Kenapa Kuku Ada Garis Hitam? Mari Cari Tahu Penyebabnya
Nails

Kenapa Kuku Ada Garis Hitam? Mari Cari Tahu Penyebabnya

Kenapa kuku ada garis hitam? Hal ini banyak dipertanyakan, lantaran bisa merusak penampilan, munculnya garis hitam ini, kerap kali membuat takut pemiliknya. Timbulnya garis ini, kerap kali terjadi karena berbagai hal.

Namun, di beberapa kasus timbulnya garis di kuku ini, bisa menjadi awal timbulnya penyakit serius seperti kanker melanoma. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kami akan memberikan berbagai informasi mengenai hal tersebut.

Dengan begitu, Marshalova bisa lebih mengetahui apa saja penyebab timbulnya garis hitam tersebut. Jadi kamu bisa lebih leluasa untuk tahu, apakah garis yang timbul tersebut berbahaya bagi tubuh atau tidak.

Baca juga : Tak Disadari Ternyata 5 Kebiasaan Ini Pemicu Kulit Jari Dekat Kuku Mengelupas

Alasan Kenapa Kuku Ada Garis Hitam

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup penting untuk diperhatikan.  Menjaga kesehatan kuku adalah hal yang penting, dengan begitu kuku bisa tumbuh dengan sehat tanpa terjangkit .

Salah satu masalah yang muncul adalah garis hitam yang muncul di kuku. Sebagian kasus masalah ini tidak menimbulkan masalah, namun beberapa kasus lainnya hal ini menjadi penyebab adanya penyakit di kuku.

Lalu kenapa kuku terdapat garis hitam? Untuk mengetahuinya, kami akan memberikan berbagai informasi untuk kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab munculnya garis pada kuku.

Trauma atau Cedera

Garis hitam pada kuku bisa terjadi karena trauma atau cedera yang ada pada bagian dasar kuku. Kondisi ini tentunya membuat pembuluh darah dibawah kuku yang pecah. Biasanya adanya trauma dan cedera ini tidak di sadari.

Hal ini bisa terjadi ketika seseorang menekan sesuatu dengan sangat erat dengan jari, jari telunjuk, atau terjepit sesuatu.

Perdarahan Splinter

Pendarahan ini biasanya terjadi karena pembuluh darah kecil yang ada di bawah kuku mengalami kerusakan. Kondisi ini bisa terjadi karena psoriasis, infeksi, jamur kuku, penyakit ginjal, sampai efek samping kemoterapi.

Kanker Melanoma

Seseorang yang mengidap kanker ini, maka di kukunya akan timbul garis hitam. Selain munculnya garis hitam beberapa bagian kuku yang meluas seiring berjalanya waktu, gejala kanker kulit melanoma ini terasa sangat sakit hingga timbul darah.

Baca Juga : Yuk cek apa Penyebab Kuku Lepas Sendiri dan bagaimana Merawatnya

Infeksi Lapisan Dalam Jantung

Infeksi lapisan dalam jantung biasanya terjadi dengan gejala munculnya garis hitam di kuku. Masalah kesehatan ini dikenal dengan endokarditis. Biasanya hal ini terjadi karena penderita dengan riwayat penyakit jantung.

Adanya Penyakit Tertentu

Alasan kenapa kuku ada garis hitam adalah karena adanya penyakit tertentu. Kemungkinan hal ini bisa menjadi penyakit gondok, tiroid, diabetes atau sipilis. kamu perlu lebih leluasa dengan berbagai penyakit ini, dengan begitu jika kamu memiliki kuku yang seperti ini, maka kamu perlu memeriksanya dengan dokter.

Apabila muncul garis hitam di kuku, sehingga tidak pernah mengalami cedera di berbagai jari dan kuku, jadi ada baiknya konsultasi ke dokter. Apalagi jika timbul rasa nyeri, munculnya pendarahan, kuku menjadi rapuh, sehingga bentuk kuku mulai berubah.

Jadi ada banyak penyebab dan sebagian karena alasan medis. Dengan mengetahui berbagai alasan tersebut, tentunya hal ini menjadi hal yang sulit untuk disembuhkan. Karena itu, merawat kesehatan kuku penting untuk kamu lakukan.

Itulah berbagai alasan kenapa kuku ada garis hitam, dengan berbagai alasan tersebut diatas, kamu bisa lebih leluasa untuk mengetahui apa yang terjadi. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa membantu kamu dengan baik, sehingga masalah garis kuku kamu bisa diatasi dengan baik.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.