Keramas Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah? Yuk Simak Hukum dan Ketentuannya
Hair

Keramas Saat Puasa Ramadhan, Bolehkah? Yuk Simak Hukum dan Ketentuannya

Keramas saat puasa ramadhan apakah ada hukumnya? Tentu saja ada Marshalova. Walaupun bisa dikatakan boleh dan tetap sah tetapi aktivitas keramas ketika sedang menjalani ibadah puasa haruslah tepat kamu lakukan dengan berhati-hati. 

Mengapa demikian? Hal yang bisa dikatakan sepele tapi perlu diperhatikan. Keramas dalam keadaan puasa memiliki aturan supaya puasanya tidak batal. Sebab hal itu dikhawatirkan ada air yang masuk ke lubang telinga, mulut, maupun hidung.

Hukum Keramas Saat Puasa Ramadhan Perlu Kamu Ketahui

Keramas Saat Puasa Ramadhan

Keramas adalah salah satu cara untuk bantu membersihkan diri dari kotoran baik itu karena kewajiban untuk mandi keramas, mimpi basah, maupun untuk mendinginkan badan dari suhu panas cuaca. Saat bulan puasa tiba, maka wajib hukumnya setiap muslim menjalankan jika tidak ada halangan. 

Ketika puasa dianjurkan untuk melaksanakan ibadah serta menjauhi segala sifat makruh yang sebisa mungkin dihindari. Nah, saat berpuasa kita tidak diperbolehkan keramas. Apakah Marshalova sependapat?

Jika sebagian orang beranggapan bahwa seharusnya menghindari serta menjauhi perkara yang bisa mengurangi pahala seperti berkeramas serta menyikat gigi maka pendapat itu mungkin saja bisa dibantah. Sebab tidak ada dalil yang menyebutkan larangan seseorang berkeramas semuanya menyikat gigi saat puasa. 

Baca Juga : Styling Rambut Pendek Kekinian Ini Wajib Kamu Coba!

Tentunya jika keduanya dilakukan dengan cara serta ketentuan yang tepat sesuai dengan syariat Islam. Seperti hukum keramas pada waktu siang hari maupun saat puasa yakni mubah. Rasulullah SAW saja menyiramkan air ke kepala serta mandi pada saat siang hari. 

Apalagi hal itu juga dilakukan untuk mendinginkan kepala saat puasa yang tujuannya supaya kepala lebih segar dan merasa tidak kepanasan. Hal itu bisa kamu lakukan juga asalkan air masuk tidak sampai ke tenggorokan atau kerongkongan. Karena jika air masuk bisa puasa yang sedang dijalankan batal.

Ketentuan Keramas Saat Puasa Dalam Islam

Saat berpuasa biasanya kamu akan merasa kurang nyaman terutama ketika cuaca sedang terik serta lebih panas. Maka dari itu, diperbolehkan mandi serta berkeramas ketika berpuasa. 

Nah, hukum keramas saat puasa dibolehkan atau bahkan dianjurkan jika kamu ingin membersihkan diri terutama sebelum melakukan ibadah contohnya salat wajib maupun lainnya. Supaya ibadah yang dijalankan lebih nyaman dan tenang sehingga bisa mencapai pahala lebih besar. Ada beberapa ketentuan dari hukum keramas serta sikat gigi ketika puasa antara lain.

  1. Keramas ketika berpuasa dapat dilakukan kapan saja, tetapi dengan cara berhati-hati serta pelan-pelan saja supaya tidak ada air yang masuk ke mulut maupun lubang dalam tubuh lainnya.

  2. Begitu juga dengan menyikat gigi. Kamu harus bisa melakukan dengan perlahan supaya air dan busanya tidak tertelan sehingga hal itu malah akan membatalkan puasa yang dijalankan

  3. Jika kamu merasa ragu untuk keramas maupun sikat gigi ketika puasa, maka hal itu bisa ditunda sampai waktu berbuka maupun setelah malam

  4. Ketika keramas, sebaiknya dilakukan antara waktu salat magrib, isya, maupun sebelum melakukan puasa. Jangan kamu sengajakan memasukkan air lewat mulut ataupun lubang tubuh yang lain

  5. Mandi serta keramaslah antara waktu salat magrib, isya, serta sebelum melakukan shalat tarawih

Baca Juga : Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit Kepala Secara Alami, Anti Ribet!

Nah, Marshalova sudah tahu bukan jika keramas memang diperbolehkan. Namun air tidak boleh sampai ke kerongkongan. Malahan keramas cukup dianjurkan sebab ketika bulan puasa terik matahari jauh lebih menyengat. 

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendinginkan kepala agar jauh lebih segar. Tetapi jangan dilakukan terlalu sering ketika puasa, maka itu akan membuat puasa makruh. Cukup mandi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah berlaku dalam Islam. Keramas saat puasa ramadhan boleh asal tidak sampai kebablasan dan tidak keseringan juga.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.