Kenali Penyebab Bekas Jerawat Menghitam dan Cara Mengatasinya!
Skincare

Kenali Penyebab Bekas Jerawat Menghitam dan Cara Mengatasinya!

Jerawat salah satu masalah kulit yang sering membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri. Bekas jerawat pun juga mengganggu, apalagi ketika ingin menggunakan make up. Untuk itu, kamu harus mengetahui penyebab bekas jerawat menghitam agar dapat mengatasinya dengan baik. Marshalova, kamu bisa simak penjelasan Marsha Beauty di bawah ini.

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam yang Wajib Diketahui

Wajah yang berjerawat memang membutuhkan perawatan yang intens. Dengan perawatan yang tepat, sumber jerawat pun bisa diatasi dengan baik. Maka dari itu, kamu harus memahami penyebabnya agar kamu bisa mencegah jerawat datang lagi. Marsha Beauty sudah merangkumnya di sini.

penyebab jerawat menghitam

Tidak Pernah Mengaplikasikan Sunscreen

Siapa di sini masih melewatkan sunscreen di setiap rangkaian daily skin care? Tahukah kamu, jika sunscreen berperan penting dalam menjaga kulit wajah agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Meskipun berada di dalam ruangan, kamu tetap harus menggunakan sunscreen.

Sebab, paparan sinar matahari yang terkena kulit dapat mendorong terbentuknya melanin. Hal ini membuat kondisi bekas jerawat yang terkena sinar matahari langsung dapat berubah warna menjadi gelap dan menghitam. 

Maka dari itu, kamu jangan melewatkan basic skin care seperti sunscreen maupun pelembab. Dengan menggunakan sunscreen, kulit wajah tidak terpapar secara langsung dan mencegah timbulnya dampak buruk untuk kulit, terutama bekas jerawat. Selain itu, kamu juga harus mengaplikasikan pelembab untuk menghidrasi kulit dengan maksimal. 

Baca Juga: Rekomendasi Pelembap yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Menurunnya Produksi Kolagen Kulit 

Kolagen mengandung manfaat yang baik untuk kulit, mulai dari melembapkan, mengencangkan kulit, meratakan warna kulit, hingga berperan dalam penyembuhan luka akibat bekas jerawat yang menghitam. 

Selain itu, kolagen juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada kulit. Apabila kolagen semakin berkurang, tentunya bekas jerawat akan semakin betah dan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang tinggi protein untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. 

Dengan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi dapat membuat kulit senantiasa sehat dan luka menjadi cepat pulih. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara alami bisa kamu dapatkan melalui makanan bergizi, pastinya mudah dan praktis.

Zat Melanin Dalam Tubuh Meningkat

Bekas jerawat terjadi akibat adanya peradangan, sehingga menyebabkan pembuluh darah pecah dan melebar. Bekas jerawat pun dapat menghilang dengan sendirinya, tetapi tergantung pada jenisnya. 

Zat melanin dihasilkan oleh sel-sel melanosit, jika produksinya terlalu banyak dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. Hasilnya, dapat berdampak pada menghitamnya warna kehitaman pada area wajah yang berjerawat. 

Penyebab bekas jerawat menghitam ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami berupa lidah buaya. Kandungan aloe vera dapat mencegah produksi melanin dalam kulit dan mencerahkan kulit yang hiperpigmentasi. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam secara alami menggunakan lidah buaya bisa kamu lakukan dengan oleskan gel ke seluruh wajah, diamkan selama 10 – 15 menit, dan bilaslah menggunakan air bersih. 

Baca Juga: Siapa Bilang Face Oil Cuma untuk Kulit Kering_ Ini Rekomendasi Face Oil untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat!

Kebiasaan Memencet Jerawat yang Meradang

Girls, kamu masih suka memencet jerawat dengan tangan yang kotor? Sebaiknya, kamu hentikan memencet jerawat meskipun wajah terasa gatal. Kebiasaan memencet ini termasuk salah satu penyebab bekas jerawat menghitam. Alhasil dapat merusak jaringan kulit, sehingga menimbulkan bekas jerawat hitam hingga merah yang sulit untuk dihilangkan. 

Jika, sedang berjerawat kamu bisa mengobatinya dengan memakai rangkaian skin care yang sesuai dengan jenis kulit. Bisa juga memakai krim penghilang bekas jerawat yang mengandung seperti niacinamide. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.