Kenapa Bekas Luka Susah Hilang? Lakukan Ini untuk Mengatasinya!
Body

Kenapa Bekas Luka Susah Hilang? Lakukan Ini untuk Mengatasinya!

Apakah kamu pernah berpikir kenapa bekas luka susah hilang? Hal itu tentu saja sangat mengganggu karena bekas luka akan sangat mengganggu penampilan.

Kulit sendiri sebenarnya akan selalu beregenerasi. Ketika mengalami luka, maka sebenarnya sebenarnya kulit sudah memiliki cara tersendiri untuk mengatasi luka tersebut hingga tertutup sendiri.

Sayangnya, ketika luka sudah kembali tertutup biasanya akan muncul sebuah bekas yang sulit untuk dihilangkan sehingga mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Menghitam Secara Alami!

Alasan Kenapa Bekas Luka Susah Hilang pada Kulit

Marshalova di sini pasti ada yang pernah mendapatkan luka dan menciptakan bekas yang sulit sekali hilang. Hal itu tentu sangat menjengkelkan bukan?

Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ketika tubuh sedang mengalami luka, maka secara alami akan melakukan mekanisme penyembuhan. Nah, bekas luka tersebut merupakan bentuk atau bagian dari proses penyembuhan tersebut.

Saat lapisan kedua kulit yang bernama dermis rusak, maka tubuh akan secara alami membuat serat kolagen. Serat kolagen tersebut berguna untuk memperbaiki bagian yang rusak. Pada tahap inilah kemungkinan bekas tertinggal pada bagian tubuh kita yang terluka.

Selain itu, bekas luka yang sulit hilang juga bisa terjadi karena banyak faktor, yakni mulai dari genetik, kekurangan nutrisi, perawatan kulit yang tidak benar, hingga gangguan medis tertentu.

Kondisi seperti ini memang cenderung tidak berbahaya. Akan tetapi, kemunculan bekas luka tersebut akan sangat mengganggu penampilan sehingga membuat penderitanya kurang percaya diri dan lainnya.

Penyebab Munculnya Bekas Luka

Umumnya bekas luka akan muncul dan menghilang setelah beberapa saat. Namun, ada kemungkinan bekas akan bertahan lama di permukaan kulit tergantung dengan jenis bekas luka apa yang terjadi.

Berikut ini Marsha Beauty berikan informasi mengenai beberapa macam bekas lukanya:

  1. Cedera kulit, ini adalah kondisi luka yang muncul akibat dari adanya cedera kulit, seperti jerawat, luka bakar, luka gores, maupun pembedahan.

  2. Cedera fisik, luka ini biasanya memicu bekas di bagian tubuh tertentu, terumata pada lokasi tempat cedera. Oleh karena itulah cedera bisa membuat kulit menjadi lebih tebal dan keras dan memicu bekas atau tanda khusus di permukaan kulit.

  3. Bekas luka alami, sesuai namanya, luka ini terjadi biasanya terjadi tanpa sebab yang pasti. Luka yang muncul pun bisa berbeda-beda tergantung dari ketebalan, warna, dan juga tekstur kulit.

Baca juga: Rilekskan Tubuh dengan 4 Varian Lulur Mandi untuk Memutihkan Kulit

Cara Mengatasi Bekas Luka Susah Hilang

Ketika kamu telah mengetahui kenapa bekas luka susah hilang, bukan berarti bisa membiarkannya saja. Ketika kamu membiarkan bekas luka tersebut, maka dia bisa saja bertambah gelap dan semakin parah.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu lakukan beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan penanganan awal agar lebih mudah untuk menghilang. Beberapa penanganan awal yang bisa para Marshalova lakukan adalah sebagai berikut:

  • Ketika kamu sedang mengalami luka, hindari melakukan manipulasi berlebihan hingga sembuh sempurna. Kamu hanya perlu membersihkan luka tersebut secara teratur menggunakan kassa steril yang sudah dibasahi oleh cairan NaCL atau periksakan langsung ke dokter jika luka tidak kunjung sembuh.

  • Mandi dengan rajin dengan sabun yang ringan atau bersifat non iritatif agar kondisi tidak semakin parah.

  • Tidak menggosok kulit secara berlebihan.

  • Selalu gunakan tabir surya dan juga pelembab setiap akan memulai aktivitas.

  • Hindari penggunaan pakaian ketat yang berbahan kasar untuk kulit.

  • Rutin minum air putih dan makan buah-buahan lebih banyak, terutama mereka yang mengandung banyak vitamin C.

Itu adalah beberapa alasan kenapa bekas luka susah hilang ketika sudah muncul. Tentu saja kamu bisa melakukan langkah penanganan awal agar bekas luka bisa semakin cepat memudar dan tidak menjadi parah.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.