Kesalahan Memakai Pelembap, Day & Night Cream yang Bikin Jerawatan dan Bruntusan
Skincare

Kesalahan Memakai Pelembap, Day & Night Cream yang Bikin Jerawatan dan Bruntusan

Sudah rutin pakai skincare tapi enggak ada perubahan apapun? Padahal, setiap pagi pakai day cream dan setiap malam pakai night cream, ditambah moisturizer atau pelembap tapi tetap saja wajah bermasalah. Bukan skincare yang menyebabkan jerawat dan bruntus, tapi mungkin saja beberapa kesalahan dalam menggunakan skincare yang mungkin sering kamu lakukan. Kesalahan memakai skincare membuat kandungan dalam skincare tidak bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah di wajah. Berikut ini Marsha rangkum 5 kesalahan memakai pelembap serta day & night cream yang bikin kamu jerawatan dan bruntusan yang wajib kamu tahu. Check this out!

Perbedaan Pelembap, Day Cream, dan Night Cream

Mungkin kamu masih bingung perbedaan antara pelembap atau moisturizer dengan day & night cream, sedangkan ketiganya sama-sama bertujuan untuk melembapkan kulit.

Persamaan

Persamaan ketiga produk tersebut adalah sama-sama berfungsi untuk memberikan hidrasi pada kulit, mengunci kelembapan kulit yang sudah didapatkan dari produk skincare yang dipakai sebelum moisturizer atau day & night cream, serta menjaga kelembapan alami pada kulit wajah.

Perbedaan

Sebenarnya, perbedaan ketiga produk ini tidak terlalu jauh. Moisturizer atau pelembap adalah istilah atau ungkapan yang paling umum digunakan. Day cream dan night cream pun bisa juga disebut sebagai pelembap. Namun, moisturizer biasanya tidak diberi label day/night, sehingga tidak secara khusus dipakai pagi atau malam hari. Moisturizer bisa kamu gunakan pada dua waktu tersebut. 

Sedangkan, untuk day cream dan night cream dibuat secara khusus untuk digunakan di pagi hari atau di malam hari. Day cream biasanya memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Itulah mengapa day cream tidak disarankan untuk dipakai di malam hari.

Sementara itu, night cream khusus digunakan untuk malam hari. Night cream tidak mengandung SPF dan kandungannya hampir sama dengan moisturizer pada umumnya. Biasanya, brand skincare menambahkan kandungan yang dapat meregenerasi kulit pada night cream sehingga lebih cocok dipakai saat malam hari. 

Kalau kamu hanya memiliki moisturizer, enggak masalah! Kamu bisa pakai moisturizer tersebut untuk pagi dan malam hari. Kamu juga cukup pakai salah satu saja, mau pakai moisturizer saja untuk pagi dan malam atau pakai day & night cream untuk masing-masing waktu.

Kesalahan Memakai Pelembap, Day cream, dan Night Cream

 

Nah, kalau kamu sudah tahu persamaan dan perbedaan antara moisturizer, day cream, dan night cream, kamu harus perhatikan kesalahan-kesalahan pemakaian produk tersebut yang bisa membuat wajahmu berjerawat dan bruntusan.

  1. Memilih produk yang tidak sesuai kondisi kulit

Kesalahan yang pertama ini sudah jadi kesalahan umum yang sering dilakukan selama menggunakan skincare. Biasanya kamu hanya membeli produk yang sedang viral tanpa memperhatikan kandungan dan klaim produk tersebut, sehingga kamu tidak mengetahui apakah produk tersebut memang sesuai dengan kondisi kulitmu atau tidak.

Banyak pemilik kulit berminyak yang akhirnya meninggalkan moisturizer atau day & night cream dalam skincare routine mereka karena merasa produk tersebut malah memperparah kondisi minyak di wajah. Padahal, kesalahan bukan ada pada produknya, tapi karena kamu belum memilih produk yang sesuai dengan tipe kulitmu.

Untuk kulit kering, kamu bisa gunakan moisturizer atau day & night cream dengan tekstur creamy atau gel dengan kandungan yang bisa menghidrasi kulit lebih ekstra. Kandungan pelembap yang wajib kamu cari dalam produk skincare-mu adalah Ceramide, Peptide, Hyaluronic Acid, atau Aloe Vera.

Untuk kulit berminyak, lebih baik kamu gunakan moisturizer atau day & night cream dengan tekstur gel. Yang pasti, produk tersebut harus memiliki formulasi yang ringan, agak cair, dan non-comedogenic. Formula tersebut bisa mengurangi efek penyumbatan pori-pori yang bikin wajahmu semakin berjerawat.

  1. Salah urutan dan waktu pakai

Kesalahan yang kedua juga masih sering dilakukan karena banyak orang yang masih bingung bagaimana urutan skincare yang benar dan kapan waktu pakai skincare yang tepat. Urutan pakai skincare yang benar adalah facial wash, toner, essence, serum, baru moisturizer atau day & night cream. Kalau kamu punya face oil dan sleeping mask, kamu bisa gunakan setelah pelembap. 

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan skincare? Skincare pagi hari lebih baik digunakan sebelum kamu beraktivitas keluar ruangan, kira-kira pukul 8-9 pagi. Untuk pagi hari, jangan pernah lupa untuk memakai sunscreen setelah memakai moisturizer atau day cream. Untuk malam hari, kamu wajib memakai skincare setelah beraktivitas dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk melakukan double cleansing untuk membersihkan seluruh kotoran di wajah. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menggunakan Serum

  1. Mengganti Pelembap dengan Face Oil

Kesalahan berikut ini mungkin jarang dilakukan semua orang, tapi beberapa orang mengganti peran pelembap dengan face oil. Face oil memang bisa membantu mengunci kelembapan kulit dan memiliki berbagai manfaat lain, tapi face oil hanya berperan sebagai booster untuk menambah melembapkan kulit. Pelembap tetap sangat diperlukan karena kandungan di dalamnya dapat memberikan hidrasi utama pada kulit. 

  1. Salah cara mengaplikasikannya

Cara mengaplikasikan moisturizer atau day & night cream bisa berpengaruh ke kulit, lho. mengaplikasikan moisturizer atau day & night cream harus dilakukan secara lembut dengan sedikit pijatan ke arah atas. Hindari mengaplikasikan pelembap ke arah bawah karena bisa membuat kulit cepat kendur, berkerut, dan muncul tanda-tanda penuaan lainnya. 

  1. Melewatkan pemakaian sunscreen

Seperti yang sudah Marsha bahas di poin nomor 2, bahwa jangan pernah melewatkan pemakaian sunscreen di pagi hari karena sunscreen bisa melindungi kulit dari sinar UV. Banyak yang berpikir kalau day cream sudah mengandung SPF sehingga tidak perlu pakai sunscreen lagi. Namun, hal tersebut ternyata salah. SPF yang ada di dalam day cream tidak sebanyak dan seefektif sunscreen dalam menangkal radiasi sinar UV. Selain itu, kekuatan SPF dalam menangkal sinar UV bisa dilemahkan oleh kandungan lain yang ada dalam day cream. Para ahli kecantikan juga menyarankan untuk tetap menggunakan sunscreen secara terpisah setelah menggunakan day cream. 

Jadi, perhatikan beberapa kesalahan di atas yang membuat wajahmu berjerawat dan bruntusan meskipun rutin memakai moisturizer atau day & night cream. Kalau cara pakainya sudah benar dan produk yang dipakai sesuai kondisi kulit, dijamin wajahmu akan semakin sehat dan terbebas dari jerawat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.