Kenali Berbagi Bahan Krim Pemutih Wajah yang Aman Agar Hasil Lebih Maksimal
Skincare

Kenali Berbagi Bahan Krim Pemutih Wajah yang Aman Agar Hasil Lebih Maksimal

Krim perawatan wajah begitu umum digunakan untuk dapat menunjang kecantikan, terutama jenis krim pemutih yang biasanya menjadi incaran mereka yang ingin memutihkan warna kulit yang dimilikinya. Sayangnya, masih banyak orang yang kebingungan saat memilih krim pemutih yang cocok untuk dipakai untuk sehari-hari. 

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, misalkan mereka tidak tahu pasti jenis kulit yang dimilikinya. Ketidaktahuan ini yang menyebabkan mereka juga kesulitan dalam memilih krim perawatan wajah terbaik dan cocok akan kondisi kulit. 

Bahan Krim Pemutih Yang Aman dan Cocok Untuk Berbagai Jenis Kulit

Krim perawatan wajah

Sebelum kamu menggunakan krim pemutih, selain memperhatikan review krim perawatan wajah, perhatikan juga berbagai kandungan yang disebutkan di dalam kemasan sebuah produk. Pastikan krim perawatan wajah tersebut tidak menggunakan kandungan berbagai bahan kimia yang berbahaya. 

Berikut adalah bahan krim pemutih yang masuk ke dalam golongan yang aman ketika diaplikasikan ke wajah :

1. Ekstrak tumbuhan

Berbagai produk di dalam krim pemutih yang beredar saat ini banyak yang ditambahkan ekstrak bahan-bahan yang alami, misalnya timun, lemon, teh hijau, kacang kedelai, beras maupun raspberry. Antioksidan di dalam ekstrak tumbuhan tersebut begitu dipercaya untuk memutihkan kulit, menutrisi kulit dan berbagai manfaat baik lainnya.

2. Kojic acid

Berdasarkan penelitian, kojic acid ini memang efektif dalam menghambat produksi melanin dan pigmen yang dapat memberikan warna hitam dan warna kecoklatan di kulit rambut. 

Kojic acid ini berasal dari fermentasi beras dan umumnya dipakai untuk membuat shake atau arak Jepang. Hati-hati, walaupun dapat memutihkan kulit, bahan ini bisa mengakibatkan iritasi dan kemerahan di kulit sehingga tidak cocok untuk para pemilik kulit sensitif. 

Baca juga : Krim Khusus Penghilang Flek Hitam yang Harganya Ramah di Kantong, Jangan Sampai Enggak Nyoba!

3. Tretinoin

Biasanya bahan yang juga dikenal dengan nama retinoid ini bermanfaat untuk mengurangi pembentukan melanin, sehingga efektif untuk lebih bisa memutihkan kulit. 

Krim perawatan wajah yang mengandung bahan ini tidak bisa dipakai oleh wanita yang sedang hamil dan sedang dalam program hamil. Selain itu, bahan ini tidak cocok juga dipakai bagi para pemilik kulit kering dan sensitif, karena berisiko mengakibatkan iritasi. 

4. Arbutin

Bahan yang satu ini dikenal bisa mengatasi hiperpigmintasi pada kulit, sehingga sering dipakai sebagai bahan krim perawatan wajah yang aman untuk memutihkan kulit dan mengatasi bercak hitam serta kulit yang kusam. Arbutin ini berasal dari daun mulberry, bearberry, cranberry dan juga pohon pir. 

Baca juga : 5 Perawatan Kulit Putih Alami, Bisa Kamu Coba Sendiri di Rumah

Kandungan Krim Pemutih Berbahaya Bagi Kulit

Ada berbagai bahan krim pemutih yang memang tidak aman ketika diaplikasikan ke kulit dan berikut ini adalah berbagai bahan yang harus diwaspadai :

1. Merkuri

Merkuri ini mempunyai dampak yang tidak bisa kita anggap remeh terhadap kesehatan kulit. Jika menggunakan merkuri lebih dari 0,007% yang dipakai dalam jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal, kulit gatal, sistem saraf dan berakibat keracunan merkuri. 

2. Hidrokuinon

Kandungan yang satu ini paling sering ditemukan dalam krim pemutih karena dapat menghambat melanin dan pigmen alami yang ada pada kulit. Walaupun begitu tetap harus dibatasi, jika berlebihan maka dapat mengakibatkan kulit kemerahan dan memberikan sensasi terbakar pada kulit. 

3. Kortikosteroid

Bahan yang satu ini umumnya dipakai untuk mengatasi peradangan pada kulit. Pada kondisi tertentu, bahan ini bisa untuk mengatasi kelainan di kulit dengan pemakaian dalam jangka yang pendek, dan itupun harus mengikuti resep dokter. 

Selain itu, bahan ini tidak bisa dipakai untuk jangka waktu yang panjang karena mengakibatkan daya tahan tubuh lemah, penipisan kulit, sindrom chusing dan peningkatan tekanan darah.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.