Kenali Penyebab Stretch Mark Hitam dan Pencegahannya Agar Kulit Tetap Mulus
Body

Kenali Penyebab Stretch Mark Hitam dan Pencegahannya Agar Kulit Tetap Mulus

Stretch mark yang muncul pada bagian tubuh dengan kandungan lemak tinggi adalah hal yang umum terjadi, tak terkecuali pada kamu. Guratan yang awalnya berwarna merah atau merah muda ini dapat terjadi pada pria maupun wanita. Lama-kelamaan guratan akan berubah warna menjadi stretch mark hitam.

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan munculnya stretch mark pada beberapa bagian tubuh. Yang paling familiar adalah pada masa kehamilan. Selain itu, stretch mark juga bisa muncul pada remaja, lho, Marshalova. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyebab munculnya stretch mark dan cara pencegahannya, kamu bisa menyimak ulasannya pada artikel Marsha Beauty kali ini. 

Penyebab Stretch Mark Hitam

Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan dermis akan menipis. Itulah yang menyebabkan lapisan di bawahnya muncul ke permukaan, sehingga timbul garis kemerahan yang disebut dengan stretch mark. Pada awal kemunculannya, stretch mark kadang kala disertai rasa gatal. 

Ada beberapa kondisi yang meningkatkan risiko seseorang mengalami stretch mark, di antaranya adalah peningkatan berat badan secara drastis, masa pubertas, kehamilan, gangguan kesehatan tertentu, konsumsi obat-obatan kortikosteroid dan penggunaan produk perawatan yang mengandung steroid. 

Dari segi medis, stretch mark sebenarnya bukanlah kondisi yang harus diwaspadai. Namun, munculnya stretch mark pada bagian tubuh yang terbuka, seperti betis, seringkali membuat seseorang tidak percaya diri. Apalagi jika garis tersebut sudah berubah menjadi stretch mark hitam yang terlihat kontras dengan warna kulit kamu. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark Akibat Steroid, Alami dan Aman!

Cara Mencegah Stretch Mark Hitam

Sebelumnya sudah disinggung bahwa penyebab stretch mark hitam adalah tidak mendapatkan penanganan yang tepat ketika garis kemerahan baru muncul. Supaya tidak menghitam, kamu bisa menggunakan krim untuk menghilangkan garis kemerahan yang baru muncul. 

Selain itu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah timbulnya stretch mark. Cara-cara ini dapat kamu terapkan jika tidak ingin terdapat garis halus di bagian tubuhmu, seperti paha, perut, betis, hingga lengan atas. 

Jaga berat badan agar tetap ideal

stretch mark hitam

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah stretch mark adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, lakukanlah secara bertahap agar kulit tidak meregang secara berlebihan akibat penurunan berat badan yang drastis. 

Sementara untuk kamu yang sedang berada pada masa kehamilan, kenaikan berat badan tidak dapat dihindari. Alih-alih melakukan diet, wanita hamil perlu menjaga asupan makanan dengan benar untuk mencegah stretch mark. 

Baca Juga: Hati-hati! Begini Cara Memilih Cream untuk Stretch Mark yang Aman dan Ampuh

Konsumsi makanan bergizi seimbang

stretch mark hitam

Merawat kesehatan kulit dapat dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan begitu, munculnya stretch mark dapat kamu hindari. Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung vitamin E, protein, vitamin C, dan zinc agar kolagen dalam kulit kamu bertambah. Kolagen sangatlah dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit.

Jaga asupan cairan

stretch mark hitam

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, kamu perlu memastikan asupan cairan terjaga. Asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga kelembaban kulit kamu. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, maka risiko munculnya stretch mark pun bisa berkurang. 

Dalam sehari setidaknya kamu harus mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas. Kamu juga perlu mengurangi asupan kafein untuk menghindari munculnya stretch mark.

Itulah penyebab dan cara mencegah stretch mark yang perlu kamu ketahui. Meskipun stretch mark hitam tidak berbahaya dan bisa menghilang seiring berjalannya waktu, tapi sebagian orang mungkin terganggu dengan adanya garis kemerahan di bagian tubuhnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.