Ketahui Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Mudah dan Terbukti Ampuh
Lifestyle

Ketahui Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Mudah dan Terbukti Ampuh

Bagi sebagian besar perempuan tentu pernah mengalami yang namanya rasa nyeri ketika haid datang, bukan? Ya, hal ini umumnya terjadi dengan ditandai rasa kram perut yang mengganggu kenyamanan saat akan melakukan aktivitas sehari – hari. Meski demikian, tahukah Marshalova bahwa cara meredakan nyeri haid saat ini bisa dilakukan dengan gampang dan terbukti ampuh tanpa harus meminum obat – obatan.

Jika kamu penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan nyeri haid tersebut, sebaiknya menyimak informasi lengkap dari Marsha Beauty di bawah ini. 

Apa saja penyebab yang membuat perut terasa nyeri saat haid datang?

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara mengatasi nyeri haid, terjadinya kram perut biasanya dapat terjadi karena kondisi tubuh yang sedang mengalami perubahan saat haid datang melanda. Dimana selama periode ini terjadi, tubuh akan mengalami yang namanya kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya. Adapun kontraksi ini biasanya terjadi agar lapisan dinding rahim nantinya lebih lancar untuk mengalirkan darah menstruasi.

Dari penjelasan tersebut, faktor penyebab nyeri perut saat haid bisa saja terjadi karena beberapa hal di antaranya yakni sebagai berikut:

  • Terjadinya aliran darah haid yang begitu deras

  • Faktor usia di bawah 20 tahun / yang baru saja memulai masa haid

  • Mempunyai tingkat produksi berlebih atau kepekaan terhadap prostaglandin, hormon yang dapat memengaruhi dinding rahim.

  • Adanya faktor – faktor lain seperti pertumbuhan jaringan rahim abnormal (endometriosis) dan penggunaan alat kontrasepsi.

Bagaimana cara meredakan nyeri haid paling mudah dan ampuh?

Dalam mengatasi permasalahan nyeri haid ini, kamu bisa melakukan beberapa hal yang terbukti mudah untuk dilakukan dan sudah terbukti ampuh dipraktikkan sendiri oleh sebagian besar kaum perempuan tanpa perlu menggunakan obat – obatan. Beberapa cara menghilangkan nyeri haid yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

Mengonsumsi banyak air putih

cara meredakan nyeri haid

Ketika sedang mengalami masalah haid bulanan, ada baiknya kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih setiap hari. Hal ini bertujuan agar rasa kram yang dialami bisa menghilang secara perlahan – lahan. Bahkan, perut kembung yang dialami akibat rasa kram juga akan sedikit demi sedikit menghilang. 

Mengonsumsi jenis makanan yang sesuai 

cara meredakan nyeri haid

Cara menghilangkan sakit perut saat haid juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang sesuai. Dimana, di sini kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya akan serat. Sebut saja seperti buah – buahan, sayuran hijau, kacang – kacangan dan biji – bijian utuh. Selain itu, ada baiknya kamu juga perlu menghindari makanan yang berlemak seperti gorengan dan makanan fast food. 

Lakukan pengompresan dengan air hangat di bagian yang kram

cara meredakan nyeri haid

Meredakan nyeri haid tanpa perlu menggunakan obat – obatan juga bisa dilakukan dengan cara mengompres bagian yang kram dengan menggunakan air hangat. Di sini, kamu tinggal menempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat atau bisa juga menggunakan botol berisi air hangat ke bagian perut yang terasa kram. Dengan begitu, maka rasa kram yang dialami akan sedikit demi sedikit terasa rileks.

Melakukan gerakan aktif

cara meredakan nyeri haid

Meski terasa sakit akibat kram yang ditimbulkan oleh haid, bergerak aktif ternyata bisa diambil sebagai tips cara meredakan sakit haid paling mudah. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan gerakan aktif dengan cara berlari, jalan santai, aerobik dan lain – lain. Dengan begitu, maka tubuh akan mampu memproduksi endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit sekaligus kram haid. 

Jadi, itulah beberapa cara meredakan nyeri haid paling mudah dan ampuh untuk dilakukan tanpa perlu meminum obat pereda nyeri haid.

Sumber : alodokter, orami

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.