Kenapa Kulit Wajah Susah Putih? Yuk Intip Jawabannya di Sini!
Skincare

Kenapa Kulit Wajah Susah Putih? Yuk Intip Jawabannya di Sini!

Kira-kira nih, Marshalova kenapa kulit wajah susah putih padahal berbagai produk skincare lokal hingga impor sudah dipakai? Bahkan pada beberapa kasus justru kulit menjadi semakin kusam.

Meski masalah ini umum dialami siapa saja, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya. Hal penting yang harus selalu diingat adalah kondisi ini cukup mengganggu. Tak heran apabila berbagai cara dilakukan demi menutupi hal tersebut.

Cari Tahu Jawaban Tepat Kenapa Kulit Wajah Susah Putih

Tak hanya hal besar, penyebab kulit kusam dan tidak glowing justru bersumber dari kebiasaan yang sering dilakukan. Parahnya lagi tidak semua orang menyadari tersebut. Penasaran apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Ingin Kulit Putih Alami? Gunakan Lulur Kopi untuk Memutihkan Badan!

Tidak Menghapus Riasan Wajah

Ini nih, salah satu contoh kebiasaan yang masih sering dilakukan. Padahal sudah tahu efek membawa riasan saat tidur bisa menjadi penyebab bertumpuknya kotoran dan make up pada permukaan kulit. Selain itu, kondisi ini juga memicu pori-pori kulit wajah tersumbat sehingga menjadi kusam.

Meski tanpa make up, membersihkan wajah juga menjadi hal wajib. Ingat jika setiap harinya tubuh menghasilkan jutaan sel kulit mati. Hal ini juga menjadi penyebab kekusaman wajah.

Langkah terbaiknya adalah rutin membersihkan wajah setiap malam menjelang tidur. Gunakan skincare pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

 Abai Memakai Sunscreen

Meski sudah tahu jika polusi dan paparan sinar matahari dapat merusak kulit, namun pemakaian sunscreen sering dilewatkan begitu saja. Buat kamu yang suka beraktivitas di luar hal ini tidak boleh dianggap sepele. Bila kulit dibiarkan terus menerus terpapar sinar matahari tanpa proteksi maksimal, maka jangan kaget bila kulit tampak semakin kusam.

Pikiran Suntuk dan Kurang Tidur

Pikiran suntuk menjadi pemicu timbulnya stress. Siapa sangka jika hal ini juga menjadi penyebab kulit wajah kusam dan gelap.

Produksi hormon kortisol meningkat pesat saat Girl mengalami stress, termasuk amarah, kecewa, frustasi, dsb. Ini karena aliran darah ke kulit dan proses regenerasi menjadi terganggu.

Selain stress, kualitas tidur yang tidak baik juga menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Ingatlah bahwa saat tidur, terjadi proses regenerasi dan perbaikan kulit. Proses tersebut kurang maksimal jika waktu tidur terganggu. 

Dehidrasi Kulit

Lapisan kulit bagian bawah menyimpan cadangan air yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila kekurangan cairan, maka aliran darah ke kulit akan terganggu sehingga membuat kulit menjadi pucat, kasar, kusam, dan bersisik. Kondisi terburuknya bila hal ini dibiarkan saja adalah kulit akan kehilangan asupan air dan menjadi tidak sehat.

Konsumsi Nutrisi 

Konsumsi makanan sehari-hari juga perlu diperhatikan. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab tubuh mengalami edema atau pembengkakan jaringan seperti makanan asin dan berminyak.

Lebih baik konsumsi sumber makanan kaya akan  kandungan tinggi gula, antioksidan, tanpa serat, asam lemak esensial, dan protein berkualitas tinggi. 

Baca Juga: Facial Wash untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Pilih Rekomendasinya Disini!

Tidak Pernah Eksfoliasi

Masih ingin tahu apa lagi penyebab kulit susah menjadi putih? Ternyata jarang eksfoliasi juga menjadi penyumbang kulit kusam.

Eksfoliasi memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Setidaknya lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam seminggu.

Jika pengangkatan sel-sel mati pada permukaan kulit jarang atau bahkan tidak pernah kamu lakukan, maka jangan heran apabila skincare yang dipakai tidak memberikan berpengaruh apapun.

Nah, gimana nih pendapat Marshalova setelah tahu ternyata ada kebiasaan kita yang menjadi penyebab kenapa kulit wajah susah putih, apa yang akan kamu lakukan? Satu hal yang pasti, kamu masih bisa mendapatkan kulit glowing dan sehat jika menghentikan kebiasaan buruk tersebut dari sekarang. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.