Kenapa Lipstik Membuat Bibir Hitam Begini Kebenarannya Girl Wajib Tahu!
Makeup

Kenapa Lipstik Membuat Bibir Hitam Begini Kebenarannya Girl Wajib Tahu!

Ada beberapa penyebab kenapa lipstik membuat bibir hitam. Sebenarnya, kasus bibir hitam sebagai efek penggunaan lipstik bisa kamu hindari. Lipstik yang membuat warna bibirmu berubah mempunyai ciri-ciri yang bisa dikenali dengan mudah. 

Bagi wanita, lipstik merupakan salah satu item yang wajib dimiliki. Kemasan kecilnya mampu membuat penampilan wanita menjadi sempurna sehingga terlihat makin cantik dan anggun. 

Kenapa Lipstik Membuat Bibir Hitam Kenali Ciri-ciri

Kenapa Lipstik Membuat Bibir Hitam

Berbagai cara yang kamu tempuh belum juga bisa mengembalikan warna bibir seperti semula? Mungkin penanganan yang dilakukan kurang tepat.

Supaya apa yang kamu lakukan tidak sia-sia, maka perlu mengetahui penyebab lipstik membuat bibir menjadi hitam. Jika sudah tahu penyebabnya, tinggal mencari cara mengatasi bibir hitam karena lipstik. Lantas, lipstik yang seperti apa sih? Berikut adalah tanda-tanda lipstik berbahaya yang akan membuat bibir berubah menjadi hitam.

Berbau Kimia yang Sangat Menyengat

Aroma kimia yang tajam merupakan ciri lipstik tersebut berbahaya. Bau menyengat pada lipstik disebabkan karena kandungan bahan kimia berbahaya sulit dinetralisir dengan bahan lainnya, sehingga aroma tajamnya tetap muncul.

Hal ini bisa membuat kerusakan pada bibir. Selain membuat bibir hitam, akan timbul sensasi gatal pada bibir karena iritasi.

Baca Juga: Macam Macam Lipstik Wardah dan Harganya Mulai Rp 33 Ribuan!

Warna Lipstik Mencolok

Tanda lipstik berbahaya yang membuat bibir hitam adalah warnanya terlalu terang dan mencolok. Ini mengindikasikan bahwa produk mengandung pewarna sintetis.

Penggunaan warna mencolok tersebut bertujuan untuk menyamarkan warna kandungan bahan kimia yang digunakan dalam membuat lipstik. Sama halnya dengan bau yang tajam, warna bahan kimia juga tidak mudah dinetralisir dengan bahan lain.

Tidak Terdaftar BPOM

Produk yang dijual tanpa izin edar, biasanya mudah ditemui di toko-toko yang tidak khusus menjual make up. Lipstik yang tidak terdaftar dalam BPOM dapat dipastikan bahwa produk tersebut tidak dijamin keamanan dan kandungan bahannya.

Jadi, jangan menyesal jika kamu nekat menggunakannya, karena berpotensi membuat bibir hitam bahkan menimbulkan masalah bibir lainnya yang lebih berbahaya.

Lipstik yang Digunakan Terlalu Matte

Tidak dapat dipungkiri jika lipstik matte selalu menjadi favorit dan kebanggaan para wanita. Lantas apakah lipstik matte membuat bibir hitam?

Tanpa kamu sadari, penggunaan lipstik favorit wanita ini juga bisa membuat bibir jadi berwarna hitam. Terlebih jika kamu memakainya dalam jangka waktu lama saat kondisi bibir kering. Lama-kelamaan bibir akan menggelap dan menjadi semakin hitam. 

Hati-hati penggunaan lipstik yang memiliki kadar alkohol tinggi. Pemakaian lipstik ini akan membuat bibir terasa lebih kering, bahkan kondisi terburuknya akan menjadi pecah-pecah. Jika dibiarkan, bibir bukan hanya menjadi hitam namun tidak sehat dan akan mengalami kerusakan.

Baca Juga: Rekomendasi Lipstick Transfer Proof, Anti Nempel Saat Pakai Masker

Lipstik yang Sudah Exp

Marshalova gemar mengoleksi lipstik? Terkadang saking banyaknya lipstik yang dimiliki, ada beberapa lipstik yang jarang digunakan atau bahkan sudah expired.

Dipakai lagi jangan, dibuang sayang. Beberapa wanita masih saja nekat memakainya meskipun tekstur dan kandungannya sudah berubah. Padahal penggunaannya akan berdampak membuat bibir menjadi hitam dan rusak.

Kebiasaan Menjilat Bibir

Selain lipstik, ada beberapa kebiasaan yang membuat bibir menjadi hitam. Sayangnya, hal ini tidak banyak yang tahu. Mungkin Marshalova adalah salah satunya. 

Alih-alih ingin membuat bibir tidak menjadi kering, justru kebiasaan menjilat bibir dengan air ludah akan membuatnya menjadi lebih kering. Saat kondisi kering inilah pigmen warna menjadi semakin gelap dan lambat laun menjadi hitam. Selain buruk untuk kesehatan, kebiasaan merokok yang kamu lakukan juga akan membuat bibir hitam.

Sekarang kamu tahu, bukan, kenapa lipstik membuat bibir hitam? Ternyata bibir hitam juga disebabkan dari perilaku sepele yang tidak kamu sadari. Segera cari tahu bagaimana langka mengatasinya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.