Ketahui Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan dan cara Atasinya
Nails

Ketahui Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan dan cara Atasinya

Kuku kuning kecoklatan bisa terjadi karena berbagai macam penyebab, mulai dari yang sederhana seperti masalah bagaimana perawatan kuku. Biasanya, keluhan ini bisa berangsur menghilang apabila penyebab kuku kuning kecoklatan ini diatasi. Kuku kuning kecoklatan juga tidak hanya berubah karena pertambahan usia, lho Marshalova! Bila kuku mudah patah, retak, dan juga berubah warna, ternyata juga menjadi tkamu-tkamu adanya masalah pada kesehatan.

Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan dan Cara Atasinya Secara Alami

Kuku kuning kecoklatan ternyata bisa terjadi pada bagian kaki maupun tangan. Untuk mengatasinya, ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini berbagai hal membuat kuku menjadi kuning kecoklatan.

1. Infeksi Jamur

Apabila kebersihan kuku kurang terjaga, dapat menyebabkan infeksi jamur. Salah satu dari gejala infeksi jamur adalah kuku menjadi kuning dan bagian kulit bawah kuku menebal hingga menyebabkan kuku terlepas.

Agar kuku kamu tidak menjadi menguning, maka jagalah kebersihan kuku secara berkala. Pastikan alat-alat yang kamu gunakan untuk mempercantik kuku atau menggunting kuku dalam keadaan bersih dan steril.

Baca juga :Rekomendasi Warna Kutek yang Bagus untuk Kuku Kaki, Kamu Harus Cobain!

2. Kurangnya Asupan Vitamin dan Mineral

Kuku kuning kecoklatan juga bisa terjadi karena kurangnya asupan mineral dan vitamin. Jika kuku kurang mineral dan vitamin, kuku juga akan terlihat rapuh, kering,  dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

3. Penggunaan Cat Kuku yang Terlalu Sering

Jika kamu terlalu sering menggunakan cat kuku (kuteks), ini bisa jadi penyebab kuku kuning kecoklatan . Hal ini mungkin disebabkan pigmen warna yang terdapat pada cat kuku terserap. Jadi, sebaiknya kamu menghindari penggunaan cat kuku yang terlalu sering.

kamu bisa mengistirahatkan kuku selama beberapa minggu agar kuku bisa bernafas. Kuku kuning juga bisa disebabkan oleh penggunaan pembersih cat kuku, terutama yang mengandung aseton.

4. Penyakit-Penyakit Tertentu

Selain infeksi jamur,kuku kuning kecoklatan juga bisa timbul lantaran adanya penyakit-penyakit tertentu seperti halnya psoriasis dan diabetes. Kuku kuning kecoklatan juga bisa menjadi sebuah pertanda adanya sindrom kuku kuning. Sindrom ini ditandai dengan 3 gejala, yaitu kuku kuning, gangguan pernapasan dan limfedema.

Baca juga :Mau Menciure Pedicure? Ketahui Alat Perawatan Kulit dan Fungsinya

Cara Mengatasi Kuku Kuning Kecoklatan

Kuku kuning bisa kamu tangani dengan beragam cara upaya. Beberapa perawatan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kuku kuning antara lain adalah:

1. Hidrogen Peroksida

Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan

Jika penyebab kuku kuning kecoklatan kamu ialah pemakaian cat kuku yang terlalu sering, kamu dapat mengatasinya menggunakan hidrogen peroksida. Bahan ini dapat menghilangkan warna atau noda dari cat kuku yang mungkin terserap ke dalam kuku.

Caranya cukup mudah, rendam kuku kamu dalam larutan hidrogen peroksida yang dicampur air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu dapat menambahkan sedikit takaran soda kue ke dalam larutan tersebut.

2. Soda Kue

Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan

Untuk penyebab kuku kuning yang disebabkan oleh jamur, kamu bisa memanfaatkan soda kue. Karena Soda kue memiliki sifat basa, hal itu dapat menghentikan pertumbuhan jamur.  Setelah itu membuat kuku berwarna lebih cerah.

Cara mencerahkan kuku dengan soda kue sama dengan metode. Metode ini tidak bisa hanya dilakukan sekali. Harus dilakukan beberapa kali dan juga secara teratur.

3. Mengoles Minyak Pohon Teh

Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan

Kuku kuning kecoklatan yang disebabkan oleh infeksi jamur ataupun bakteri bisa diatasi dengan minyak pohon teh (tree tea oil). Caranya adalah campurkan satu atau dua tetes minyak pohon teh dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, oleskan pada bagian kuku yang menguning.

4. Mengkonsumsi Vitamin E

Penyebab Kuku Kuning Kecoklatan

Untuk mengembalikan kesehatan dan kelembaban kuku kamu, cobalah vitamin E. Meminum suplemen yang mengandung vitamin E bisa membantu merangsang pertumbuhan kuku. atau mengoleskan krim vitamin E ke kuku. Kamu juga bisa mengoleskan krim vitamin E.

Bila cara-cara di atas tidak dapat menjadi solusi penyebab kuku kuning kecoklatan, ada kemungkinan kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi lain. Mungkin ada sebab kuku kuning bersumber dari masalah kesehatan apalagi dibarengi keluhan lain. Oleh karena itu, jika kejadian tersebut masih berlanjut, periksakanlah diri ke dokter.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.