Kenapa Kulit Wajah Bertekstur? Ternyata Inilah yang Menjadi Faktor Penyebabnya
Skincare

Kenapa Kulit Wajah Bertekstur? Ternyata Inilah yang Menjadi Faktor Penyebabnya

Kulit bergelombang yang kasar memiliki tekstur yang tidak rata dan terasa kasar saat disentuh. Kenapa kulit wajah bertekstur? Umumnya wajah yang bertekstur bisa jadi akibat kekeringan atau penumpukan sel kulit mati.

Biasanya kondisi tersebut bisa diatasi dengan melakukan exfoliation dan hidrasi untuk dapat membantu memperbaiki kulit kasar yang bergelombang di wajah. Mengoptimalkan skincare routine juga menjadi langkah penting untuk menjaga kehalusan kulit. Ketahui yuk apa saja penyebab kulit wajah bertekstur.

Kenapa Kulit Wajah Bertekstur?

Tekstur kulit yang tidak rata pada wajah dapat diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Kondisi dari perubahan cuaca, pola makan dan rutinitas sehari-hari dapat memicu munculnya tekstur tidak rata di wajah. Inilah beberapa hal yang bisa sebabkan kulit wajah jadi bertekstur:

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Pori-pori adalah lubang kecil di lapisan atas kulit yang membuat wajah tetap bersih, tenang, dan lembap. Pori-pori mengatur suhu tubuh dan tekstur kulit dengan mengeluarkan keringat, racun, dan membuang sel kulit berlebih.

Penumpukan sel kulit mati adalah penyebab paling umum dari pori-pori tersumbat dan ujungnya membuat wajah jadi bertekstur. Tingkat pergantian sel dan kemampuan untuk melepaskan lapisan kulit secara alami akan melambat seiring bertambahnya usia.

Nah, itulah yang kemudian membuat wajah kamu jadi lebih rentan bermasalah karena memang sel kulit mati menumpuk sehingga pori-pori jadi tersumbat.

2. Produksi Minyak Berlebih

Terlalu banyak membersihkan dan menggunakan produk perawatan kulit yang salah untuk jenis kulit juga membuat produksi minyak menjadi berlebih yang akhirnya menyumbat pori-pori. Kalau wajahmu memproduksi minyak berlebih, maka lakukan eksfoliasi dua hingga tiga kali seminggu.

Eksfoliasi rutin bisa mencegah penyumbatan topikal dan membebaskan kulit dari kotoran. Namun, pastikan untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan, karena kebiasaan ini dapat membuat kulit kamu jadi kering.

3. Kulit Rentan Berjerawat

Kulit wajah bertekstur kasar juga bisa disebabkan karena kondisinya yang rentan berjerawat. Jerawat dihasilkan dari peradangan dan menciptakan berbagai jenis benjolan yang tidak sedap dipandang.

Blackhead dan whitehead adalah bentuk paling umum dari kondisi kulit ini dan hal itu disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Benjolan kecil ini terbentuk ketika sel kulit mati terperangkap sehingga minyak dan bakteri menumpuk, baik di permukaan atau tepat di bawah lapisan atas kulit . Jenis jerawat ini sangat ringan dan sembuh sendiri jika kamu melakukan perawatan wajah yang baik.

4. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab wajah bertekstur kasar selanjutnya adalah karena ketidakseimbangan hormon. Estrogen, progesteron, dan testosteron semuanya mempengaruhi siklus reproduksi dan produksi minyak wanita.

Jerawat hormonal sering berkorelasi dengan periode tertentu dalam siklus ovulasi. Benjolan ini disebabkan oleh kelebihan hormon dalam tubuh dan biasanya terjadi karena peningkatan kadar testosteron.

Estrogen mengatur produksi minyak untuk menjaga kulit tetap halus dan terhidrasi. Namun, saat kadar ini menurun, kulit kemudian akan menjadi kering. Perubahan hormonal ini dapat menyebabkan bercak kering dan bersisik di seluruh kulit wajah.

5. Paparan Matahari

Menerapkan sunscreen setiap hari ke seluruh wajah adalah hal yang memang seharusnya sering kamu lakukan. Ketika kulit kamu terkena paparan sinar matahari maka itu bisa mengeringkan kulit dan mempercepat munculnya kerutan atau garis halus.

Nah, ternyata paparan sinar UV ini juga mengurangi elastisitas alami kulit dan dapat membuat tekstur kulit menjadi kasar dan tidak merata.

Tahu bukan kenapa kulit wajah bertekstur dan memberikan tampilan yang buruk? Kalau kamu mengalaminya, pastikan melakukan eksfoliasi rutin, skincare routine dan jangan skip sunscreen.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.