Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum Sudahkah Kamu Tahu 4 Hal Ini?
Skincare

Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum Sudahkah Kamu Tahu 4 Hal Ini?

Meski cara pemakaian dan teksturnya hampir sama, faktanya tetap ada perbedaan antara ampoule dan serum yang harus kamu ketahui. Jika sudah tahu perbedaannya, barulah Marshalova bisa menarik kesimpulan apakah keduanya dibutuhkan oleh kulit atau tidak. Yuk, ketahui perbedaan Ampoule dan Serum.

Pecinta skincare Korea sudah pasti sangat familiar dengan kedua jenis produk perawatan wajah ini. Bahkan mereka pun mengenal urutan pemakaian ampoule dan serum dengan sangat baik. 

Ketahui Perbedaan Skincare Ampoule dan Serum, Apa Saja?

Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum

Negeri Ginseng sering diidentikan dengan pilihan perawatan wajah yang beragam. Wajar saja jika kamu yang belum lama mengenal skincare ala Korea menjadi bingung dibuatnya. Bahkan hampir tidak bisa membedakan produk-produk skincare, termasuk ampoule dan serum.

Lantas, apa sih ampoule dan serum itu. Berikut adalah penjelasannya, yang sekaligus menjadi jawaban dari perbedaan keduanya. Hal terpentingnya adalah ulasan berikut wajib kamu simak. Baca Juga:  Review Sunscreen Skin Aqua untuk Kulit Kering, Simak!

Kandungan Bahan-bahan Aktif

Bahan aktif ampoule memiliki kesamaan dengan serum. Hanya saja konsentrasi zat aktifnya lebih tinggi. Ini membuat ampoule lebih efektif digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu sesuai jenis kulit.

Bahan aktif ampoule lebih spesifik seperti peptide, vitamin C, ceramide, asam hialuronat, dan asam esensial, serts ekstrak tumbuhan centella asiatica.

Lain halnya dengan serum, persentase campuran bahan aktifnya tidak sama dan bertingkat. Umumnya serum hanya mengandung niacinamide dalam presentasi 5 % atau 10 %. Konsentrasi bahan aktifnya cukup tinggi dan cukup kompleks.

Ini membuat serum kaya akan manfaat seperti anti aging, anti oksidan, melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Tingginya konsentrasi bahan-bahan aktif yang dikandungnya sanggup menerobos lapisan kulit sehingga mampu menutrisinya sampai bagian terdalam. 

Perbedaan dari Segi Tekstur 

Meski kandungan bahan aktifnya lebih pekat, namun tekstur ampoule cukup ringan. Beberapa brand menghadirkan ampoule dengan tekstur kental, tetapi ada beberapa produk ampoule hadir dalam tekstur lebih cair. Ampoule bisa diandalkan untuk menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tanpa waktu lama, permasalahan kulit yang Girl alami akan teratasi. 

Berbeda dengan ampoule, serum dikemas dalam wadah berbentuk botol kaca. Serum tersedia dalam tekstur gel dengan formula ringan dan tebal.

Baca Juga: Memilih Serum untuk Jerawat dan Bruntusan yang Tepat, Ini Caranya!

Jangka Waktu Pemakaian Produk

Manfaat ampoule untuk wajah memang ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang lebih spesifik, seperti jerawat yang meradang. Namun disarankan hanya digunakan saat mendesak saja. Artinya, tidak dianjurkan pemakaian dalam jangka panjang. Jika permasalahan kulit telah teratasi, segera hentikan pemakaian.

Lain halnya dengan serum, kandungan bahan aktifnya memang telah disesuaikan sehingga aman digunakan setiap hari. Serum juga bermanfaat untuk melembabkan, menenangkan, dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Hanya saja manfaat serum tidak bisa kamu peroleh secara instan. Jadi, Girl memang harus sedikit lebih bersabar.

Urutan Pengaplikasian ke Wajah

Produk skincare serum diaplikasikan ke wajah pada tahap paling akhir. Ini karena teksturnya pekat serta kandungan bahan aktifnya cukup tinggi. Serum digunakan paling akhir karena mampu mengunci semua formula skincare yang telah kamu gunakan sebelumnya. 

Lantas, ampoule dipakai setelah apa, sih! Marshalova bisa menggunakannya setelah memakai serum. Agar hasilnya lebih maksimal, ritual memakai pelembab setelahnya tidak boleh dilewatkan. 

Urutan tersebut bukanlah harga mati. Jika Girl ingin memakainya secara bersamaan, langkah amannya adalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kecantikan kepercayaanmu atau spesialis kulit. 

Ketahui perbedaan ampoule dan serum terlebih dulu dengan benar. Selanjutnya pilih salah satu atau keduanya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.