbagai macam jenis jerawat dan cara menyembuhkannya melalui artikel tersebut? Jadi dengan seperti ini sudah dapat menentukan jerawat apa sebenarnya tumbuh pada area wajah diri sendiri.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.